• Bersinergi untuk Sejahterakan Rakyat

    Bersinergi untuk Sejahterakan Rakyat

    RADAR OPINI - Doa penutupan sidang tahunan MPR pada 14 Agustus 2015, yang dibawakan KH Khoirul Muna, adalah representasi dari kondisi bangsa saat ini.

  • Hak Sarpin, Hak Kita

    Hak Sarpin, Hak Kita

    RADAR OPINI - Hakim Sarpin mengadukan dua komisioner Komisi Yudisial (KY), Suparman dan Taufikurrahman, ke Polri. Pernyataan dua komisioner KY tersebut terkait penanganan praperadilan kasus Budi Gunawan dirasa mencemarkan dan menyakitkan Sarpin.

  • Bapasnas Jangan Dibatalkan

    Bapasnas Jangan Dibatalkan

    RADAR OPINI - Saat Handoyo Sudrajat diberitakan mundur dari jabatan Direktur Jenderal Pemasyarakatan, dua bulan yang lalu, diberitakan bahwa salah satu alasannya adalah ia gagal membentuk Bapasnas.

  • Mendayung di Badai Ekonomi

    Mendayung di Badai Ekonomi

    RADAR OPINI - Senin lalu pasar saham Shanghai turun 8,5% sehingga secara akumulatif alami penurunan sebesar 42% sejak Juni yang memicu jatuhnya Index Dow Jones di Wall Street lebih dari 1000 poin pada 10 menit pertama perdagangan.

  • Infrastruktur dan Ketahanan Kita

    Infrastruktur dan Ketahanan Kita

    RADAR OPINI - Ketika pemerintahan Jokowi-JK mengurangi subsidi BBM dan mengalihkan dananya untuk membangun infrastruktur, saya dan semoga kita semua senang.

  • Gejolak Harga Pangan

    Gejolak Harga Pangan

    RADAR OPINI - Belum genap dua pertiga jarum jam tahun 2015 dijalani, negeri ini kembali dirundung gejolak harga pangan. Setelah gonjang-ganjing harga beras di awal tahun, kini kenaikan harga serupa menimpa daging sapi dan daging ayam.

  • Modernisasi Pelabuhan

    Modernisasi Pelabuhan

    RADAR OPINI - Isu logistik kembali menjadi sorotan, kali ini masalah dwelling time di pelabuhan yang mencuat dan menjadi bola panasnya. Bagi yang mengerti masalah logistik, tentu paham bahwa dwelling time hanyalah satu titik permasalahan dari mata rantai proses logistik secara keseluruhan.

  • Menumbuhkan (Kembali) Tanggung Jawab Sosial Televisi

    Menumbuhkan (Kembali) Tanggung Jawab Sosial Televisi

    RADAR OPINI -Bukan rahasia jika banyak pihak geram dengan perilaku televisi yang menjadikan rating sebagai acuan utama memproduksi program. Kekerasan, seks, dan mistik kerap hadir di layar dengan alasan rating tinggi.

  • Kemerdekaan di Hati Rakyat

    Kemerdekaan di Hati Rakyat

    RADAR OPINI -Anak-anak sekolah berbaris menuju ke lapangan. Bapak guru maupun ibu guru mendampingi mereka. Anak-anak kelas satu sampai kelas enam, semua ”tumpah” di jalanan.

  • Wakaf Tunai Fasilitas Kesehatan

    Wakaf Tunai Fasilitas Kesehatan

    Beberapa minggu terakhir kita banyak terekspos pemberitaan tentang kesyariahan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) sebagai program pemerintah dalam memberikan fasilitas kepada masyarakat luas.

  • Diskresi Polisi dan "Nasabah Prioritas" Jalan Ray

    Diskresi Polisi dan

    Kepolisian Republik Indonesia bukanlah semacam lembaga perbankan yang menyediakan fasilitas nasabah prioritas bagi para pengendara motor gede (moge) yang mendapatkan pengawalan voorijder.Dalam hukum berlalu lintas di jalan raya

  • Kado Tak Sedap di HUT RI

    Kado Tak Sedap di HUT RI

    RADAR OPINI - Kinerja perekonomian nasional terkini menjadi kado yang sungguh tidak menyenangkan ketika segenap rakyat Indonesia merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-70.

  • Warisan Din Syamsuddin untuk Muhammadiyah

    Warisan Din Syamsuddin untuk Muhammadiyah

    RADAR OPINI - Din Syamsudin telah usai menjadi ketua umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah setelah memimpin organisasi Islam modernis terbesar itu selama dua periode 2005-2010 dan 2010-2015.

  • Pidato Megawati: KPK Bisa Dibubarkan!

    Pidato Megawati: KPK Bisa Dibubarkan!

    Pernyataan Megawati, mantan presiden, pada seminar kebangsaan di DPR RI memang mengejutkan.

