Diusung Golkar, Mantan Walikota Dumai Daftar Ikut PIlkada Rokan Hilir

Administrator - Kamis,30 Juli 2015 - 14:39:10 wib
Diusung Golkar, Mantan Walikota Dumai Daftar Ikut PIlkada Rokan Hilir

BAGANSIAPIAPI (RR) - Berbeda dengan berbagai daerah, Partai Golkar di Rohil berhasil mengusung Wan Syamsir Yus-Helmi pada pilkada mendatang. KPU setempat menyatakan dukungan partai untuk pasangan ini sah. Karena didukung Kubu Abu Rizal Bakri (ARB) dan Kubu Agung Laksono (AL).  Wan Syamsir Yus-Helmi diantar ke KPU, Selasa (28/7/15) pukul 15.04 WIB, pengurus DPD II Partai Golkar Rohil Kubu ARB (Nasrudin Hasan sebagai ketua, red) berada pada sisi kanan, dan pengurus DPD II Partai Golkar Kubu AL (Muslim sebagai ketua, red) berada pada sisi kiri.

Berada di dalam ruang Media Centre (tempat pendaftaran, red), kedua kubu ini tetap kompak sehingga proses pendaftaran berjalan lancar.  Ketika diverifikasi, Divisi Pencalonan Pilkada KPU, Supriyanto t telah menyediakan kolam verifikasi untuk Partai Golkar Kubu ARB dan Kubu AL, kedua kubu dinyatakan lengkap dan dapat diterima untuk pencalonan bupati dan wakil bupati.

Usai pendaftaran, Ketua KPU Agus Salim menjelaskan, Partai Golkar Kubu ARB maupun Kubu AL memberikan dukungan pada calon bupati dan calon wakil bupati yang sama.  “Kedua kubu, pimpinan Abu Rizal dan pimpinan Agung, kalau misalnya mereka memberikan calon yang sama dari DPP masing-masing, kabupaten juga, bisa lolos. Tidak ada persoalan sesuai Peraturan KPU. Surat keputusan DPP Golkar, baik pimpinan Agung, maupun pimpinan Abu Rizal, dilihat Panwas, sah tadi,” ujar Agus Salim, meski masih ada berkas yang belum lengkap.

Sementara itu, Wan Syamsir Yus, calon bupati, mengaku akan melengkapi berkas yang belum lengkap, dan pihaknya harus bekerja berat mendapatkan dukungan masyarakat luas. “Kami datang, bagaimana memajukan daerah ini. Pulang mengabdi kekampung,” sebutnya, dimana Wan Syamsir Yus sesuai alamatnya bermastautin di Pekanbaru dan Helmi di Bangkinang.

Ketika ditanya apa program jika terpilih, Wan Syamsir Yus menyatakan akan mengkomunikasikan terlebih dahulu kepada masyarakat luas, apa yang dibutuhkannya.  “Ada terbagi beberapa daerah, kalau di daerah darat, Baganbatu dan sekitarnya, masyarakat kita sudah terbiasa dengan tanaman keras, seperti karet, sekarang lagi ngetopnya sawit, untuk masyarakat kita yang mengarah kelaut, apa yang harus kita kembangkan. Terutama produksi ikan, kerambah-kerambah mungkin. Kita kembangkan,” bebernya.

Ketika ditanya penilainya terhadap kinerja Pemkab Rohil selama ini, Wan Syamsir Yus menyerahkan kepada masyarakat. “Tergantung masyarakat. Kalau pemerintahannya tu bagus, keluarnya tu WTP, Wajar Tanpa Pengecualian. Rohil saya ngak tahu, wartawan tahu gelarnya,” sindir Wan.

Kemudian daripada itu, Nasrudin Hasan, Ketua Tim Pemenangan, menginginkan pemilihan umum ini berlangsung sukses, jujur, adil dan masyarakat memilih pemimpin yang berkualitas.  “Jadi berikan kesempatan kepada masyarakat memilih tanpa tekanan. Demokrasi, tanpa tekanan itu akan melahirkan seorang pemimpin yang bermutu dan berkualitas. Itu harapan kami dari Partai Golkar,” kata Nasrudin.

Oleh karena itu, dia menghimbau kepada seluruh kader memberikan penjelasan kepada masyarakat, tentang calon yang mereka usung.  “Dari Partai Golkar kita mengusung seorang senior. Beliau adalah mantan Sekretaris Daerah Provinsi Riau, mantan Wali Kota di Dumai, dan dia juga pernah jadi bupati pertama di Rohil ini. Beliau juga pernah jadi camat di Rokan Hilir ini. Dipasangkan dengan wirausaha, kontraktor, saya kira akan sinergi,” jelasnya. (teu/rtc)