Wabup Rohul Hadiri Safari Ramadan di Bonai Darussalam

Administrator - Senin,13 Juni 2016 - 10:38:41 wib
Wabup Rohul Hadiri Safari Ramadan di Bonai Darussalam
Wakil Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman, Kamis (9/6/2016) malam, menghadiri Safari Ramadhan Pemkab Rohul di Masjid Fastabiqul Khairat Desa Sontang, Kecamatan Bonai Darusalam. rtc
RADARRIAUNET.COM -  Pada Safari Ramadan ketiga kalinya ini, Wabup Rohul Sukiman sekaligus menyerap aspirasi masyarakat Bonai Darussalam, mulai persoalan listrik, infrastruktur jalan, hingga persoalan kurangnya tenaga guru di kecamatan yang berbatasan dengan Kabupaten Siak, Rokan Hilir, dan Bengkalis tersebut.
 
Zulfahrianto SE, Tokoh Masyarakat Bonai Darussalam, mewakili warga Desa Sontang menyampaikan tiga persoalan mendasar yang tengah dihadapi masyarakat. Pertama, persoalan listrik yang sudah 1 tahun belum juga mengalir ke rumah warga. Padahal, jaringan sudah terpasang. "Kami mohon kepada Bapak Wakil Bupati (Sukiman), mohon difasilitasi sehingga kami juga bisa menikmati listrik PLN," demikian harapan Zulfahrianto yang juga Kepala Desa Sontang.
 
Zulfahrianto juga mengeluhkan permasalahan infrastruktur jalan penghubung desa ke kecamatan dan desa menuju kabupaten. Diakuinya, kondisi jalan di Bonai Darusalam sudah jauh tertinggal dari kecamatan lain, khususnya di Desa Sontang.
 
Dirinya berharap Pemkab Rohul membangun infrastruktur jalan sesuai harapan masyarakat Desa Sontang. "Kami mengharapkan pak Wakil Bupati benar-benar memperhatikan persoalan infrastruktur di Bonai Darussalam. Karena, kecamatan ini tidak akan berkembang kalau tidak didukung oleh Pemkab Rohul," jelas Panglimo Bosa Hulubalang Nogori Rohul ini.
 
Persoalan ketiga, persoalan ketersediaan guru di Bonai Darussalam juga masih sangat minim. Saat ini saja, guru berstatus PNS di Bonai Darusalam hanya Kepala Sekolah saja. Sementara guru yang mengajar, sebagian besar merupakan guru digaji oleh komite.
 
Zulfahrianto mengakui pihaknya sudah beberapa kali minta Pemkab Rohul untuk menambah guru di Bonai Darussalam, namun setelah ditugaskan guru yang bersangkutan malah mengajukan pindah tugas ke kecamatan lain. "Harapan kami pemerintah yang baru ini dapat memprioritaskan putra daerah di Bonai Darussalam menjadi guru honor daerah. Jadi guru tidak akan pindah-pindah lagi," minta pria yang akrab disapa Anto Sontang tersebut.
 
Aspirasi dari masyarakat Bonai Darusalam ini mendapat respon baik dari Wabup Rohul Sukiman. Kepada beberapa Kepala SKPD terkait, Wabup instruksikan agar Satker terkait segera mengambil tindakan, khususnya persoalan listrik. Wabup sendiri berjanji segera berkordinasi dengan pihak PLN untuk segera mencarikan solusinya.
 
"Pemerintah kita sekarang tidak ada janji, tapi langsung bekerja. Dalam waktu dekat saya akan mendatangi PLN Pekanbaru untuk mencari jalan keluarnya. Sehingga selama bulan Ramadan ini tidak terjadi masalah pemadaman," jelasnya.
 
Pada acara Safari Ramadan di Bonai Darussalam ini, Wabup Rohul Sukiman menyerahkan bantuan dari Pemkab Rohul untuk Masjid Fastabiqul Khairat sebesar Rp50 juta, dan 25 Alquran.
 
Selain itu, Wabup Sukiman juga menyerahkan bantuan bersumber dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAZ) Kabupaten Rohul, yakni Rp111 juta diberikan kepada masyarakat Bonai Darusalam yang layak menerimanya.
 
 
hum/rtc/radarriaunet.com