  • Memikirkan Kembali Arah Penanganan Narkoba di Indonesia

    Indonesia bukan satu-satunya negara yang memiliki permasalahan dengan narkoba. Namun, harus diakui bahwa pola penanganan yang dilakukan di negeri kita masih jauh dari harapan dan malah tertinggal dibandingkan dengan negara tetangga.

  • Panglima TNI, Proxy War, dan Khatulistiwa

    Panglima TNI, Proxy War, dan Khatulistiwa

    Istilah proxy war beberapa waktu belakangan makin populer setelah Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengidentifikasi isu tersebut sebagai ancaman utama Indonesia di Abad XXI.

  • Revolusi Belum Selesai

    Revolusi Belum Selesai

    ”Merdeka!” ”Merdeka!” Orangyangpertamakaliberteriak” merdeka” taditokohPartai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

  • Mengulik Jalan Tengah Produk BBM

    Mengulik Jalan Tengah Produk BBM

    Salah satu kredo kebijakan rezim Presiden Joko Widodo adalah mencabut subsidi energi, terutama subsidi bahan bakar minyak (BBM). Bahkan, dari sisi pricing policy pun mengalami transformasi: harga BBM diserahkan pasar!

  • Memperbaiki Kualitas Data Pangan

    Memperbaiki Kualitas Data Pangan

    GEBRAKAN pertama Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution untuk memperbaiki kualitas data ekonomi pangan sebenarnya perlu disambut dengan baik.

  • PLTN untuk Keamanan Energi Nasional

    PLTN untuk Keamanan Energi Nasional

    Oleh Mudi Kasmudi Indonesia termasuk dalam anggota G-20, yang merupakan kelompok negara dengan perekonomian terbesar dunia.

  • Kabinet Pasca-Reshuffle

    Kabinet Pasca-Reshuffle

    Oleh Mukhamad Misbakhun Dalam pemerintahan dengan sistem presidensial seperti di Indonesia, kabinet selalu menjadi salah satu fokus perhatian.

  • Meluruskan Kiblat Pembangunan

    Meluruskan Kiblat Pembangunan

    oleh M Kholid Syeirazi

  • Bongkar-Pasang Menteri

    Bongkar-Pasang Menteri

    Oleh DR W RIAWAN TJANDRA, SH, MHUM

  • Prioritas RAPBN 2016

    Prioritas RAPBN 2016

    Oleh ELFINDRI

  • Kekeringan dan Risiko Ketahanan Pangan

    Kekeringan dan Risiko Ketahanan Pangan

    Oleh POSMAN SIBUEA

  • Prospek Kabinet Pasca-Reshuffle

    Prospek Kabinet Pasca-Reshuffle

    oleh : M ALFAN ALFIAN

  • Pengaturan Utang Luar Negeri Swasta

    Pengaturan Utang Luar Negeri Swasta

    Sampai saat ini, Bank Indonesia (BI) belum pernah mengatur utang luar negeri (ULN) sektor swasta. Setiap korporasi hanya diminta oleh BI untuk memberikan laporan ULN mereka. Kondisinya saat ini ULN swasta sudah memasuki taraf yang harus diwaspadai. Dengan demikian maka keinginan BI untuk meregulasi ULN swasta patut disambut baik.

  • Tantangan NU Pasca-Muktamar Jombang

    Tantangan NU Pasca-Muktamar Jombang

    Sesaat setelah terpilih sebagai Ketua Tanfidziah dalam Muktamar ke-33 NU di Jombang, Said Aqil Siradj menjanjikan rekonsiliasi terhadap mereka yang tidak puas. Tapi, untuk bisa terwujud, tampaknya tidaklah gampang.

  • Gerakan Pencerahan Menuju Indonesia Berkemajuan

    Gerakan Pencerahan Menuju Indonesia Berkemajuan

    KURANG lebih sejak 1975, ada pola tempat penyelenggaraan Muktamar Muhammadiyah, yakni tiga kali diadakan di Pulau Jawa dan sekali di luar Jawa. Pada 1975, Muktamar Muhammadiyah ke-39 digelar di Kota Padang, Sumatra Barat.

  • THR, Habiskan atau Sisakan?

    THR, Habiskan atau Sisakan?

    Apa tiga kata yang identik dengan hari raya Idul Fitri atau Lebaran? THR. Belanja. Mudik. Terus… ibadahnya kapan nih? Hehehe… Insya Allah, setiap hal positif yang dilakukan selama Ramadhan akan dicatat sebagai amal kebaikan, Amin

  • Pengalaman Menghadapi Kejahatan Seksual di Jalanan

    Sebagai perempuan saya tahu bagaimana resikonya bepergian. Karena itulah saya selalu menjaga diri sebaik mungkin. Satu hal yang harus diingat oleh siapapun ketika berada jauh dari rumah adalah bahwa kita tidak boleh mengandalkan orang lain untuk keselamatan diri sendiri

  • Perempuan Sebagai Objek dalam Dunia Iklan

    Perempuan Sebagai Objek dalam Dunia Iklan

    Media massa merupakan salah satu hal terpenting dalam era globalisasi, dimana informasi telah menjadi suatu kebutuhan penting bagi setiap individu. Terdapat berbagai jenis informasi yang disajikan oleh media massa, salah satu bentuknya adalah iklan.

