Rp 500 Per Butir, Harga Jual Kelapa di Pelalawan Makin Terpuruk

Administrator - Sabtu,12 September 2015 - 11:09:06 wib
Rp 500 Per Butir, Harga Jual Kelapa di Pelalawan Makin Terpuruk
FOTO: goriau

PANGKALANKERINCI (RRN) - Di wilayah Kecamatan Kuala Kampar, Pelalawan, Riau, harga jual kelapa semakin terpuruk, hingga menyentuh Rp 500 rupiah per butirnya. Kondisi ini dikeluhkan para petani, mengingat kelapa merupakan komoditas utama di Kuala Kampar.


"Dari hari ke hari harga kelapa makin anjlok. Petani dibuat bimbang dengan harga kelapa saat ini," terang Kepala Desa Labuhan Bilik, Sudirman Ali, kepada  awak media, Jumat (11/9/2015).


Dijelaskannya, harga Rp 500 per butir merupakan harga kelapa untuk kualitas terbaik atau nomor satu. Sedangkan untuk jenis kelapa nomor dua tidak laku lagi untuk dijual.


"Rp 500 per butir ini untuk kelapa yang bagus, atau kualitas A1, A2 dan A3. Sedangkan untuk kelapa yang kualitas rendah tidak laku sama sekali, terbuang begitu saja," jelas Sudirman.


Diungkapkannya, dengan kondisi saat ini para petani kelapa di Kecamatan Kuala Kampar sangat mengeluhkan harga kelapa saat ini.


"Semakin lama kondisinya semakin parah, harga kelapa dari hari ke hari makin terpuruk saja," katanya.


Padahal di tahun 1997, sambungnya, harga kelapa pernah mencapai kejayaannya dimana harga mencapai Rp 2000 per kilogram. Tapi sejak saat itu, harga kelapa tak pernah lagi membaik. (grc)