Agendakan Pengukuhan dan Pelatihan Jurnalistik

PJS Pelalawan Rakor Bersama DPD PJS Riau

Administrator - Selasa,05 Juli 2022 - 20:52:18 wib
PJS Pelalawan Rakor Bersama DPD PJS Riau
Pengurus DPC PJS Kabupaten Pelalawan bersama DPD PJS Provinsi Riau. Foto: Ist

LAPORAN: ABDUL KADIR

RADARRIAUNET.COM: Pengurus Dewan Pimpinan Cabang Perhimpunan Jurnalis Siber (DPC PJS) Kabupaten Pelalawan melakukan Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PJS Provinsi Riau.

Sebelumnya, melalui rapat pleno, penerima mandat pembentukan pengurus PJS Kabupaten Pelalawan, Franseda Simanjuntak, SH ditetapkan sebagai Ketua DPC PJS Kabupaten Pelalawan Periode 2022-2027.

Pasca ditetapkan sebagai Ketua DPC PJS Kabupaten Pelalawan, Franseda langsung melakukan pertemuan dengan Pengurus DPD PJS Provinsi Riau sekaligus memaparkan hasil rapat pleno dan program kerja PJS kedepan.

Franseda Simanjuntak, SH Ketua DPC PJS Pelalawan didampingi Sekretarisnya Dian Supianto dan Wakil Sekretaris I Andi Putra Sasoko bersama Bendahara DPC PJS Pelalawan Yose Silaban menyerahkan berkas pengurus dan anggota yang diterima langsung Ketua DPD PJS Provinsi Riau Drs. Wahyudi El Panggabean, MH.

Franseda di awal laporannya mengatakan, syarat minimal pembentukan kepengurusan DPC PJS tingkat kabupaten telah dipenuhi.

"Pada kesempatan ini mohon izin pak Ketua DPD PJS Provinsi Riau beserta jajarannya, dengan ini kami menyerahkan berkas pengurus dan anggota DPC PJS Kabupaten Pelalawan," kata Frans sapaan akrabnya.

Menurut Frans, dirinya sudah melakukan komunikasi dengan Pemerintah Kabupaten Pelalawan dalam hal ini Bupati Pelalawan H. Zukri.

"Kemarin saya sudah melakukan koordinasi dengan pak bupati sekaligus menyampaikan bahwasanya di Pelalawan sudah terbentuk organisasi jurnalis yang bernama Perhimpunan Jurnalis Siber atau PJS," paparnya.

Kemudian sambung Frans, Pengurus DPC PJS Pelalawan juga telah mengagendakan Pengukuhan Pengurus sekaligus menggelar pelatihan jurnalistik.

"Dalam program yang telah kami rencanakan, Ketua Umum PJS akan kami hadirkan," sambungnya.

Mengenai tempat dan konsep kegiatan, tambah Frans, akan disampaikan kepada pengurus DPD PJS Riau setelah pihaknya melakukan rapat pembentukan kepanitiaan.

"Setelah pertemuan ini, kami akan langsung melakukan rapat kepengurusan. Mengenai jadwal pelaksanaan kami agendakan dilaksanakan pada hari Senin tanggal 22 Agustus 2022 dan selanjutnya akan ada audiensi dengan Bupati Pelalawan," tambahnya.

Ketua DPD PJS Provinsi Riau Drs. Wahyudi El Panggabean, MH didampingi Wakil Ketua II DPD PJS Riau Romi, Sekretaris Abdul Kadir, S.Pd., M. Pd., M.I.Kom serta Bendahara Zonny Hudri sangat mengapresiasi langkah cepat PJS Pelalawan dalam menyikapi mandat yang diberikan.

"Kami sangat mengapresiasi atas terbentuknya kepengurusan DPC PJS Kabupaten Pelalawan. Selamat dan sukses semoga kita bisa bersama-sama memberikan yang terbaik. Mengutip pernyataan Presiden Amerika John F Kennedy yang dinobatkan sebagai pertanyaan terbaik di dunia mengatakan, kebaikan apa yang bisa saya berikan dalam organisasi ini," kata Ketua DPD PJS Provinsi Riau Drs. Wahyudi El Panggabean, MH, di Perum Duta Mas Pasir Putih, Selasa 5 Juli 2022.

Menurut penulis buku Strategi Wartawan Menembus Narasumber itu, PJS lahir dengan tujuan mulia, mengakomodir wartawan yang terlanjur diberi stempel sebagai wartawan KJ, wartawan Bodrex dan wartawan Abal-abal.

"PJS hadir untuk mengedukasi wartawan agar menjadi wartawan kompeten dan profesional sejajar dengan wartawan lain dalam mewujudkan pers sebagai pilar demokrasi ke empat," paparnya.

Struktur Kepengurusan DPC PJS Kabupaten Pelalawan Periode 2022-2027

Ketua DPC PJS Pelalawan : Pranseda Simanjuntak. SH
Wakil Ketua I : Suswanto. S.Sos
Wakil Ketua II : Anton Munthe
Wakil Ketua III : Suryadi
Sekretaris : Dian Supianto
Sekretaris I : Andi Putra Sasoko
Sekretaris II : Wasito
Bendahara : Yose Silaban
Bidang Organisasi : Harris Simanjuntak
Bidang Hukum dan Advokasi Wartawan : Rahmat Faisal. SH
Bidang Pendidikan Pengembangan SDW : Rudi Hartono
Bidang Hubungan Antar Lembaga dan Kesekretariatan : Marzuki. S.Sos
Bidang Hubungan Masyarakat : Loches Ather Simanjuntak.

Sumber DPD PJS Riau