Kesbangpolinmas Gelar Sosialisasi PBM di Bukit Batu dan Siak Kecil

Administrator - Kamis,08 Oktober 2015 - 12:22:40 wib
Kesbangpolinmas Gelar Sosialisasi PBM di Bukit Batu dan Siak Kecil
Kepala Kesbang Polinmas Kabupaten Bengkalis Rusli Moneh saat memberikan sambutan dalam acara sosialisasi di KEcamatan Bukit Batu, Rabu (7/10)./FOTO: halloriau

BUKIT BATU (RRN) - Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbang Polinmas) Kabupaten Bengkalis, Rabu hingga Kamis (7-8/10/2015) menggelar Sosialisasi tentang Peraturan Bersama Menteri (PBM) Agama dan Menteri Dalam Negeri di Kecamatan Bukit Batu dan Siak Kecil.


Acara sosialisai PBM dipusatkan di Aula Kantor Camat Bukit Batu, turut dihadiri oleh Kepala Kesbang Polinmas Kabupaten Bengkalis Rusli Moneh dan jajarannya, Camat Bukit Batu M. Fadlul Wajdi dan ratusan peserta yang terdiri dari kepala desa beserta perangkat se kecamatan Bukit Batu. Sementara di Kecamatan Siak Kecil sosialisasi PBM dilakukan hari ini, Kamis (8/10/2015).


Dalam sambutannya Rusli Moneh menjelaskan bahwa tujuan dari Sosialisasi PBM untuk meningkatkan kerukunan antar umat beragama, selanjutnya diikuti dengan pembentukan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) di Kecamatan Bukit Batu. "Selain sosialisasi peraturan bersama menteri Agama dan Menteri dalam Negeri Nomor 9 tahun 2006 dan nomor 8 tahun 2006, untuk provinsi riau kita juga memili peraturan yang dituangkan dalam peraturan Gubernur Riau Nomor 28 tahun 2007 tentang organisasi dan tata kerja forum kerukunan ummat beragama," ulas Rusli.


Sosialisasi tersebut menurut Rusli penting dilakukan untuk pedoman pelaksanaan tugas pemerintah dalam melakukan pemeliharaan kerukunan umat beragama, pemberdayaan forum kerukunan umat beragama serta hal yang terkait dengan pendirian rumah ibadah. "Oleh karena itu kita berharap dengan adanya sosialisasi ini kerukunan umat beragama di Kecamatan Bukit Batu maupun kecamatan lainnya di Kabupaten Bengkalis dapat lebih ditingkatkan," tuturnya.


Sementara itu Camat Bukit Batu M. Fadlul Wajdi dalam sambutannya mengapresiasi program Kesbang Polinmas Kabupaten Bengkalis ini, apalagi untuk mencegah atau mengantisipasi terjadinya konflik antar umat beragama di Kecamatan Bukit batu. "Kita tentunya mengapresiasi keseriusan pihak Kesbang Polinmas dalam melakukan sosialisasi akan pentingnya pemeliharaan kerukunan antar umat beragama, selama ini di kecamatan Bukit Batu alhamdulillah sudah terjalin keharmonisan di tengah-tengah masyarakat, dengan adanya kegiatan ini kita berharap dapat ditingkatkan lagi," pungkasnya. (teu/hrc)