Polda Riau Kerahkan 300 Personil dalam Operasi Zebra Siak 2015, Berikut Sasarannya

Administrator - Jumat,23 Oktober 2015 - 14:48:44 wib
Polda Riau Kerahkan 300 Personil dalam Operasi Zebra Siak 2015, Berikut Sasarannya
FOTO: goriau

PEKANBARU (RRN) - Kepolisian Daerah (Polda) Riau, Kamis (22/10/2015) pagi, menggelar apel Operasi Zebra Siak 2015. Operasi Zebra Siak ini berlangsung 14 hari, mulai 22 Oktober hingga 4 November 2015. Sasarannya adalah pelanggar lalu lintas yang berpotensi menyebabkan kecelakaan.

Apel ini dilaksanakan di bawah pekatnya asap, di lapangan upacara Mapolda Riau, yang dipimpin langsung Kapolda, Brigjen Dolly Bambang Hermawan. "Tujuannya untuk menciptakan situasi aman dan tertib lalu lintas. Semua kita tindak dengan tegas, simpatik dan tertib," sebut Kapolda.

Selain itu, sambungnya, Operasi Zebra Siak bertujuan untuk meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, menurunkan angka kecelakaan, menjadikan pengguna jalan sebagai pelopor keselamatan, meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada Polri, serta meningkatkan keamanan lalu lintas, jelang tahun baru nanti.

"Kita menerjunkan sekitar 300 personil se-Riau, dengan ditambah anggota di lapangan. Jadi kita imbau dari sekarang, agar pengguna jalan bisa memaklumi sehingga bisa meminimalisir angka pelanggaran dan kecelakaan di jalan raya," tutup Kapolda usai memimpin apel

Kabut Asap Belum Memberikan Dampak Terhadap Peningkatan Angka Kecelakaan

Direktur Lalu Lintas Polda Riau, Kombes Guritno Wibowo, Kamis pagi menjelaskan, menurut catatan, belum ada peningkatan signifikan kecelakaan terkait pekatnya asap disejumlah kawasan di Riau. "Kita lihat grafiknya belum ada peningkatan kecelakaan selama asap terjadi," sebut dia.

Justru karena pekatnya asap, membuat kesadaran pengguna jalan semakin tinggi, pasalnya mereka lebih berhati-hati lantaran jarak pandang pendek. "Artinya ada kesadaran warga untuk semakin berhati-hati dan melaju dengan kecepatan yang terkendali. Belum ada laporan kecelakaan menonjol sejak Januari hingga sekarang," urai Dirlantas.

Menurut catatan, jumlah angka kecelakaan di Riau sudah 1.054 kasus, dimana 456 orang meninggal dunia, 703 orang luka berat serta 2.223 orang luka ringan. Paling menonjol yakni Kota Pekanbaru dengan 174 kasus, diikuti Siak 139 kasus, Kampar dan Pelalawan dengan masing-masing 122 kasus, dan Rohil 107 kasus. (gor/fn)