Safari Ramadan ke Rupat, Bupati Bengkalis Singgung Gesekan Warga dengan Perusahaan

Administrator - Sabtu,18 Juni 2016 - 15:15:19 wib
Safari Ramadan ke Rupat, Bupati Bengkalis Singgung Gesekan Warga dengan Perusahaan
Bupati Bengkalis Amril Mukminin disambut warga Kecamatan Rupat ketika Safari Ramadan. rtc
RADARRIAUNET.COM - Bupati Bengkalis Amril Mukminin mengintruksikan kepada Camat Rupat untuk mengiventarisir atau mendata keberadaan perusahaan yang ada. Menyusul, sejumlah perusahaan yang berinvestasi di daerah tersebut kurang melakukan koordinasi dengan pemerintah setempat dan memicu gesekan dengan masyarakat. 
 
"Koordinasi perusahaan pihak kecamatan dirasakan masih kurang. Untuk itu, saya perintahkan dan instruksikan camat untuk mendata keberadaan perusahaan yang ada koordinasi dengan dinas terkait,” ungkapnya disela-sela Safari Ramadan di Masjid Nur Ilham, Kelurahan Batu Panjang, Kecamatan Rupat, Jum'at (17/6/16) kemarin malam.
 
Pendataan terhadap perusahaan sangat penting, selain untuk mengetahui jumlah sebenarnya perusahaan yang ada, kemudian mengetahui jumlah tenaga kerja maupun kebutuhan tenaga kerja.
 
Mengingat, kata Amril, kehadiran sebuah perusahaan, di satu sisi akan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat, namun di sisi lain tak jarang muncul gesekan dengan masyarakat. 
 
Terkait dengan gesekan antara perusahaan dan masyarakat, menurut Bupati Bengkalis, sejauh ini di Pulau Rupat sering terjadi gesekan dan konflik dengan masyarakat, terutama terkait masalah lahan. Untuk itu untuk menghindari dan mencegah gejolak gesekan dan konflik antara masyarakat dan perusahaan, oleh karena itu camat harus mendata jumlah perusahaan yang ada. “Kalau terjadi gesekan, pasti tempat mengadu pertama masyarakat adalah kantor camat. Ini persoalan yang selama ini terjadi,” tandasnya. 
 
 
hum/rtc/radarriaunet.com