POSKO BAYI MENDAPAT BANTUAN PEMBERSIH UDARA

Administrator - Kamis,08 Oktober 2015 - 14:02:46 wib
POSKO BAYI MENDAPAT BANTUAN PEMBERSIH UDARA
FOTO: antara

PEKANBARU (RRN) - Posko evakuasi bayi Kota Pekanbaru,  mendapat bantuan empat unit alat pembersih udara (Coway Air Purilier) dari perusahaan ACE Hardware, untuk digunakan pada ruangan bayi yang diinapkan guna menghirup kabut asap akibat kebakaran lahan dan hutan. "Terimakasih kepada ACE Hardware yang telah memberikan sumbangan untuk menghisap asap dari ruangan evakuasi bayi," ucap Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemadam kebakaran Pekanbaru, Burhan Gurning, Rabu 7/10). Burhan sangat mengapresiasi kepedulian perusahaan ini, karena alat pembersih udara ini sangat dibutuhkan bagi ruangan evakuasi bayi. Apalagi selama posko dibuka alat ini belum dimiliki.

Selain harganya mahal untuk disewa alat ini memang belum ada, sehingga posko hanya mengandalkan pendingin udara (AC) dan kipas sebagai alat penghalau kabut asap.  "Kami akan tempatkan dua unit pada ruang bayi dan dua unit pada ruang balita dan orangtua," beber Gurning. Gurning juga menambahkan akan membuka pintu bagi instansi dan perusahaan lainnya yang juga ingin membantu apa saja kebutuhan posko evakuasi bayi.

Mulyadi, Store Manager, ACE Hardware,  menyebutkan, bantuan ini sebagai bentuk kepedulian perusahaan atas bencana kabut asap yang menyelimuti Riau umumnya dan Pekanbaru. Apalagi setelah Pemko membuka posko evakuasi bayi, pihaknya mengaku merasa tergugah dan menunjukkan kepeduliannya dengan memberikan empat unit alat pembersih udara (Coway Air Purilier). "Dua unit ukuran sedang dan dua unit ukuran besar," ujarnya.

Mulyadi berharap alat ini akan bermanfaat dan bisa memberikan kualitas udara yang baik bagi bayi yang berada di ruangan evakuasi 24 jam. Ia mengakui, permintaan alat ini di Riau meningkat tajam paska diselimuti kabut asap. Bahkan meningkat 200 persen dibandingkan tahun sebelumnya. "Kini stok kami lagi kosong, baru akan datang dua pekan datang," tandasnya.

Coway Air Purifier produk Korea, sebuah alat pembersih udara yang mampu menghilangkan debu, bulu hewan peliharaan, bau, gas berbahaya, asap rokok, virus, kuman, debu halus termasuk kabut asap akibat kebakaran karlahut.

Penyerahan empat peralatan itu diselenggarakan di posko evakuasi bayi Pekanbaru, oleh Senator Manager ACE Hardware, Mulyadi, dan diterima langsung oleh Kepala posko sekaligus BPBD Pekanbaru, Burhan Gurning. (lusi).