Israel Buka Kembali Kedutaan Besar di Mesir

Administrator - Jumat,18 September 2015 - 13:33:07 wib
Israel Buka Kembali Kedutaan Besar di Mesir
FOTO:cnnindonesia

KAIRO (RRN) - Israel membuka kembali kedutaannya di Mesir pada Rabu (9/9), empat tahun setelah diserbu oleh demonstran yang berujung pada evakuasi duta besar Israel.

Kementerian Luar Negeri Israel mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Direktur Jenderal Kemenlu Dore Gold, telah menungjungi Kairo untuk membuka kembali kedutaan.
  
Duta besar Yitzhak Levanon dan staff kedutaan Israel dievakuasi dari Mesir setelah demonstran menyerbu kedutaan pada September 2012, menyusul penembakan lima petugas keamanan Mesir oleh tentara Israel yang mengejar militan. Militan ini sebelumnya membunuh delapan warga Israel di sekitar perbatasan.

Duta besar Israel untuk Kairo saat ini, Haim Koren, menghadiri upara pada Rabu, bersama dengan para diplomat Mesir dan duta besar Amerika Serikat untuk Mesir.

Hubungan antara Israel dan Mesir kembali menguat seelah militer Mesir menggulingkan mantan Presiden Mohamed Mursi dari Ikhwanul Muslimin pada 2013, menyusul protes besar yang menuntut pengunduran dirinya.

Mesir dan Israel, yang menandatangani perjanjian damai pada 1979, bekerja sama dalam bidang keamanan di Semenanjung Sinai, di mana militan telah menyerang pasukan Mesir secara berkala dan meluncurkan roket ke Israel. (stu/fn)