Survei IDM: Mursini Paling Diharapkan Masyarakat Pimpin Kuansing

Administrator - Senin,12 Oktober 2015 - 09:29:15 wib
Survei IDM: Mursini Paling Diharapkan Masyarakat Pimpin Kuansing
IDM menggelar survei terkait harapan masyarakat Kuansing terhadap calon pemimpin daerahnya. Mayoritas mengharapkan Mursini jadi bupati. (foto : istimewa)

TELUK KUANTAN (RRN) - Belum lama ini, Indonesia Development Monitoring (IDM) merilis hasil survey terhadap beberapa orang tokoh yang pantas untuk menjabat sebagai Bupati Kabupaten Kuansing lima tahun mendatang.Dari hasil survey tersebut dikatakan, mantan anggota DPRD Provinsi Riau, Mursini, menjadi tokoh lokal yang paling populer.


Berdasarkan survey IDM, Mursini mendominasi pengujian terhadap akseptabilitas dan elektabilitas calon bupati yang dimulai dari tingkat popularitas, tokoh paling dikenal, tingkat kesukaan, paling disukai, tingkat kepantasan dan paling pantas untuk menjabat sebagai Bupati Kuantan Singingi,Dari lima orang tokoh Kuansing yang cukup populer, nama Mursini menepati peringkat pertama dengan perolehan 31,7 persen tokoh yang paling disukai.
Urutan kedua tokoh yang paling disukai yaitu wakil Bupati Kuansing, Zulkifli. Selanjutnya disusul tokoh lainya.


Direktur Eksekutive IDM, Fahmi Hafel, dalam keterangannya mengungkapkan, berdasarkan hasil survei, tampak bahwa keinginan masyarakat Kuantan Singingi untuk berpartisipasi dalam pilkada juga tinggi. Ketika responden ditanya apakah mereka akan menggunakan hak pilihnya dalam pilkada serentak, sebanyak 63,2 persen menyatakan akan mencoblos. Yang menjawab belum pasti mencoblos sebanyak 37,8 persen. "Jika dilakukan sosialisasi oleh KPUD, kemungkinan akan meningkat hingga 70 persen," kata Fahmi.


Kata dia, survei tersebut dilakukan dengan mengunakan metode multistage random sampling, dengan jumlah responden 1137 pemilih dari 230.056 DPT Kabupaten itu saat Pilpres 2014 lalu. Tingkat Kepercayaan Riset ada pada interval 95 persen dan mempunyai margin of error sebesar plus minus 2,9 persen. (rls)