Realisasi Proyek Fisik Pemko Dumai Baru 51 Persen

Administrator - Sabtu,29 Agustus 2015 - 10:31:16 wib
Realisasi Proyek Fisik Pemko Dumai Baru 51 Persen

DUMAI (RRN) - Realisasi kegiatan pembangunan fisik yang sedang dilaksanakan Pemerintah Kota Dumai tahun anggaran 2015 sudah berjalan sekitar 51 persen dan dipastikan bisa rampung total hingga akhir tahun mendatang.

Penjabat Walikota Dumai Arlizman Agus, kepada awak media mengatakan, kegiatan pembangunan fisik terus berjalan meski awalnya terkendala perubahan dampak penurunan penerimaan dana transfer pusat ke daerah.

"Pengurangan dana pusat tersebut, membuat pemerintah daerah harus melakukan efisiensi anggaran dan menyusun ulang perencanaan kegiatan pembangunan di semua satuan kerja," kata Arlizman Agus, Jumat (28/8/15).

Dikatakannya, pelaksanaan kegiatan pembangunan fisik pada anggaran murni 2015 ini masih fokus pada penataan infrastruktur jalan dan jembatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat serta kepentingan kemajuan daerah.

"Seluruh kegiatan fisik yang sudah direncanakan diharapkan bisa dijalankan sesuai ketentuan yang berlaku demi kemajuan pembangunan daerah. Sebab, selama ini program yang dilaksanakan tentunya masuk skala prioritas," ungkapnya.

Orang nomor satu di Kota Dumai sementara itu, meminta kepada seluruh satuan kerja (Satker) dan panitia lelang untuk mengejar proses pekerjaan fisik supaya serapan anggaran bisa maksimal dan pembangunan berjalan sesuai harapan.

"Biarapun serapan anggaran fisik sudah melebihi separuh, tapi saya yakin realisasi penggunaan keuangan daerah masih terserap sekitar 25 persen dari total APBD 2015 sebesar Rp1,18 triliun," bebernya saat dikonfirmasi awak media di Kota Dumai.

Dijelaskannya, agar pejabat pelaksana kegiatan proyek yang ditunjuk supaya tidak takut menjabat karena selain sebuah amanah, juga asalkan bekerja sesuai aturan. Diketahui juga, Pemko Dumai saat ini mulai bersiap membahas rancangan APBD Perubahan tahun 2015.

Sedangkan Sekretaris Daerah Kota Dumai Said Mustafa, berharap usulan KUA PPAS segera dibahas dan bisa mengejar target waktu pengesahan yang direncanakan akhir Agustus atau awal September medatang.

"Mudah-mudahan usulan yang sudah kita serahkan ke DPRD Kota Dumai itu sudah bisa dibahas, sehingga program pembangunan bisa terlaksana semaksimal mungkin demi mewujudkan harapan masyarakat Kota Dumai," jelasnya (rtc/n)