PT Pelindo Dumai Masih Mencerminkan Citra Buruk

Administrator - Jumat,26 Agustus 2016 - 12:55:21 wib
PT Pelindo Dumai Masih Mencerminkan Citra Buruk
PT Pelindo Dumai Masih Mencerminkan Citra Buruk. dpc

RADARRIAUNET.COM - Banyak laporan dari masyarakat yang masuk ke Persekutuan Masyarakat Dumai menyangkut persoalan dengan PT Pelindo I Kota Dumai. Laporan tersebut yang intinya dapat merusak citra dan performen perusahan sekelas BUMN.

Banyak persoalan yang disampaikan kepada Persekutuan Masyarakat Dumai, sedangkan Pelindo merupakan perusahan yang sangat strategis bagi kota Dumai. Dimana Perusahaan ini bersentuhan langsung dengan masyarakat, berbeda halnya dengan perusahan lainnya di Kota Dumai. Strategisnya Pelindo bagi kota Dumai itu disebabkan koor bisnis mereka adalah pada jasa (services) kepelabuhanan serta jasa-jasa lainnya yang berhubungan dengan itu.

“Kita tahu bahwa wajah terdepan dari kota Dumai adalah pelabuhan, sehingga sektor ini menjadi sektor utama bagi kota ini,” kata Sekretaris Jenderal Persekutuan Masyarakat Dumai, Dr. H. M. Rizal Akbar, S.Si, M.Phil. Dikatakanya, wajah bisnis kota Dumai, terutama sector jasa akan terlihat paling depan pada pengelolaan kepelabuhan, baik untuk barang apalagi angkutan orang.

Bila pada sektor ini ditemukan banyak persolan , maka akan berakibat pada suramnya pencitraan wajah kota Dumai secara umum. Selain itu pelabuhan memiliki keterkaitan bisnis dengan sektor-sektor lainnya seperti perdagangan, pengakutan serta industry. Kegagalan pada sektor pelabuhan akan berdampak kepada kemacetan pada sector lainnya yang pada gilirannya akan menghambat pertumbuhan ekonomi kota Dumai, serta berdampak kepada kegagalan ekonomi nasional.

Bisnis kepelabuhanan yang dimaksudkan adalah pada aspek bongkar muat serta  termasuk didalam jasa pandu dan tunda.” Kami juga menerima banyak informasi serta laporan menyangkut kedua aktivitas bisnis jasa tersebut. Harapan kami, selaku LSM yang peduli terhadap iklim dan pertumbuhan bisnis di kota Dumai, bisnis-bisnis di pelabuhan ini dapat terkelola secara professional, taransparan serta taat azas.

"Sebagai perusahaan milik negara, selayaknya Pelindo menjadi lokomotif utama dalam mengembangkan segala bentuk bisnis disektor kepelabuhanan ini,” ujarnya. Sehingga masyarakat lokal juga harus didorong untuk memiliki kemampuan dalam mengelola bisnis dibidang ini, jika tidak demikian maka sangat mungkin terindikasi terjadinya monopoli dalam bisnis tersebut.

“Kami berharap, Pelindo sebagai wajah terdepan sektor jasa di kota Dumai, terlihat lebih elegan, tidak monopoli, memiliki tata kelola yang baik serta taat azas dalam menjalankan usahanya, supaya dapat dijadikan contoh, kelid kelindan serta politik ekonomi sebaiknya tidak usah terlalu dikedapankan karena saya yakin masyarakat sudah semakin cerdas membacanya,” katanya.

Terhadap semua laporan yang telah masuk ke Persekutuan, saat ini Persekutuan Masyarakat Dumai, telah membentuk tim investigasi, yang bertujuan untuk dapat mengiventarisir segala persoalan yang dilaporkan kepada kami dan selanjutnya dari data yang kami himpun, Persekutuan akan membuat sikap tertentu guna perbaikan iklim dunia usaha di kota Dumai.


dpc/fn/radarriaunet.com