Riau Buka Mall Vaksinasi dan Imunisasi

Administrator - Kamis,11 Agustus 2022 - 19:12:12 wib
Riau Buka Mall Vaksinasi dan Imunisasi
Mall Vaksinasi dan Imunisasi Provinsi Riau di Jalan Melur, Kota Pekanbaru. Foto: CPL

RADARRIAUNET.COM: Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar meresmikan Mall Vaksinasi dan Imunisasi Provinsi Riau di Jalan Melur, Kota Pekanbaru.

Mall Vaksinasi dan Imunisasi Riau ini yang pertama di Indonesia. Mall tersebut tak hanya melayani vaksin Covid-19, tapi juga vaksin rutin. Mall Vaksinasi buka layaknya seperti mal, buka jam 10.00 WIB pagi sampai 22.00 WIB malam.

Gubri mengatakan, Mall Vaksinasi dan Imunisasi Riau ini merupakan tindak lanjut dari rumah vaksinasi yang sudah dilakukan pada bulan Ramadan lalu.

"Kita melihat antusias masyarakat cukup tinggi melakukan vaksin di rumah vaksinasi. Bahkan petugas sampai kewalahan. Makanya saya minta ke Kepala Dinas Kesehatan Riau agar membuat mal vaksinasi agar masyarakat bisa datang lagi. Jadi yang sibuk kerja, bisa datang ke Mall Vaksinasi dan Imunisasi di sini pada malam hari," katanya.

Lebih lanjut Gubri mengatakan, saat ini pandemi Covid-19 belum berakhir. Dimana sampai hari ini kasus aktif di Riau 256 orang, dan 22 orang berada di rumah sakit, dan 234 orang isolasi mandiri.

"Dari 22 orang di rumah sakit, ada 4 orang yang dirawat di ruang ICU. Ini yang sebenarnya yang tak kita inginkan. Apa langkah yang harus kita lakukan untuk menekan kasus, yakni perlu kita maksimalkan lagi vaksinasi. Makanya saya sudah minta kepada Diskes Riau untuk tingkat vaksinasi, sebab sekarang sudah dimulai vaksinasi dosis empat (booster kedua). Karena salah satu upaya untuk menangkal Covid-19 adalah vaksinasi," tukasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Riau, Zainal Arifin mengatakan, pihaknya setiap minggu, ke depan akan melakukan evaluasi pelaksanaan vaksinasi dan imunisasi di mal tersebut.

"Kalau memang dibutuhkan masyarakat, kami siapkan mobil layanan antar vaksin untuk memberikan layanan delivery. Tapi kalau ada dalam satu RT/RW ada 100 orang yang akan vaksin, kita akan datang ke sana memberi layanan vaksin," katanya.

Zainal menargetkan, dalam setiap hari Mall Vaksinasi dan Imunisasi Riau bisa melayani 500-600 orang vaksin. Dimana mal ini tidak hanya melayani vaksin Covid-19, tapi juga imunisasi rutin anak-anak, seperti BCG, DPT, Polio Campak dan Rubella bisa dilayani di Mall Vaksinasi dan Imunisasi Riau.

"Kami optimis ini bisa dimanfaatkan masyarakat karena tidak ada libur, 7 hari dalam seminggu, 30 hari dalam sebulan dan 12 jam beroperasi. Artinya kita tidak ada libur. Sedangkan untuk SDM ini pelaksana dari Puskesmas Melur, kita berikan pelayanan tambahan. Jadi kalau nanti melebihi akan kita backup dari tenaga kesehatan provinsi," terangnya menyitat cakaplah.

Zainal Arifin mengatakan, jika Mall Vaksinasi dan Imunisasi Riau ini merupakan yang pertama di Indonesia. Karena itu, diharapkan mal tersebut dapat dimanfaatkan masyarakat untuk vaksinasi.

"Berdasarkan informasi dari pak Plt Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kementerian Kesehatan (Yudhi Pramono), belum ada di Indonesia daerah yang membuka mal vaksinasi," tukasnya. 

RR/CAKAPLAH