Sepuluh Rumah Warga Amblas ke Sungai Indragiri

Administrator - Sabtu,11 Juli 2020 - 11:30:05 wib
Sepuluh Rumah Warga Amblas ke Sungai Indragiri
Longsor di Seberang Tembilahan, Sepuluh Rumah Warga Amblas ke Sungai Indragiri. Pic: Cpl

RADARRIAUNET.COM: Bencana longsor terjadi di Kampung Betuah, Kelurahan Seberang Tembilahan, Kecamatan Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil). Kejadian itu mengakibatkan rumah warga yang berada di pinggir Sungai Indragiri amblas.

Diansir Cakaplah.com, peristiwa itu terjadi pada Jumat (10/7/2020) sore. Selain puluhan rumah, penyeberangan ke Kampung itu ikut terjun ke sungai.

"Terjadi abrasi sungai. Rumah yang ada di bibir sungai ikut rusak. Ada 10 rumah warga," ujar Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Sunarto, Sabtu (11/7/2020).

Sunarto mengatakan, pihak kepolisian sudah membantu evakuasi warga ke tempat yang lebih aman. "Saat ini, polisi masih berjaga di lokasi untuk antisipasi terjadi longsor lagi," kata Sunarto.

Terpisah, Kasubag Humas Polres Inhil, AKP Warno, menambahkan, abrasi terjadi di Dermaga Pompong Kampung Betuah sepanjang 30 meter dari tepi Sungai Indragiri. "10 rumah warga terseret arus sungai. Tidak ada korban jiwa," kata Warno.

Meski tidak ada korban jiwa, kerugian akibat kejadian itu mencapai Rp500 juta. "Masyarakat yang terdampak akibat rumah rusak sebanyak 58 orang," ucap Warno.

Berdasarkan kesaksian warga bernama Anjas, menyebutkan, peristiwa terjadi sekitar pukul 15.30 WIB. Ketika itu Anjas yang akan berangkat ke Tembilahan melihat rumah yang berada di dekat pelabuhan tiba-tiba amblas.

Melihat kejadian tersebut, Anjas langsung berteriak minta tolong. Masyarakat di sekitar lokasi langsung bahu membahu membatu menyelamatkan barang dari dalam rumah.

Ikut terlibat dalam evaluasi TNI, camat, Bhabinkamtibmas Kelurahan Seberang Tembilahan, Basarnas Tembilahan dan BPBD Inhil. "Korban sudah dievakuasi dan didata," tutur Warno. RR/CPL/SMR.