Produsen China Uji Coba Bus Tanpa Sopir

Administrator - Selasa,06 Oktober 2015 - 14:43:38 wib
Produsen China Uji Coba Bus Tanpa Sopir
FOTO: cnnindonesia

CHINA (RRN) - Sebuah produsen mobil di China menguji coba bus kota yang berjalan tanpa kendali sopir (self-driving). Uji coba dilakukan di jalan tol kilometer 32 di Zhengzhou dengan mengundang reporter asing, Jumat (2/10/2015).

Dalam sebuah video hasil rekaman wartawan itu, tampak bus melaju di jalan tanpa dikendalikan sopir. Sementara itu, sang sopir duduk santai sambil menyender di kursi. Para penumpang pun duduk tenang dan tak terpengaruh oleh keadaan itu.

Menurut produsen bus itu, Yutong, bus tersebut dilengkapi dengan dua kamera, empat radar laser, seperangkat radar gelombang milimeter, dan sistem navigasi terpadu. Teknologi canggih tersebut mampu melakukan pengendalian yang sangat rumit, seperti mengubah jalur, menyalip mobil lain, serta merespons lampu lalu lintas.

Ini tampaknya bus pertama tanpa pengendali. Memakan waktu tiga tahun bagi Yutong untuk mengembangkan bus tersebut. Dalam pengerjaannya, dibutuhkan uji coba dan pengembangan lebih jauh sebelum bus tersebut diluncurkan. (cnn/fn)