Pekanbaru Kembali Dikepung Asap Pekat, Jarak Pandang 600 Meter

Administrator - Sabtu,26 September 2015 - 12:09:17 wib
Pekanbaru Kembali Dikepung Asap Pekat, Jarak Pandang 600 Meter
Kota Pekanbaru kembali ‘telan’ asap pekat. Jarak pandang hanya 600 meter dan aktifitas di Bandara SSK II kembali terganggu.

PEKANBARU (RRN) - Kondisi jarak pandang di Kota Pekanbaru, Sabtu (26/9/15) semakin siang semakin memburuk, seiring semakin pekatnya kabut asap yang melingkupi. Jarak pandang saat ini hanya berkisar 600 meter.

Staf Observasi Badan Metreologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru Lindika mengkonfirmasikan bahwa pada pukul 7.00 WIB tadi jarak pandang masih berkisar 1.000 meter, namun kemudian menurun menjadi 800 meter pada pukul 8.00 WIB dan semakin buruk, menjadi hanya 600 meter mulai pukul 9.00 WIB.

“Jika arah angin terus dari selatan ke utara dan tingkat kelembapan udara rendah, potensi asap semakin pekan sangat besar,” tutur Lindika.

Lebih lanjut Lindika mengatakan, bahwa saat ini asap yang mengepung Riau merupakan kiriman dari provinsi tetangga. Karena berdasarkan pantauan satelit di Riau tidak ditemukan titik api. Sementara di Sumatera terdapat 71 titik api, dengan 55 di antara berada di Sumatera Selatan.

Aktifitas Bandara SK II Terganggu

Dengan jarak pandang sependek itu, aktifitas penerbangan di Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II optimatis terganggu. Berdasarkan situs remis Bandara SSK II, dilaporkan seluruh jadwal kedatangan pesawat ditunda. Sementara untuk kedatangan, Pesawat Garuda dan Lion tujuan Jakarta sudah berangkat. Sedangkan Citilink dari Yogyakarta adan AirAsia dari Bandung masih tertunda. (rtc).