Pangkalan Wajib Sediakan Timbangan Elpiji

Administrator - Rabu,23 September 2015 - 11:55:53 wib
Pangkalan Wajib Sediakan Timbangan Elpiji

DUMAI (RRN) - Dinas Perdagangan dan Perindustrian berkali – kali menegaskan seluruh pangkalan wajib menyiapkan timbangan untuk mengukur elpiji kemasan 3 Kg ketika konsumen membeli.


Jika dalam transaksi jual beli tersebut ditemukan ada takaran yang berkurang, maka konsumen bisa mengembalikan ke pangkalan. Dan pihak pangkalan bisa mengembalikan elpiji tersebut ke agennya.


Hal ini disampaikan Kepala Disperindag Zulkarnaen dan terhitung sejak dua tahun terakhir ini tidak ada menerbitkan rekomendasi izin baru ntuk pangkalan LPG 3 kg.


Karena kuota penyaluran masih terbatas belum ada penambahan dari pusat yakni kurang lebih 4 ribu tabung perhari.
Kebijakan ini, mengacu hasil rapat dengan pertamina, dimana izin pangkalan yang telah ditetapkan Walikota Dumai sebanyak 226 itu sudah terdata kedalam database pertamina.


Karena tercatat ada 226 pangkalan resmi ada didumai diluar jumlah itu berarti ilegal. Menurutnya pangkalan resmi wajib menampilkan pamplet, agen nya siapa, harga penjualan dan Het LPG 3 kg. Jika tidak ada pamplet berarti pangkalan tersebut ilegal, diharapkan masyarakat melaporkan hal itu jika ditemukan dilapangan.


Kemudian setiap pangkalan resmi wajib menyediakan timbangan tabung, tujuannya untuk transparansi berat volume tabung dimana untuk 3 kg jika kosong 5 kg, setelah berisi beratnya 7 kg. (dev/fn)