Soal Sekda Riau, Komunikasi Gubri dengan Mendagri Belum Buahkan Hasil

Administrator - Senin,18 Juli 2016 - 14:21:06 wib
Soal Sekda Riau, Komunikasi Gubri dengan Mendagri Belum Buahkan Hasil
Gubernur Riau. bpc
RADARRIAUNET.COM - Meski telah melakukan komunikasi dengan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, sepertinya upaya Pemerintah Provinsi Riau untuk mendesak Pemerintah Pusat masih belum berhasil, soal penetapan Sekretaris Daerah (Sekda) definitif.
 
Setelah melakukan komunikasi dengan Kemendagri, hingga saat ini jawaban Mendagri penetapan 1dari 3 nama yang sebelumnya diajukan, masih dalam proses dan belum bisa diperkirakan kapan penetapan itu dilakukan.
 
"Memang ada kita bicarakan itu. Kata pak Mendagri lagi diproses," kata Andi Rachman.
 
Sambil menunggu Sekdaprov Riau definitif, Gubri menyebutkan kalau Pemprov Riau telah menunjuk Kasiaruddin sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Sekdaprov Riau. Dimana sebelumnya, Kasiaruddin yang juga menjabat Staf Ahli Gubernur Riau ini, mengemban jabatan Pelaksana Harian (Plh) Sekdaprov Riau.
 
"‎Yang jelas Plh Sekdaprov Riau sudah kita ganti dengan Plt, dan SK nya juga sudah ditandatangani Mendagri. Kita berharap, Sekdaprov Riau definitif ini secepatnya diproses Mendagri," harap mantan Anggota Komisi VII DPR RI ini kepada wartawan.
 
Karena itu, Andi Rachman meminta dukungan dan doa semua pihak agar tiga nama calon Sekdaprov Riau yang diajukan ke Mendagri segera turun. "Ya, sama-sama berdoalah kita agar Sekdaprov Riau definitif ini cepat selesai," tutupnya.
 
Kabar terakhir dari Asrizal, saat ini Tim Penilaian Akhir (TPA) yang dibentuk oleh Mendagri tengah menggodok 3 nama calon Sekdaprov Riau yang telah diajukan. Setelah hasil seleksi terbuka itu diterima Presiden RI Joko Widodo beberapa waktu lalu, Jokowi menyerahkan 3 nama itu ke Kemendagri untuk ditetapkan 1 orang sebagai Sekdaprov Riau.
 
Ke 3 nama tersebut adalah Ahmad Ijazi, Masperi dan M Syukri Harto. Mereka berhasil lolos seleksi dari sebelumnya 22 calon yang ikut mendaftar untuk mengisi kekosongan jabatan Sekdaprov Riau.
 
Setelah berhasil lolos dari seleksi administrasi, ada 19 orang ikut dalam seleksi manajerial, dan 7 orang lainnya lolos untuk ikut dalam seleksi kompetensi bidang. Berdasarkan surat keputusan Nomor KPTS 019/Pansel-JPTM/2016 tentang hasil akhir seleksi Sekda Provinsi Riau.
 
Menurut Ketua Pansel Mukhtar Ahm, ke 3 peserta seleksi ini berhasil memenuhi penilaian sesuai dengan standar kelayakan. Sementara untuk rekam jejak sudah dilakukan dan latar belakang mereka masih bersih proses hukum.
 
"Secara umum memang ada yang memberikan tanggapan positif dan negatif terhadap masing-masing calon tersebut. Sementara apa yang lebih dari ke 3 calon ini, itu sangat teknis dan sifatnya rahasia. Namun yang jelas 3 orang ini terbaik dari yang lain," katanya.
 
 
bpc/fn/radarriaunet.com