Suyatno Harapkan Karangtaruna Harumkan Rohil

Administrator - Kamis,14 November 2019 - 15:01:51 wib
Suyatno Harapkan Karangtaruna Harumkan Rohil

RADARRIAUNET.COM: Bupati Rokan Hilir (Rohil), H Suyatno AMp secara resmi mengukuhkan pengurus Karang Taruna masa khitmad 2019-2024, Senin (11/11) di Kantor BPKAD Rohil, Jalan Merdeka, Bagansiapiapi.

Hadir pada pengukuhan pengurus Karang Taruna Kabupaten Rohil Ketua DPRD Maston, Kepala Dinas Sosial dr HM Junaidi Saleh MKes, perwakilan Kodim, Polres dan undangan lainnya.

Ketua Panitia Pelaksana Abu Nawas menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati yang telah mendukung kegiatan Karang Taruna baik berupa temu karya dan pengukuhan pengurus Karang Taruna Rohil. Setelah penyampaian laporan dilanjutkan dengan pembacaan surat keputusan bupati Rohil.

Ketua Karang Taruna Kashmer Dahlan SIP menyampaikan penghargaan atas dukungan Pemda terhadap keberadaan Karang Taruna, bahkan bupati menjadi Pembina Umum Karang Taruna Rohil.

Bupati Rohil H Suyatno AMp pada sambutannya turut menyampaikan apresiasi dengan keberadaan pengurus yang telah dikukuhkan pada kesempatan kemarin. "Seperti sama-sama kita saksikan pelantikan dan pengukuhan Karang Taruna Rohil berlangsung dengan sangat baik, selamat kami ucapkan kepada jajaran pengurus. Saya sampaikan baik secara pribadi maupun dari pemerintah daerah," kata Suyatno.

Ia mengingatkan agar Karang Taruna dapat menjalankan perannya yang strategis sebagai yang terdepan dalam kegiatan yang berkaitan dengan sosial dan kepemudaan.

"Tentunya bisa mengharumkan nama baik daerah ke tingkat yang lebih tinggi, dengan prestasi dan kinerja yang ada. Bagaimana bersama dengan pemerintah daerah dapat melakukan kegiatan yang bersifat sosial dan Karang Taruna Rohil bisa sejajar dengan kabupaten/kota yang ada di Riau," katanya. 

Suyatno mengajak semua pihak untuk dapat bersama-sama dengan pemerintah daerah mendukung kegiatan pembangunan yang tengah gencar dilaksanakan pada saat ini.Ajakan itu disampaikan bupati pada saat menyampaikan kata sambutan pada pengukuhan pengurus Karang Taruna Rohil periode 2019-2024 di Aula Kantor Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Rohil, di Bagansiapiapi, Senin (11/11).

"Kami mengajak semua pihak untuk dapat bersama-sama mendukung pembangunan di Rohil, istilahnya ayo sama-sama semeja bagaimana memikirkan agar Rohil ini, negeri yang kita cintai ini semakin baik lagi kedepannya," ajak bupati.

Menurut dia, mustahil rasanya pemerintah bisa maksimal menjalankan program pembangunan jika hanya mengandalkan pada unsur-unsur yang ada pada pemerintahan saja. Tanpa melibatkan peran serta dari berbagai kalangan.

Pihak yang dimaksud secara umum adalah partisipasi masyarakat. Dimana khususnya bisa dengan melibatkan peran tokoh-tokoh, kalangan atau komunitas, organisasi dan sebagainya.

Keberadaan organisasi-organisasi menurut bupati juga dapat memberikan manfaat yang besar bagi daerah asalkan selalu bersinergi dan menjalankan program yang ada di organisasinya dengan baik."Pemerintah pasti akan memberikan dukungan selagi kegiatan yang dilaksanakan positif, bermanfaat untuk kepentingan masyarakat luas," katanya.Bupati menyampaikan keberadaan organisasi di daerah sangat beragam, memiliki perhatian pada bidang-bidang tertentu.

