Mengendap Berbulan-bulan, Warga Sesali Pengurusan E-KTP Lambat

Administrator - Jumat,26 Agustus 2016 - 13:08:35 wib
Mengendap Berbulan-bulan, Warga Sesali Pengurusan E-KTP Lambat
ilustrasi. dpc

RADARRIAUNET.COM – Warga Dumai kembali mempertanyakan pelayanan yang diberikan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil ( Disdukcapil) sebab sudah hampir 4 bulan kepengurusan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) hingga sekarang belum juga tuntas.

Seperti disampaikan Dwi ketika hendak menjemput E-KTP miliknya ke kantor Disdukcapil, setibanya disana petugas malah mengatakan belum selesai. Pernyataan tersebut tentu membuat saya marah, sebab kepengurusan E-KTP ini sudah berjalan 4 bulan, hingga sekarang belum selesai juga. Ada apa ini? Tanyanya.

Menurut Dwi, lambatnya pencetakan E-KTP ini dianggap pelayanan yang sangat luar biasa. Sebab bukan saya saja yang merasakan, banyak warga lain yang telah bolak–balik menunggu E-KTP tapi tak juga selesai. ”Kami ini sudah mempersiapkan persyaratan secara lengkap, dan butuh E-KTP segera selesai, karena banyak keperluan yang membutuhkan E-KTP tidak cukup dengan surat Rekomendasi dalam kepengurusan yang dikeluarkan Disdukcapil," sesalnya.

Menanggapi itu, Kepala Disdukcapil Dumai Suardi Ssy membantah bahwa kepengurusan E-KTP butuh waktu yang terlalu lama bahkan hingga berbulan-bulan itu. Sebab semua kebutuhan untuk pembuatan atau cetak EKTP sudah stand by walaupun hingga sekarang ketersediaan Ribbon kita masih terbatas.

Namun ia tak menampik, mungkin saja kondisi ini terjadi akibat jaringan data kependudukan yang dimiliki sedang bermasalah, oleh karena itu ia menyarankan untuk mengambil no resi dan dia siap untuk memproses secepatnya.

”Beberapa bulan lalu memang kita ketersediaan Ribbon terbatas, jadi warga diharap maklum apabila kepengurusan E-KTP agak terlambat.

Namun sekarang semua sudah stand By, meski bantuan Ribbon Provinsi Riau Belum diterima namun kita mengambil kebijakan meminjam Ribbon milik daerah/ kabupaten lain. ”Tidak ada maksud petugas kita memperlambat proses pelayanan akan tetapi semua ini tentu saja diakibatkan beberapa faktor juga." sebutnya.


dpc/fn/radarriaunet.com