Wako Jadi Pemateri Di UIN Suska

Pemuda Adalah Aset Pemimpin

Administrator - Rabu,28 Oktober 2015 - 13:11:23 wib
Pemuda Adalah Aset Pemimpin

PEKANBARU (RRN) - Wali Kota Pekanbaru, Firdaus, didaulat sebagai pemateri seminar nasional sempena muswil I Sumatera Ismapeti ke VIII dan expo BEM FPP dengan tema "strategi percepatan kedaulatan pangan dlm persaingan MEA" tempat gedung Islamic center UIN Suska Riau kampus Raja Ali haji jl.HR. Soebrantas KM.15 Panam.
   

Firdaus menjelaskan diawal pembicaraan bahwa 85 persen ekonomi Indonesia dikuasai asing. "Demikian juga dengan pangan juga masih kebanyakan impor, misalkan,  daging impor, kedele, beras, jagung bahkan garam impor," ujar Firdaus. Ini harus jadi renungan bagi generasi muda. Karena pemuda adalah generasi penerus yang akan memimpin bangsa dan Pekanbaru dimasa datang. "Pemuda adalah aset pemimpin dimasa datang," ujarnya lagi.
   

Wako mengatakan pemuda yang berkualitas adalah yang memiliki keseimbangan antara produktifitas dan hubungan sosial "Pemuda yang berkualitas adalah eksekutif sembilan-sembilan, yang berproduktifitas sembilan dan memiliki hubungan sosial sembilan," bebernya.
 

Berkaitan dengan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), Firdaus mengatakan semua pihak harus siap. Menurutnya, dalam menyambut MEA semua keunggulan harus di kebut. Peran pemko dalam MEA salah satunya  memajukan perdagangan dan perindustrian termasuk jasa "Strategi penguatan sektor UMKM dan inovasi serta  sertifikasi," tuturnya.
   

Dengan demikian Indonesia berpeluang jadi bagian dari 7 negara. Maju dunia. "Diperkirakan tahun 2020 Indonesia bisa menjadi  anggota G7 dari negara maju dunia. Tahun 2014 saja  indonesia sudah masuk 10 negara maju," pungkasnya. Acara ini dihadiri ratusan mahasiswa/i UIN Suska jurusan Pertanian dan Perikanan. (lusi).