Ahmad Syah Sambut JH Kloter 02 Bengkalis

Administrator - Rabu,07 Oktober 2015 - 12:14:57 wib
Ahmad Syah Sambut JH Kloter 02 Bengkalis
Pj Bupati Bengkalis H Ahmad Syah Harrofie membantu seorang JH Kloter 02 saat penyambutan di Bandar Sri Laksamana Bengkalis. (foto : humas)

BENGKALIS  (RRN) - Sebagaimana kepulangan Jamaah Haji (JH) Kabupaten Bengkalis yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 02 Debarkasi Batam (BTH), Penjabat (Pj) Bupati Bengkalis H Ahmad Syah Harrofie juga akan menyambut langsung kepulangan JH asal Kecamatan Mandau dan Pinggir yang tergabung dalam Kloter 07 BTH di Asrama Haji Batam, Provinsi Kepulauan Riau.


Menurut rencana, bersama Asisten Perekonomian dan Pembangunan H Heri Indra Putra, orang nomor satu di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini akan bertolak ke Batam via Selat Panjang, Kabupaten Kepulauan Meranti. Setelah menginap semalam di Kota Sagu, bersama rombongan, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Provinsi Riau ini baru bertolak ke Batam melalui pelabuhan Tanjung Harapan Selat Panjang.


Menurut informasi, selama di Selat Panjang, Ahmad Syah Harrofie akan mengadakan kunjungan muhibah dengan Pj Bupati Edy Kusdarwanto dan jajaran Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti. Namun setakat ini belum diketahui apa agenda yang akan dibahas keduanya dalam pertemuan tersebut.


Ketika dikonfirmasi, Kepala Bagian Humas Pemkab Bengkalis Johansyah Syafri membenarkan jika Pj Bupati Bengkalis akan menyambut kepulangan JH Kabupaten Bengkalis asal Kecamatan Mandau dan Pinggir yang tergabung dalam Kloter 07 BTH sebagaimana JH asal Kecamatan Bengkalis, Bantan Bukit Batu, Siak Kecil, Rupat dan Rupat Utara yang tergabung dalam Kloter 02 BTH yang tiba di Tanah Air. “Informasi yang saya terima memang Pj Bupati Bengkalis akan menyambut kepulangan JH Mandau dan Pinggir di Batam sebagaimana juga JH Bengkalis yang tergabung dalam Kloter 02 BTH. Tetapi soal jalur mana yang digunakan termasuk adanya rencana pertemuan dengan Pj Bupati Kepulauan Meranti sebelum bertolak ke Batam, setakat ini saya belum mengetahuinya,” jelas Johan, Selasa (6/10/2015).


Untuk diketahui, sesuai jadwal kepulangan haji nasional, JH Mandau dan Pinggir yang satu Kloter dengan JH Kabupaten Kuantan Singingi tiba di Tanah Air hari Jumat (9/10/2015). Jika tidak ada penundaan, pesawat Saudi Arabia Airlines yang menerbangkan mereka dari Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah (Arab Saudi) akan mendarat di Bandara Internasional Hang Nadim Batam sekitar pukul 12.30 WIB.


Sebagaimana JH Kloter 02 BTH, walaupun sampai di Batam Jum’at, tapi mereka tidak bisa langsung pulang hari itu juga. Mesti menginap semalam di Asrama Haji Batam. Keesokan hari mereka baru bertolak menuju kecamatan masing melalui pelabuhan Sekupang Batam. Seperti juga JH Kloter 02 BTH, dari Sekupang ke Dumai, Pemerintah Kabupaten Bengkalis telah menyewa sebuah kapal khusus. Sama seperti untuk JH Kloter 02 BTH, kapal untuk JH Kloter 07 ini nampaknya juga kapal Dumai Line 5.


Menurut perkiraan, JH Mandau dan Pinggir ini tiba di pelabuhan Pelindo Dumai sekitar pukul 15.00 WIB. Namun estimasi waktu ini bisa berubah apabila kabut asap dalam perjalanan dari Sekupang ke Dumai sangat pekat. Kemudian dari Dumai mereka akan dijemput dengan menggunakan bus. Sebelum pulang ke kediaman masing-masing, Masjid Al Arafah Duri dijadikan titik kumpul terakhir. Dari Masjid Raya Kecamatan Mandau inilah selanjutnya para JH pulang ke rumah masing-masing.


Sebagaimana diberikan sebelumnya, jumlah JH Mandau saat berangkat sebanyak 228 dan Pinggir berjumlah 10 orang. Mereka bertolak ke Batam, Minggu (30/8/2015) dank e Tanah Suci untuk menukaikan rukun Islam kelima tersebut Senin (31/8/2015). Sementara pada Sabtu (3/10/2015) sekitar pukul 06.00 Waktu Arab Saudi atau 02.00 WIB dini hari, seorang JH asal Mandau atas nama Nurinis binti Burhan (74) meninggal dunia. Almarhumah meninggal dunia pasca menjalani operasi besar di perut karena gangguan pencernaan. (hum)