GIIAS 2019

Spekulasi Mobil-mobil Baru Toyota

Administrator - Rabu,10 Juli 2019 - 15:25:19 wib
Spekulasi Mobil-mobil Baru Toyota
Ilustrasi. cnni pic

Jakarta : Toyota Indonesia masih merahasiakan dua mobil baru yang akan mereka luncurkan di Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2019 berlangsung mulai 18-28 Juli di ICE, BSD, Tangerang. Dugaan kuat pada Toyota Siente model terbaru, menyusul penjualannya yang 'melempem' sejak awal tahun.

Kabar kehadiran model terbaru Sienta sebenarnya sudah santer sejak tahun lalu, terlebih sumber di Toyota mencoba membenarkan kemunculan Sienta baru di pameran otomotif yang berlangsung pada bulan ini.

Direktur Pemasaran PT Toyota-Astra Motor (TAM) Anton Jimmy yang dimintai konfirmasi justru mencoba mengelak dengan alasan tidak bisa membocorkan satu pun produk mobil yang akan diluncurkan di GIIAS nanti.

"Saya tidak bisa komentar banyak soal Sienta saat ini," kata Anton di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan seperti sitat CNN Indonesia, Rabu (10/7/2019).


Dalam keluarga Toyota, penjualan medium MPV itu tak terlalu 'bersinar'. Mobil tersebut hanya laku 371 unit selama periode Januari hingga Mei 2019, sedangkan tahun lalu untuk periode yang sama berjumlah 1.600an unit, menurut data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Kendati permintaan terhadap Sienta tak tinggi, Anton bilang Toyota tetap mempertahankan produksinya. Menurutnya masih banyak konsumen yang menginginkan mobil berpintu geser seperti Sienta.

"Karena demand masih ada. Kota besar masih banyak konsumen yang ingin membeli mobil berpintu geser. Sliding door tidak dimiliki Rush, Avanza, dan Innova. Jadi masih ada konsumen yang butuh," ucapnya.


Hitung-hitung Sienta Hybrid

Jika memaksakan meluncurkan Sienta, pihak TAM memastikan yang bakal diluncurkan bukan tipe hybrid, melainkan berteknologi konvensional dengan mesin 1.500 cc.

Toyota dikatakan Anton punya banyak pertimbangan yang menyangkut pasar, produksi, hingga kecocokan mesin hybrid Sienta untuk pasar Indonesia. Untuk saat ini Sienta hybrid hanya dijual dan diproduksi di Jepang.

"Makanya itu jadi pertimbangan kami, apakah kami bisa impor CBU, kalau CBU jadi harganya berapa, kalau lokal dengan volume segitu jadinya bagaimana," ucap Anton.


Prediksi Hiace Baru

Satu lagi prediksi produk baru Toyota yang diluncurkan bertepatan dengan acara GIIAS dari segmen komersial, generasi baru Hiace.

Hiace dengan wajah baru sebelumnya sempat tertangkap kamera pada Februari 2019 di Jepang. Generasi keenam Hiace sudah berganti desain eksterior yang terlihat lebih 'gaya'.

Eksterior Hiace 2019 diklaim lebih elegan dan mewah dengan perubahan pada bumper, gril, dan lampunya. Sekilas Hiace terbaru bergaya mobil premium Toyota, Voxy dan Alphard.

Di Indonesia, Hiace umum buat fleet yang dibekali mesin 2.494 cc dengan kemampuan 100,6 tenaga kuda pada 3.600 rpm dan torsi 259,8 Nm pada 1.600 - 2.400 rpm.


RRN/CNNI