Kampung Jawa Raih Juara II Lomba Gapura se-Inhil

Administrator - Jumat,21 Agustus 2015 - 10:56:50 wib
Kampung Jawa Raih Juara II Lomba Gapura se-Inhil
FOTO: riauterkini

TEMBILAHAN (RRN) - Jalan Kampung Jawa, Kelurahan Tembilahan Kota berhasil keluar sebagai Juara II dalam lomba pembuatan gapura dalam HUT ke-70 RI tahun 2015. Kemenangan ini tidak terlepas dari sisi keindahan dan karakteristik gapura yang dibangun warga secara swadaya ini. Dimana, pada gapura dihiasi foto presiden RI yang pertama, Ir Soekarno saat membacakan naskah proklamasi, juga terdapat gambar para pejuang yang sedang membawa bambu runcing.


"Tidak hanya menggambarkan tentang kemerdekaan, kami juga menghiasi pada bagian atas seperti bentuk jembatan. Hal ini menggambarkan julukan untuk Kabupaten Inhil, yakni Negeri Seribu Parit," jelas Abd Rahman, As, SH selaku koordinator pembuatan gapura di Jalan Kampung Jawa, Kamis (20/8/15).


Tidak hanya itu, pada kedua tiang gapura, diatasnya dibuat seperti bentuk kubah yang menggambarkan julukan kota Tembilahan sebagai kota Ibadah. "Kami ingin membuat segala sesuatu pada gapura ini memiliki arti. Selain bentuk gapura, kami juga membuat tema nasional HUT RI ke 70, yakni Ayo Kerja dan Spirit Baru (New Spirit) sebagai semangat perubahan yang diusung pasangan Bupati dan Wabup Inhil, HM Wardan dan Rosman," tambahnya.


Sedangkan terkait pendanaan, disponsori oleh salah seorang warga Kampung Jawa, Hj Mutmainnah (Ibu Arif). Sedangkan untuk pengerjaannya dilaksanakan secara swadaya bersama masyarakat. Terakhir, Rahman juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat yang telah membantu, baik dari pendanaan hingga ikut bergotong royong membuat gapura hingga berhasil mendapat penilaian terbaik kedua tingkat Kabupaten Inhil. "Mari kita jaga selalu kekompakan dan silaturrahmi antar sesama. Kepada pemerintah kami berharap kedepan acara seperti ini bisa ditingkatkan," harapnya. (teu/rtc)