Bung Wahyudi Resmi Nahkodai DPD PJS Riau

Administrator - Kamis,26 Mei 2022 - 17:12:54 wib
Bung Wahyudi Resmi Nahkodai DPD PJS Riau
Drs. Wahyudi El Panggabean, M.H., Ketua Terpilih Dewan Pimpinan Daerah-Perhimpunan Jurnalis Siber (DPD-PJS) Provinsi Riau didampingi Seretaris Umum usai penandatanganan berita acara. Foto: RR

RADARRIAUNET.COM: Mengacu pada Surat Mandat DPP PJS No. 07/PJS/DPP/Mandat/V/2022 tertanggal 8 Mei 2022 yang ditandatangani Plt Ketua Umum DPP PJS Mahmud Marhaba. Kemudian ditindaklanjuti dalam rapat Pengurus Dewan Pimpinan Daerah Perhimpunan Jurnalis Siber (DPD PJS) Provinsi Riau bersama Pengurus Dewan Pimpinan Pusat DPP PJS, menetapkan wartawan senior Drs. Wahyudi El Panggabean, M.H., sebagai Ketua Dewan Pimpinan Daerah-Perhimpunan Jurnalis Siber (DPD-PJS) Provinsi Riau.

Drs. Wahyudi El Panggabean, M.H., dalam sambutannya mengatakan, PJS hadir untuk mengedukasi sekaligus memberikan wadah bagi jurnalis dalam meningkatkan kompetensi.

"Banyak sekali stigma yang disematkan kepada teman-teman wartawan yang dinilai tidak profesional dan tidak kompeten. Mereka disebut wartawan abal-abal, wartawan kacangan dan lain-lain stigma" Kata Wahyudi.

Melalui wadah organisasi wartawan PJS, Wahyudi yang secara aklamasi terpilih sebagai ketua DPD PJS untuk Provinsi Riau mengusung tekad untuk menjadikan wartawan khususnya anggota PJS Riau dan media mereka masing-masing sejajar dengan wartawan dan media lainnya.

Rapat Penetapan ini dilaksanakan secara Hybrid: Off-Line serta On-Line dengan DPP di Jakarta serta seluruh DPD serta DPC PJS yang telah terbentuk di seluruh Nusantara.

"Misi mendidik, berbagi pengalaman kepada teman-taman melalui kursus intensif dan pelatihan wartawan akan terus menjadi prioritas saya baik melalui PJC maupun melalui wadah organisasi PJS ini," ujar Direktur Utama Lembaga Pendidikan Wartawan Pekanbaru Journalist Center (PJC).

Wahyudi mengappresiasi secara khusus kinerja Panitia Pelaksana Rapat Penetapan Pengurus DPD-PJS Riau yang bekerja ekstra dalam tempo empat hari.

"Terimakasih kepada segenap panitia atas kerja kerasnya. Juga segenap pengurus dan anggota atas amanah kepada saya," ungkapnya.

Abdul Kadir, S.Pd., M. Pd., M.I.Kom., Sekretaris Umum Terpilih DPD PJS Riau dalam sambutannya mengatakan, sesuai Surat Edaran (SE) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PJS disebutkan bahwa syarat syarat minimal pembentukan pengurus DPD tingkat provinsi minimal memiliki 25 anggota.

"Dan syarat minimal itu telah terpenuhi dengan bergabungnya sejumlah wartawan yang ada di Provinsi Riau. Alhamdulillah 10 persennya adalah pemimpin redaksi," papar Pemimpin Redaksi radarriaunet.com itu.

Menurut lulusan magister Universitas Muhammadiyah Jakarta itu, bergabungnya sejumlah jurnalis yang notabene dari kalangan milenial menjadi spirit tersendiri dalam memajukan pers di Bumi Lancang Kuning.

"Mari bergabung di organisasi Perhimpunan Jurnalis Siber baik itu di tingkat provinsi maupun tingkat kabupaten/kota yang ada di Riau. Saat ini PJS telah hadir di 13 provinsi di seluruh Indonesia," terang pria kandidat doktor itu. 

Ketua Umum DPP-PJS, Mahmud Marhaba dalam arahannya secara virtual berharap DPD-PJS Riau konsisten menjalankan misi PJS: meningkatkan skill dan profesionalisme anggotanya.

"Misi utama PJS justru meng-edukasi serta membina para jurnalis yang selama ini terabaikan," kata mantan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Gorontalo itu.

"Jadi, PJS tidak hadir untuk menyaingi organisasi pers terdahulu," kata Marhaba yang juga Sekretaris Jenderal Jaringan Media Siber (JMSI) itu.

Marhaba menyebut, hingga saat ini, DPD-PJS sudah hadir di 13 Provinsi di Indonesia. "Semoga kita bisa melaksanakan Munas I Oktober mendatang dan PJS segera jadi konstituen Dewan Pers," harapnya.

Wartawan Senior, Ir. Yanto B Situmeang, selaku saksi dalam pengesahan penetapan Pengurus DPD PJS Riau berharap PJS Riau bisa berkembang dengan misinya yang mulia itu.

"Tapi, saya yakin amanah ini akan diemban dengan arif dan bijak oleh Wahyudi El Panggabean yang sudah saya kenalu dengan baik," kata Yanto yang juga Wakil Ketua DPD JMSI Riau itu.

PENGURUS DPD PJS RIAU:
-----------------------------
Ketua DPD PJS Riau : Drs. Wahyudi El Panggabean, M. H.

Wakil Ketua I Bidang Hukum
dan Advokasi : Asmanidar, S. H.

Wakil Ketua II Bidang Kerjasama
dan Organisasi : Romi

Wakil Ketua III Bidang Pendidikan
dan Pengembangan SDJ : Maria Goldameir Mektania

Sekretaris Umum : Abdul Kadir, S.Pd., M. Pd., M.I.Kom.

Wakil Sekretaris : Sarwan Kelana, S. Ud.

Bendahara DPD PJS Riau : Zonni Hudri

Wakil Bendahara : Nefrizal Pili

BIDANG-BIDANG:
1. Bidang Organisasi
Ketua : Muhammad Arif Annugraha
Sekretaris : Bidayat Il Yasin
Anggota : Rudi Candra
Hendri Julianto
Juliana Saputri
Mohd Irwan

2. Bidang Hukum dan Advokasi
Ketua : Muhammad Abduh, SH
Sekretaris : Abdul Rahman
Anggota : Fitramadani Sinaga
Vivi Herawati
Gusni Rita

3. Bidang Pendidikan dan Pengembangan SDJ
Ketua : Romi
Sekretaris : Josua Januari Nababan

Anggota : Aris

Abdul Hafhiz, S.IP
Fitria Wulandari, S. Pd.

4. Bidang Hubungan Antar Lembaga dan Kesekretariatan
Ketua : Tridara Merninda
Sekretaris : Denisa Indiani
Anggota : Ns. Maghfaruddin, M. Si.
Ilham Salman
Adryan Syahputra

5. Bidang Informasi dan Teknologi :
Ketua : M. Hasbi A
Sekretaris : Catur Setiawan
Anggota : Risky Hardimansyah
Khairun Nisa
M. Sanusi. RR