Pemkab Inhil Dukung Kemajuan IPHI

Administrator - Selasa,12 November 2019 - 13:31:24 wib
Pemkab Inhil Dukung Kemajuan IPHI
MEMBERIKAN SAMBUTAN: Wabup Inhil H Syamsuddin Uti memberikan sambutan pada Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Alhuda Jalan Jenderal Sudirman, Tembilahan, Selasa (5/11/2019). (humas pemkab inhil for riau pos)

RADARRIAUNET.COM: Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir sangat mendukung Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) demi kemajuan bersama. hal itu disampaikan Wakil Bupati (Wabup) Indragiri Hilir (Inhil) H Syamsuddin Uti (SU) saat menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H (2019) di Masjid Alhuda Jalan Jendral Sudirman, Tembilahan kemarin.

Di mana kegiatan rutin dalam rangka memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW ini ditaja oleh IPHI Inhil. Saat itu panitia menghadirkan penceramah dari pimpinan Majelis Ar- Raudha, Samarinda Kalimantan Selatan (Kalsel)."Kami selalu mengikuti kegiatan IPHI. Insya Allah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Inhil siap  memberikan dukungan,"kata Wabup, dilansir riaupos.co.

Selain sebagai pemimpin, dia juga akan menyumbangkan pemikiran dan tenaga agar IPHI Inhil lebih maju lagi. Komitmen pemerintahan terhadap hal-hal positif dan keagamaan tidak perlu diragukan. Oleh karena itu gedung Islamic Centre yang terletak di Jalan Pendidikan Tembilahan, merupakan milik Pemkab Inhil.

Dia berharap bangunan yang megah ini dapat dimanfaatkan sebagai tempat kegiatan islami. Mengingat terdapat pula beberapa program pemerintah yang salah satunya program 1 desa/kelurahan 1 rumah tahfiz.
"Program itu untuk mendukung terciptanya Kabupaten Inhil menjadi kampung Quran," tambahnya. Terhadap pelaksanaan Maulid Nabi Muhammad SAW diharapkan terjalinnya ukhuwah islamiah yang erat diantara sesama umat muslim.

Pada kesempatan itu Wabup mengatakan bahwa IPHI adalah salah satu organisasi terbesar di Kabupaten Inhil. Jika 50 persen saja penduduk Inhil ini adalah haji, maka tidak kurang dari 350 ribu masyarakat adalah anggota IPHI Inhil.

“Jika melihat dari hal tersebut, tentunya IPHI harusnya dikelola dengan baik, seperti pengelolaan pendanaan dan lain sebagainya, karena organisasi itu tidak dapat hidup tanpa pendanaan dan perencanaan yang baik,” tutur Wabup.

Dijelaskan Wabup, pada kegiatan tersebut juga nantinya akan dilakukan evaluasi, untuk melihat kinerja 5 tahun yang lalu. Dimana, jika ada kekurangan harus diperbaiki, serta menentukan dan merancang langkah untuk 5 tahun ke depan.“Kita harapkan keberadaan IPHI Inhil ini dapat terus dikembangkan dan ditingkatkan lagi, dalam upaya mendukung pembangunan Kabupaten Inhil,” terang Wabup.

Selanjutnya, Wabup juga berpesan kepada seluruh pengurus IPHI Inhil, untuk terus meningkatkan kualitas diri dan melaksanakan tugas serta tanggung jawab yang telah dipercayakan kepadanya dengan sebaik mungkin, demi kemajuan IPHI Inhil di masa mendatang.“Jadi, kita sangat yakin IPHI Inhil ini jika dikelola secara baik, Insya Allah akan menjadi organisasi yang besar dan bisa memberikan sumbangsih, bagi kemaslahan ummat,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelengara, H Nawawi Mahmud mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan atas terlaksananya Musda tersebut.Adapun peserta yang mengikuti kegiatan tersebut, yakni anggota dan pengurus IPHI Kabupaten Inhil, serta perwakilan seluruh kecamatan di Kabupaten Inhil.

