Pansus C DPRD Meranti Gelar Rapat Dengan Pemerintah Daerah.

Ketua Pansus Al Amin: Rapat membahas terhadap penyempurnaan ranperda inisiatif DPRD.

Administrator - Rabu,04 Maret 2020 - 15:45:15 wib
Ketua Pansus Al Amin: Rapat membahas terhadap penyempurnaan ranperda inisiatif DPRD.
RADARRIAUNET.COM: Resume Rapat Pansus C DPRD Kepulauan Meranti bersama Pemerintah Daerah di ruang rapat DPRD Meranti Pelaksanaan Rapat dilaksanakan di Ruang Rapat Sekretariat DPRD Senin (2/3) Malam.
 
Anggota Pansus C yang terdiri dari Ketua Pansus C Al- amin, A. S.Pd, wakil Ketua Pansus C Nirwana Sari S.E dan Anggota Pansus C Yaitu Pauzi, SE., Dr. Hafizan, S.Ag., M.Pd, EKA Yusnita, S.H., Cun Cun ., S.E., M.Si., Dr. H. Taufiqurahman M.Si., Suji Hartono dan Helmi, A.Md.
 
Rapat dipimpin oleh Ketua Pansus Al-Amin Sementara dari Pemerintah Daerah dihadiri oleh Asisten II Sekretaris Bappeda serta pejabat lainya.
 
Selain itu, Pelaksana Kegiatan itu bertujuan, dalam pelaksanaan rapat dilaksanakan pansus C bersama pemerintah daerah dalam rangka melaksanakan tahapan pembahasan Ranperda serta taanggung jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan (TJSLP).
 
Ketua Pansus Al Amin  menyampaikan bahwa rapat malam hari ini adalah rapat lanjutan dari rapat sebelumnya (25 Februari 2020) yang telah dilaksanakan dengan OPD terkait.
 
" Iya, sekaligus mendengarkan input (masukan) dan saran terhadap penyempurnaan ranperda inisiatif DPRD," ujar Politisi PKS ini.
 
Hal senada juga disampaikan Asisten II Asmarudin menyambut baik drap ranperda ini, dan telah melakukan rapat internal di lingkungan pemda untuk memberikan masukan demi sempurnanya ranperda TJSLP.
 
" Beberapa penyempurnaan disampaikan oleh Sekretaris Bappeda terkait penambahan Konsideran mengingat, perbaikan di pasal yg mengatur tentang Forum TJSLP dan beberapa pasal terkait Sanksi administratif dan Bab Pembiayaan," ujar Asmarudin.
 
Kendati demikian, Kadis Sosial, Kabag Ekonomi, Kasubbag perundang- undangan, Kabid DLH dan Kabid Naker Dinas Penanaman Modal juga menambahkan pasal untuk disempurnakan terkait pengaturan Perusahaan dengan skala Kecil, Sedang dan Besar.
 
Selanjutnya, perbaikan juga disinggung tentang Program Kemitraan jangan hanya mengatur tentang pelatihan saja, namun juga kita dapat menambah pemberian kesempatan kerja, serta mekanisme penyampaian laporan kegiatan TJSLP.
 
Hal yang sama disampaikan Anggota Pansus C Pauzi SE menyampaikan, ucapan terimakasih atas masukan dari pemda terkait penyempurnaan, namun demikian,  selain yang disampaikan pauzi juga mengingatkan bahwa rapat malam hari ini juga merupakan penyatuan persepsi dengan pemda karena besok pagi pansus C akan memanggil perusahaan perusahaan yang berkedudukan di Meranti untuk mempertanyakan dan meminta masukan terhadap draft ranperda TJSLP. 
 
"jika memang dimungkinkan dan tidak bertentangan dengan ketentuan perundang undangan maka di ranperda ini hendaknya, menambah nomenklatur tentang masuknya partisipasi perusahaan disaat Program Perencanaan Pembangunan dilaksanakan (saat Musrenbang) di kecamatan kecamatan  agar program TJSLP," ujat Pauzi SE yang politisi Golkar ini.
 
Selain itu , DR. Tofikurrohman juga menambahkan bahwa draft perbaikan yg disampaikan oleh OPD terkait hendaknya dibuat dalam bentuk kalimat verbal dan sesuai dengan legal drafting.
 
" Iya sehingga mudah untuk di terjemahkan. Selain itu pak tofik juga menyampaikan perlunya penyeragaman masukan agar tidak saling bertentangan sati sama lain," ujar Politisi Grindra itu pula.
 
Sementara itu Politis PKB Dr. Hafizan juga menyampaikan, ada dua hal antara lain pertama berkaitan dengan Yuridis Formal dan Penyatuan Persepsi untuk rapat bersama perusahaan.
 
" Iya, dalam perspektif yuridis formal hafizan menyampaikan bahwa masukan dan penyempurnaan yang disampaikan akan memberikan masukan dan wawasan kepada pansus untuk menyempurnakan draft Ranperda inisiatif DPRD ini," ungkap Hafizan Abas.
 
Ia juga menambahkan, bahwa berkaitan dengan sanksi perlu betul diperhatikan agar ranperda ini tidak bertentangan dengan ketentuan peraturan perundangan undangan yang lebih tinggi.
 
Sekedar informasi,adapun Kesimpulan Rapat ditutup oleh Ketua Pansus C, dengan adanya, beberapa masukan terhadap Ranperda TJSLP dilakukan dalam rangka penyempurnaan oleh OPD.
 
bahwa perlunya penyatuan persepsi antara Pansus C dengan Pemda dalam mempersiapkan rapat bersama Perusahaan Perusahaan yang di laksanakan Rabu (13/2) pagi.
(***)
 
 
RRN/THZ