Gaji Eks Karyawan PT. MIG Tak Dibayar, Zulkifli : Pemko Pekanbaru Akan Tempuh Jalur Hukum

Administrator - Kamis,30 Juni 2016 - 08:34:46 wib
Gaji Eks Karyawan PT. MIG Tak Dibayar, Zulkifli : Pemko Pekanbaru Akan Tempuh Jalur Hukum
Demo ratusan buruh kebersihan eks karyawan PT. MIG. rtc

RADARRIAUNET.COM - Berdasarkan kesepakatan antara Pemerintah kota Pekanbaru dengan PT. MIG (Multi Inti Guna) akan membayarkan gaji karyawannya pada hari Selasa (28/6/2016). Namun hal itu tidak akan terealisasi karena pihak PT. MIG tidak mau menandatangani berkas pencairan sebesar Rp800 juta. Demikian diungkapkan Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) kota Pekanbaru, Zulkifli Harun kepada awak media.

"Benar, rencana kita hari ini gaji karyawan PT. MIG bisa dibayarkan. Namun karena pihak MIG tidak mau tanda tangan berkas maka pembayaran gaji itu sulit untuk dilakukan," ujarnya.

Alasan PT. MIG tidak mau menandatangai pencairan sebesar Rp800 juta tersebut karena jumlah itu tidak sesuai dengan dana yang dibutuhkan pihak MIG. Seharusnya dana itu dicairkan Rp2,3 milyar dipotong pajak menjadi Rp1,7 milyar namun karena ada denda jumlahnya menjadi Rp800 juta.

"Mereka tidak menginginkan adanya denda, maka dari itu mereka tidak mau menandatangani berkas," jelasnya.

Melihat situasi pembayaran gaji semakin tidak jelas, Pemerintah kota Pekanbaru siap menempuh jalur hukum. Pasalnya pada pekan lalu sudah membuat laporan ke Pengadialan Negeri Pekanbaru dan PTUN.

"Berhubung mereka sudah membuat laporan, tentu kita siap melayani laporan itu," tegas Zulkifli.

Ditanya tentang nasib para karyawan PT. MIG sudah tidak gajian selama dua bulan dan tidak memiliki pekerjaan, Zulkifli mengatakan bahwa Pemerintah kota Pekanbaru sangat memperhatikan seluruh eks karyawan PT. MIG. Untuk kelanjutan bekerja pihaknya siap menerimanya, namun untuk pembayaran gaji itu adalah kewajiban PT. MIG dan pemko Pekanbaru siap memfasilitasinya.

"Tentu mereka akan kita bantu, tapi harus sesuai dengan aturan yang berlaku," singkatnya.


rtc/fn/radarriaunet.com