Ketua IPHI Inhil H Nawawi Mahmud, mengatakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, merupakan pertama kali yang menghadirkan penceramah Muhammad Yasin, pimpinan Majelis Ar- Raudha Samarinda Kalsel.

Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir bekerjasama dengan dengan Pengurus Mesjid Agung Al-Huda Tembilahan melaksanakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H Jumat yang di hadiri Wakil Bupati H Syamsuddin Uti, Anggota DPRD, Unsur Forkopimda, Kekan Kemenag, Ketua MUI, Camat Tembilahan Kota dan alim ulama serta jamaah Mesjid Al-Huda.Peringatan Maulid Nabi yang di awali dengan Maulidi Al-brazanji yang dipimpin Ustadz Rusli Kurnain. Dengan menghadirkan penceramah K.H.Lukman Hakim Zainuddin (Komisi Fatwa MUI DKI Jakarta).

Syamsuddin juga mengucapkan selamat datang kepada penceramah dinegeri hamparan kelapa Dunia Kabupaten Indragiri Hilir. Semoga tausiah yang disampaikan dapat kita ambil hikmahnya. “Selaku Pemerintah Daerah Kabupaten Indragiri Hilir mengucapkan selamat datang di negeri Hamparan Kelapa Dunia”. Ungkap Wakil Bupati Syamsuddin Uti.“semoga dengan kehadiran beliau dapat memberikan keberkahan dan makna bagi negeri kita negeri Negeri Hamparan Kelapa Dunia” ucapnya

Wabup juga menambahkan, bahwa Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir mempunyai program untuk menjadikan Kabupaten Indragiri Hilir ini menjadi kampung Qur’ani yaitu Program 1 Desa/Kelurahan 1 Rumah Tahfiz. Sementara itu peringatan Maulid 1441 H menghadirkan penceramah, K.H.Lukman Hakim Zainuddin (Komisi Fatwa MUI DKI Jakarta) yang dalam tausiyahnya mengajak kembali mempelajari Al-Qur’an.

Ini sesuai dengan program Pemerintah Daerah untuk menjadikan Inhil kampung Qurani. Karena baiknya pemimpin ditergantung dari Masyarakat nya. Jangan bermimpi memiliki Pemimpin yang baik apabila masyarakat tidak baik.

Dalam tausiyahnya beliau juga menambahkan pemimpin Kabupaten Inhil ini yaitu Bupati dan Wakil Bupati sudah mengajak kepada seluruh masyarakat untuk kembali mempelajari Al-Qur’an. Jadi ini menandakan bahwa pemimpinnya sudah baik tinggal masyarakatnya aja lagi.

Wabup berpesan agar masyarakat meneladan sifat Nabi Muhammad dan mengajak umat Islam untuk selalu bersyukur kepada Allah SWT karena pada tahun ini dapat melaksanakan acara kelahiran Nabi Muhammad SAW. Ini adalah salah satu kecintaan kepada Rasulullah SAW."Maka pada kesempatan ini pula mari kita jadikan wadah untuk bersilaturahim serta membangun rasa persaudaraan," ajak Wabup.

Dikatakannya, kehidupan umat beragama di Kabupaten Inhil dalam suasana yang aman dan tentram. Walaupun masyarakat di Inhil menganut berbagai agama, namun dapat hidup berdampingan dengan damai.
“Untuk itu, atas nama Pemkab Inhil memberikan apresiasi yang tinggi, atas segala upaya masyarakat dan segenap unsur yang ada dalam menjaga kerukunan antar umat beragama di Bumi Hamparan Kelapa Dunia yang kita cintai ini,” terang Wabup.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati menghimbau, dalam menghadapi Era globalisasi saat ini, sebagai umat muslim harus tetap berpegang teguh kepada Al-Qur’an dan Sunnah sebagai pedoman hidup, ungkap SU.