  • Curhat Ala Dahlan Iskan Saat Hadapi Musibah

    Curhat Ala Dahlan Iskan Saat Hadapi Musibah

    Dahlan Iskan, mantan Direktur Utama (Dirut) PT PLN (Persero) sekaligus mantan Menteri BUMN era kepemimpinan Presiden SBY yang saat ini tengah didera musibah akibat ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta, sepertinya punya cara sendiri untuk curhat.

  • Bulan Puasa, Jual Makanan Dibatasi, Bagaimana dengan Kinerja?

    Bagi sebagian orang, bulan puasa mendatangkan banyak rejeki. Hampir disetiap ruas jalan seketika tersebar pedagang “kagetan”. Ada yang kagetan jualan es kelapa hingga menu buka puasa lainnya, ada yang kagetan jual kopiah dan mukena untuk ibadah tarawih. Bahkan acara kagetan ini tidak semerta-merta terjadi di masyarakat umum.

  • Ijazah Palsu Kejahatan Akademik

    Ijazah Palsu Kejahatan Akademik

    Dunia perguruan tinggi, baik yang dikelola pemerintah maupun swasta mempunyai kedudukan yang amat penting dan strategis dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.

  • Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka

    Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka

    Pancasila adalah pedoman dan acuan bangsa Indonesia dalam menjalankan aktivitas di semua bidang sehingga sifatnya harus terbuka, luwes dan harus mampu mengikuti perkembangan jaman tanpa harus mengubah nilai-nilai dasarnya

  • Pendekatan Penanggulangan Terorisme di Indonesia

    Pendekatan Penanggulangan Terorisme di Indonesia

    Saya pernah membaca berita di salah satu surat kabar, bahwa kehadiran ISIS di Indonesia adalah metamorfosa dari gerakan teror yang sudah lama eksis di Indonesia. Disebutkan bahwa eksistensi ISIS bukan suatu hal yang baru karena dalam sejarah teror di negeri ini pernah ada Daulah Islamiyah, yaitu gerakan Darul Islam atau Negara Islam Indonesia (NII) yang melahirkan pemberontakan berbasis agama pada masa awal kemerdekaan

  • Masyarakat Hasil Rekayasa, Berfikirlah

    Masyarakat Hasil Rekayasa, Berfikirlah

    Kalau tak salah menavigasi, sudah sembilan hari dilalui di bulan Juni tahun 2015. Meskipun tidak tepat sekali, setengah rentang hari di tahun ini hampir dilewati. Sudah terbilang banyak kisah yang terjadi menghiasi dan mengisi ruang waktu dan membentuk makna dan cerita serta pemahaman baru tentang hidup dan kehidupan.

  • Rujukan ke RS Meningkat, Salah Dokter Layanan Primer kah?

    Membahas tentang kelayakan dokter layanan primer merujuk ke fasilitas kesehatan tingkat lanjut (RS), perlu diketahui bahwa ada batasan 144 kasus yang tidak boleh dirujuk ke RS oleh fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) primer (contohnya puskesmas).

  • Panglima TNI Bisa dari AU atau AL, Terserah Jokowi!

    Salah satu hak prerogatif presiden adalah memilih panglima TNI. Artinya, Jokowi bisa memilih siapa saja untuk menjadi Panglima TNI berikutnya pengganti Jenderal Moeldoko yang 1 Agustus nanti akan pension. Jokowi tidak boleh dan tidak bisa dipengaruhi siapa saja untuk memilih panglima TNI yang baru.

  • Sindiran Untuk “Cicak dan Buaya”

    Sindiran Untuk “Cicak dan Buaya”

    Hakim Agung Artidjo kembali membuat kejutan, dengan melipatgandakan hukuman terhadap terdakwa Anas Urbaningrum pidana pokok menjadi 14 (empat belas tahun) pidana penjara. 1 tahun 4 bulan kurungan apabila tidak mau membayar denda Rp. 5 Milliar dan 4 tahun pidana penjara apabila Anas Urbaningrum tidak mau membayar uang pengganti Rp. 57,5 Milliar. (detik.com)

  • Melihat Srikandi Pansel KPK Bekerja

    Melihat Srikandi Pansel KPK Bekerja

    Panitia Seleksi Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (Pansel KPK) akan membuka pendaftaran calon Ketua KPK mulai tanggal 5 Juni - 23 Juni 2015. Juru bicara Pansel, Betti Alisjahbana mengharapkan mininal ada 32 orang putra-putri terbaik Indonesia yang mendaftar.

