Bupati Rohul Prioritaskan Pendidikan di Perdesaan

Administrator - Senin,09 Maret 2020 - 13:06:41 wib
Bupati Rohul Prioritaskan Pendidikan di Perdesaan
Bupati Rohul H Sukiman menyerahkan bantuan kepada perwakilan tokoh masyarakat di Desa Kasang Padang, Kecamatan Bonai Darussalam, Foto.RPG

RADARRIAUNET.COM: Bupati Rokan Hulu (Rohul) H Sukiman menyebutkan, saat ini pemerintah membangun disemua lini, terutama pembangunan bidang pendidikan mendapat perhatian serius dari pemerintah daerah setiap tahunnya. Itu dibuktikan, dari alokasikan anggaran bidang pendidikan mendapat porsi 20 persen lebih dalam APBD Rohul, bahkan di atas persentase nasional.

Menurutnya, pemerintah daerah akan memprioritaskan dan memperhatikan pembangunan infrastruktur, sarana dan prasarana bidang pendidikan, dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia di pedesaan ke depannya.

Tak hanya pendidikan, pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan di pedesaan dapat perhatian serius bagi Pemkab Rohul yang dibangun cara bertahap sesuai dengan kemampuan keuangan daerah.

"Pemkab komit memperhatikan infrastruktur bidang pendidikan di pedesaan. Tak hanya jalan dan jembatan termasuk bidang kesehatan. Tahun ini kita bangun Puskesmas Tambusai II di Desa Suka Maju Tambusai.

Insya Allah diupayakan tahun ini, pembangunan SMP di sejumlah desa di Kecamatan Bonai Darussalam," ungkap Bupati Rohul H Sukiman kepada wartawan, Selasa (2/3), usai melaksanakan kunjungan kerja ke Desa Kasang Padang, Kecamatan Bonai Darussalam.

Diakuinya, untuk saat ini tenaga pengajar status Aparatur Sipil Negara (ASN) di SDN maupun SMPN yang berada di desa masih minim.

Untuk menutupi kekurangan tersebut, dalam dua tahun terakhir, pemerintah daerah menerima pengangkatan CPNS Rohul dengan memprioritaskan tenaga guru yang ditempatkan jenjang SD dan SMP di desa yang saat ini kekurangan guru.

Terkait pengangkatan tenaga guru honorer Desa Kasang Padang diangkat jadi CPNS, bupati mengatakan, pemerintah daerah akan mengupayakan mengisi peluang tenaga guru honor untuk diangkat melalui jalur lain, tentunya dengan mengacu aturan perundang-undangan yang berlaku.

 

RR/RPG/FN