Seperti Karang Taruna yang lebih fokus pada hal yang berkaitan dengan sosial, KNPI yang konsen untuk pengembangan kepemudaan dan sebagainya.Jika semua organisasi yang ada dapat saling mengisi, melakukan berbagai kegiatan sesuai dengan bidangnya itu maka pemerintah pastinya sangat terbantu dalam menyukseskan program pembangunan yang ada.

"Untuk Karang Taruna misalnya dapat membantu terkait dengan kegiatan sosial. Mereka bisa bersinergi dengan pemerintah khususnya dalam hal ini adalah Dinas Sosial (Dinsos) Rohil, misalnya dengan membantu untuk data mengenai warga miskin, warga yang harus dibantu tujuannya agar penerima bantuan merupakan orang yang tepat," tambah bupati.

Pengukuhan diwarnai dengan serangkaian prosesi di antaranya menyanyikan Indonesia Raya dan Mars Karang Taruna. Hadir pada pengukuhan pengurus Karang Taruna Kabupaten Rohil Ketua DPRD Maston, Kepala Dinas Sosial dr HM Junaidi Saleh MKes, perwakilan Kodim, Polres dan undangan lainnya.

Ketua Panitia Pelaksana Abu Nawas menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati yang telah mendukung kegiatan Karang Taruna baik berupa temu karya dan pengukuhan pengurus Karang Taruna Rohil. Setelah penyampaian laporan dilanjutkan dengan pembacaan surat keputusan bupati Rohil.

Ketua Karang Taruna Kashmer Dahlan SIP menyampaikan penghargaan atas dukungan Pemda terhadap keberadaan Karang Taruna, bahkan bupati menjadi Pembina Umum Karang Taruna Rohil.

Suyatno pada sambutannya turut menyampaikan apresiasi dengan keberadaan pengurus yang telah dikukuhkan pada kesempatan kemarin. "Seperti sama-sama kita saksikan pelantikan dan pengukuhan Karang Taruna Rohil berlangsung dengan sangat baik, selamat kami ucapkan kepada jajaran pengurus. Saya sampaikan baik secara pribadi maupun dari pemerintah daerah," kata Suyatno.

Ia mengingatkan agar Karang Taruna dapat menjalankan perannya yang strategis sebagai yang terdepan dalam kegiatan yang berkaitan dengan sosial dan kepemudaan.

"Tentunya bisa mengharumkan nama baik daerah ke tingkat yang lebih tinggi, dengan prestasi dan kinerja yang ada. Bagaimana bersama dengan pemerintah daerah dapat melakukan kegiatan yang bersifat sosial dan Karang Taruna Rohil bisa sejajar dengan kabupaten/kota yang ada di Riau," katanya.

Dengan dikukuhkannya pengurus Karang Taruna Rohil yang diketuai oleh Kasmer Dahlan, Bupati berharap ingin kerjasama antara pemerintah daerah dengan Karang Taruna, termasuk organisasi yang lainnya.

"Ya mudah-mudahan dibawah kepemimpinan Bung Kasmer Karang Taruna 2019-2024 ini bisa menjalankan tugas, amanah yang sudah dipercayakan masing-masing anggota kepada yang bersangkutan," harap Suyatno.

"Intinya bagaimana kita kerjasama yang baiklah dalam menciptakan suatu iklim yang kondusif, Rohil ini bisa aman, damai, penuh dengan kesejukan dan masyarakatnya sejahtera," lanjutnya.

Bupati yakin dengan dilantiknya pengurus Karang Taruna akan menjalankan tugas untuk membantu pemerintah daerah dalam bidang sosial kemasyarakatan. Bahkan Ia juga memberikan gambaran kerjasama dengan Dinas Sosial Kabupaten Rohil untuk pendataan orang-orang miskin.

