PLN Belum Dapat Pastikan Pemadaman Berakhir

Administrator - Rabu,28 Oktober 2015 - 13:07:04 wib
PLN Belum Dapat Pastikan Pemadaman Berakhir

DUMAI (RRN) - PT PLN Rayon Dumai Kota belum dapat memastikan kapan berakhir pemadaman bergilir listrik karena dua mesin PLTU Ombilin di Sawah Lunto Sumatera Barat mengalami kerusakan.

Kepala PLN Rayon Dumai Kota Dodi Prariyadi menyebutkan, kerusakan mesin PLTU Ombilin ini semakin menambah parah defisit kemampuan daya listrik, sehingga belum dapat dipastikan kapan berakhir pemadaman.

"Rusaknya PLTU Ombilin akan semakin memperparah kondisi kelistrikan, karena sebelumnya sejumlah pembangkit juga sudah mengalami gangguan," katanya, Sabtu.

Diakui dia, akibat kerusakan PLTU Ombilin ini juga membuat rencana pemadaman bergilir akan bertambah hingga empat kali dalam sehari, padahal sebelumnya hanya dua kali dengan durasi dua jam.

Kerusakan sejumlah pembangkit di wilayah Sumatera Bagian Tengah saat ini masih terus dilakukan perbaikan dan pemeliharaan oleh tim teknis agar secepatnya pulih dan normal.

Namun untuk perbaikan, PLN mengakui terkendala kebutuhan material dan kondisi bencana asap yang membuat sejumlah rencana pemeliharaan terganggu, terutama di PLTA Koto Panjang Kampar mengalami defisit air.

"Pemadaman bergilir awalnya diprediksi hanya sampai Oktober, namun karena PLTU Ombilin rusak kemungkinan defisit akan terus berlangsung hingga kondisi sudah baik dan normal," ungkapnya.

Pihaknya berharap masyarakat bisa bersabar menanti kondisi pembangkit listrik kembali pulih dan PLN terus mengupayakan tersedianya pasokan agar bisa mengurangi pemadaman bergilir.

Pengamatan, hampir setiap hari selama Oktober ini masyarakat pelanggan di Dumai selalu mengalami pemadaman listrik hingga dua kali sehari dengan durasi dua jam lamanya.

"Kenapa harus sampai dua kali pemadaman listrik terjadi, kami sangat keberatan dan kesal dengan kondisi seperti ini karena telah menganggu kenyamanan aktivitas," kata seorang pekerja swasta Lia. (rzk/fn)