  • Korupsi “Lembaga” Politik

    Korupsi “Lembaga” Politik

    Dalam Negara hukum, lembaga politik merupakan salahsatu pemain penting dalam menentukan arah kebijakan-kebijakan strategis kehidupan berNegara.

  • PSSI, Korban Kelicikan ‘Patih Sengkuni’

    PSSI, Korban Kelicikan ‘Patih Sengkuni’

    Sepakbola Indonesia tengah mendapat ujian paling berat. Sejak didirikan oleh Suratin Cs pada tahun 1930 dulu, PSSI yang awalnya dijadikan sebagai alat perjuangan bangsa, kini tengah diambang ‘kematian’.

  • Merenggut Prerogatif Presiden

    Merenggut Prerogatif Presiden

    Jokowi (Joko Widodo) adalah Presiden ketujuh dan sekaligus Presiden kedua hasil pilihan rakyat. Sebagai Presiden yang dipilih langsung oleh rakyat, tentunya juga memiliki konsekwensi logis dalam setiap kebijakannya harus mendengarkan suara rakyat.

  • Siapa Membidik Dahlan Iskan?

    Siapa Membidik Dahlan Iskan?

    Ditetapkannya Dahlan Iskan menjadi tersangka mengagetkan semua pihak, bukannya apa-apa dan bukan karena DI pasti orang suci, tetapi nominal 33 milyar yang kecil dibandingkan kekayaaan dia sebagai konglomerat Jawa Pos dan pasal merugikan negara yang lucu

  • Nasib Tujuh Miliar Manusia

    Nasib Tujuh Miliar Manusia

    Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diperingati setiap 5 Juni, pada tahun ini mengusung tema "Seven Billions Dreams. One Planet. Consume with Care". Secara harfiah, tema ini diterjemahkan sebagai ‘7 miliar manusia, di dalam satu planet

  • Parahnya Jika Rakyat Hanya Menonton, Proyek Tak Rampung Aman-aman Saja

    Era demokrasi rakyat memilih sendiri pemimpinnya. Parahnya jika kemudian rakyat hanya mampu menjadi penonton tatkala aparat atau pemimpin mereka melakukan kesewenangan melanggar ketentuan serta aturan-aturan.

  • Diplomasi Vaksin

    Diplomasi Vaksin

    Diplomasi Indonesia di Badan Kesehatan Dunia (WHO) berhasil melewati ujian berat perdebatan penggunaan vaksin polio.

  • Strategi Damai di Laut

    Strategi Damai di Laut

    Bila sengketa di Laut Cina Selatan meningkat, kawasan Natuna dan perairannya, termasuk Zona Ekonomi Eksklusif dan batas landas kontinen, berikut cadangan migas di sana, akan terancam.

  • Menjawab Keraguan Pekansikawan

    Menjawab Keraguan Pekansikawan

    GAGASAN Pekansikawan (Pekanbaru, Siak, Kampar dan Pelalawan) patut disambut baik. Sejauh ini, dari serangkaian forum resmi dan tidak resmi yang telah diadakan, direspon positif. Kepala daerah, bupati dan wali kota ingin tindaklanjut lebih serius. Di kalangan DPRD Provinsi Riau sendiri, perdebatan dan pendalaman perlahan tapi pasti sudah dimulai.

  • Perang Lawan Prostitusi

    Perang Lawan Prostitusi

    Akhir-akhir ini, Indonesia sering disebut sebagai negeri serbadarurat: darurat korupsi, darurat narkoba, darurat pornografi dan prostitusi. Tak kurang dari Mensos Khofifah Indar Parawansa, mendeklarasikan "darurat prostitusi" dan merekomendasikan agar dibentuk "Satgas Khusus Antipornografi dan Prostitusi".

  • Menggelorakan Sastra Melayu di Langit Eropa

    Menggelorakan Sastra Melayu di Langit Eropa

    NALCO (Institut National des Langues et Civilization Orientales)–Institut Nasional Bahasa dan Kebudayaan Timur, Paris (Prancis) merupakan sebuah perguruan tinggi terkenal di Eropa. Di kampus ini diajarkan 80 bahasa dunia termasuk bahasa yang hampir punah seperti bahasa Swahili. Hal yang menggembirakan, bahasa dan sastra Indonesia termasuk salah satu yang diajarkan di sana.

  • Anggota DPRD sebut hukuman untuk Ahok hanyalah pemakzulan

    Panitia angket telah memutuskan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama telah melanggar mekanis pengiriman RAPBD DKI Jakarta dan etika pimpinan. Bahkan, Ketua Panitia Angket M Ongen Sangaji menilai Basuki melanggar undang-undang.