"Silahkan saja nanti kerjasama yang baik karena itu anggarannya sudah ada kita programkan di tahun 2020 ini. Dengan adanya kerjasama yang baik insya Allah nanti semua pendataan itu akan tercover sesuai dengan keinginan daripada masyarakat. Sekali lagi tahniah dan selamat untuk Karang Taruna Kabupaten Rohil," ucap Suyatno.Turut hadir dalam acara pengukuhan itu Ketua DPRD Rohil Maston, Kepala Dinas Sosial Rohil Muhammad Junaidi Saleh, serta undangan lainnya. 

Sebelumnya, Karang Taruna Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) menggelar silahturahmi antar pengurus organisasi kepemudaan itu, bertempat di kafe Bude jalan Mawar Bagansiapiapi, Rohil.

Dalam acara silaturahmi tersebut, Ketua Karang Taruna terpilih beberapa waktu lalu Kasmer Dahlan SIP, membacakan susunan kepengurusan Organisasi Karang Taruna Rohil periode 2019-2024, sekaligus memaparkan tentang Tugas tugas pokok dan fungsi dari organisasi itu.

Di samping itu, Kasmer Dahlan menegaskan kepada seluruh personil kepengurusan Karang Taruna Rohil agar senantiasa bisa menunjukkan eksistensinya khususnya di bidang sosial kemasyarakatan dan kepemudaan.

”Organisasi jangan hanya ramai Saat pembetukan, mati dalam perjalanan, kemudian hidup kembali saat pemilihan. Mari sama-sama kita besarkan organisasi ini, dengan saling membantu, saling mengisi dan jangan anti terhadap kritikan,” papar Kasmer Dahlan

Mantan ketua KPU itu juga menyatakan optimistisnya dengan kekompakan dan solidaritas anggota, Karang Taruna Rohil diyakini bisa memberikan kontribusi kepada Daerah khususnya Daerah Kabupaten Rohil.

Dikesempatan yang sama, rapat juga menyusun program rencana  memperingati HUT Karang Taruna ke- 59 yang bertepatan pada tanggal 26 September ini, Karang Taruna Rohil berencana  melakukan kegiatan Bhakti sosial dengan mendatangi panti panti asuhan dan menyantuni anak yatim.

Sementara kegiatan penyantunan direncanakan bertepatan langsung pada hari HUT tersebut yakni kamis 26 September 2018, sedangkan dana penyantunan itu bersumber dari sumbangan swadaya pengurus Karang Taruna Rohil yang hadir dalam rapat.

Tergerak ingin meringankan beban penderitaan korban bencana banjir yang terjadi di Kecamatan Rantau Kopar, Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau, Karang Taruna Kecamatan Mandau bersama adik-adik Pramuka Kecamatan Rantau Kopar melakukan penggalangan dana untuk korban bencana banjir, Senin (19/11/2018).

Penggalangan dana bantuan bagi korban bencana banjir juga dilakukan di Kota Duri dengan membuka Posko Penanggulangan Bencana Banjir di Simpang Tambusai (Simpang Geroga) Duri. Tak hanya Ketua Karang Taruna Kecamatan Mandau, Indra Kusuma SH saja yang ikut, Camat Rantau Kopar Samsuri SPdI dan tokoh pemuda Jonnedi juga tampak ikut langsung berpartisipasi pada penggalangan bantuan bencana banjir tersebut.

Penggalangan bantuan dilakukan dibeberapa titik oleh puluhan adik-adik Pramuka dan anggota Pramuka. Salah satu titik penggalangan bantuan dilakukan di lampu merah Simpang Tambusai (Simpang Geroga) Duri. "Aksi penggalangan bantuan ini kita lakukan sebagai bentuk kepedulian sosial kita terhadap korban bencana banjir di Kecamatan Rantau Kopar, Rohil," ungkap Indra Kusuma.

Bagi Indra Kusuma selain sebagai gerakan kemanusiaan, ini juga merupakan bentuk kepeduliannya terhadap sanak saudara di kampung halaman yang saat ini tengah tertimpa musibah bencana banjir.

 

RR/RPC/SRC/RPZ/ADV