Kebutuhan Hewan Kurban Dumai Diprediksi Meningkat

Administrator - Jumat,02 September 2016 - 13:15:00 wib
Kebutuhan Hewan Kurban Dumai Diprediksi Meningkat
Hewan kurban. hal

RADARRIAUNET.COM - Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan (Disnakkanla) Kota Dumai memprediksi jumlah hewan kurban tahun ini meningkat hingga 10 persen. Jumlah ini naik dibanding tahun sebelumnya atau mencapai 1.673 ekor.
 
Demikian disampaikan Kepala Disnakkanla Kota Dumai, H Syafrizal kepada wartawan. "Jumlah hewan kurban tahun ini diprediksi meningkat 10 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya atau mencapai 1.673 ekor," ujarnya.
 
Dijelaskan Syafrizal, jumlah tersebut terdiri dari sapi 1.261 ekor, kambing 406 ekor dan kerbau 6 ekor. Hewan kurban di Dumai bukan hanya berasal dari Dumai ada juga yang diambil dari daerah lain seperti Lampung, Sumbar dan Jawa.
 
Menurut Syafrizal, ada hewan kurban didatangkan dari luar daerah Disnakkanla Kota Dumai akan terus melakukan pengawasan dilapangan untuk memantau hewan kurban yang masuk ke Kota Dumai. Tujuannya menjamin hewan kurban aman dan sehat untuk dikonsumsi.
 
"Kami akan terus melakukan pemantauan terhadap hewan kurban yang masuk ke Dumai seperti sapi, kambing dan kerbau. Pengawasan ini untuk menjamin hewan kurban benar-benar baik, sehat dan layak konsumsi," jelas dia.
 
Dijelaskan Syafrizal, hewan-hewan kurban ini diperkirakan akan berdatangan mulai akhir Agustus ini. "Untuk itu dalam waktu dekat kami akan membentuk tim kesehatan hewan qurban terdiri dari dokter hewan dibantu petugas Disnakkanla Kota Dumai," kata dia.

Sementara, pemeriksaan kesehatan akan dilakukan dalam dua tahap dari sisi luar dan dalam yang lulus kesehatan akan diberi stempel khusus lulus tes kesehatan.


hal/fn/radarriaunet.com