Wabup Inhil menambahkan, semasa hidupnya, Nabi Muhammad SAW selalu mencontohkan hal-hal kebaikan yang patut kita tiru dan teladani untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, selain mengajarkan ketauhidan juga mengajarkan nilai-nilai kemanusiaan dalam keberagaman.

Adapun tema kegiatan ini "Mari Kita Pelihara Persatuan dan Kesatuan Kerukunan Umat bergama dalam Bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia".Sebelumnya, Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Dewan Perwakilan Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) mengadakan pengukuhan pengurus baru IPHI.

Acara ini diselenggarakan bertempat di Hotel Arrahman Kecamatan Tembilahan Kota. Pengukuhan pengurus baru ini untuk masa jabatan selama empat tahun.Acara pengukuhan ini dihadiri turut juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Inhil, H Alimudin selaku perwakilan pemerintah Kabupaten Inhil, turut serta juga dihadiri oleh Sekretaris Umum IPHI Provinsi Riau, Ermis Jusad.

Pada acara ini Alimudin mengucapkan selamat kepada pengurus baru IPHI yang terpilih. Ia berharap dengan dikukuhkannya pengurus baru ini dapat menjalankan roda organisasi dengan baik.Selain itu diharapkan organisasi ini dapat bekerjasama dengan baik dengan pengurus propinsi maupun kabupaten dan tentu saja pemerintah.“Organisasi yang bergerak dalam bidang keagamaan ini, yang terlihat dari susunan organisasinya dapat berperan banyak dalam memberi contoh yang baik bagi masyarakat,” ujar Alimudin.

Dalam acara ini dikukuhkan Nawawi Mahmud sebagai Ketua Pengurus IPHI Kabupaten Inhil. Pengurus baru ini dikukuhkan langsung oleh Ermis Jusad.Terpisah, Bupati Inhil HM Wardan mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kerjasama dari seluruh pihak, khususnya dalam membangun dan memajukan daerah yang dikenal dengan sebutan seribu Parit.

Hal ini disampaikan Bupati Wardan dalam Apel Upacara saat menjadi Inspektur Upacara gabungan perdana di tahun 2017, yang dipusatkan di halaman Kantor Bupati kabupaten Indragiri Hilir, Jalan Akasia Tembilahan, kemarin.

Dikatakannya, Upacara atau apel gabungan merupakan salah satu hal yang penting dalam mendukung tugas dan kewajiban sebagai penyelenggara pemerintahan Kabupaten dan di seluruh Satuan Kerja Pemerintahan Daerah (SKPD), Pemerintahan Kecamatan, Pemerintahan Kelurahan dan Seluruh Pemerintahan Desa Se Kabupaten Indragiri Hilir bisa saling sinergi dalam Mewujudakan Visi Misi Spirit Kabupaten INHIL.

"Harapan Diawal Tahun 2017 ini, kita senantiasa bekerjasama memanfaatkan segala peluang dan mendayagunakan sumber daya yang ada serta menjalankan amanah pemerintah, demi kepentingan masyarakat, bangsa dan negara serta daerah, semoga INHIL Semakin Maju" ujar Bupati INHIL yang juga mempopulerkan Slogan " Spirit of INHIL"

Bupati Inhil yang dikenal Religius ini juga mengajak kepada seluruh Aparatur Sipil Negera (ASN) dan honorer di lingkungan Pemkab Inhil, untuk terus meningkatkan jalinan tali silaturahmi, persatuan dan kesatuan guna mewujudkan Kabupaten Inhil yang lebih maju, bermarwah dan bermartabat.

Sebelum Mengakhiri Kata Sambutan dalam Apel Gabungan Tersebut Bupati INHIL sampaikan, "Selaku pimpinan daerah, saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada seluruh pegawai di lingkungan Pemkab Inhil, yang telah berpartisipasi, berperan dan berkontribusi di dalam pembangunan daerah," tutupnya.

 

RR/WPC/PRC/CPL/ADV