Kepala BPMPD Rohul Bantah Ada Raskin Tak Layak Dibagikan ke Warga

Administrator - Kamis,01 Oktober 2015 - 12:12:10 wib
Kepala BPMPD Rohul Bantah Ada Raskin Tak Layak Dibagikan ke Warga
Kepala BPMPD Rohul Yusri.

PASIRPANGARAIAN (RRN) - Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Yusri, membantah ada beras miskin (Raskin) tak layak konsumsi dibagikan kepada warga Desa Air Panas, Kecamatan Pendalian IV Koto.  


Yusri mengakui pasca pemberitaan, dirinya langsung mengintruksikan bawahannya untuk menanyakan hal tersebut ke pihak Desa Air Panas. Hasil konfirmasi, jelas Yusri, tak ada warga yang mengeluhkan kualitas Raskin. Semua penerima sudah menerima Raskin beberapa waktu lalu. "Tidak ada beras miskin yang tak layak dibagikan ke warga. Kami juga rutin mengecek kualitas beras di gudang Bulog (Badan Urusan Logistik)," ujar Yusri kepada awak media, Rabu (30/9/15).


Yusri menambahkan bahwa sepanjang tahun ini, pihaknya juga belum menerima keluhan bahwa ada Raskin tak layak konsumsi dibagikan ke warga. Meski demikian, sebelumnya, beberapa warga Air Panas yang tidak bersedia ditulis namanya, mengakui mereka terpaksa menebus 15 kilogram (kg) Raskin (jatah tiga bulan) dengan harga Rp 2.100 per kg, karena tak sanggup membeli beras di warung yang harganya paling murah sekira Rp 9.000 per kg.


Warga menyebutkan bahwa Raskin yang mereka terima hancur atau disebut warga "beras menir". Beras ini menurut warga pantasnya untuk makananan ayam. Untuk diketahui, pada Januari 2015 silam, warga di Kecamatan Rambah Samo juga sempat digegerkan adanya Raskin berkutu. Temuan langsung dilaporkan ke BPMPD Rohul dan telah ditindaklanjuti oleh pihak Bulog Batas Kecamatan Tambusai. (teu/rtc)