Amerika Bersiap Peringati 14 Tahun Insiden 9/11

Administrator - Selasa,15 September 2015 - 12:01:01 wib
Amerika Bersiap Peringati 14 Tahun Insiden 9/11
FOTO:cnnindonesia

JAKARTA (RRN) - Empat belas tahun lalu pada tanggal yang sama hari ini, sebelas September, kelompok teroris membajak pesawat penumpang dan menabrakkannya ke gedung kembar World Trade Center, New York, dan markas Pentagon di Washington.

Setelah kekacauan usai, teroris merenggut 2.997 jiwa dalam serangan paling mematikan dalam sejarah Amerika.

Orang, bangunan, dan pesawat berjatuhan dari langit. Dan hari itu mengubah dunia selamanya.

Amerika pun menghelat beberapa acara untuk mengenang momen insiden yang sering disebut 9/11 ini. Berikut daftarnya seperti dilansir CNN.

Lokasi kejadian

Di WTC, tempat korban paling banyak berjatuhan, peniup terompet dan penabuh drum akan bersiaga mengiringi upacara.

Nama-nama korban akan menggema dari mulut masyarakat yang berkumpul, berdoa dalam hening, tepat pada waktu gedung kembar tersebut runtuh. Pesawat pertama menabrak menara pada 08.46 dan tabrakan kedua pada 09.03 waktu setempat.

Dalam serangan ini, 2.753 orang tewas ketika teroris dengan sengaja menabrakkan pesawat American Airlines Flight 11 dan United Airlines Flight 175 ke menara utara dan selatan.

Lebih dari 300 pemadam kebakaran rela kehilangan nyawanya ketika mereka memasuki gedung sementara orang lain berhamburan menyelamatkan diri.

Pennsylvania

Ratusan kilometer dari WTC, pesawat penumpang ditabrakkan di Shanksville pada pukul 10.03 waktu setempat.

Pada jam yang sama, kerumunan manusia akan mengadakan hening cipta sambil membacakan nama-nama para korban.

Sebanyak 40 penumpang dan awak kabin United Airlines Flight 93 tewas ketika pesawat menghujam daratan.

Pentagon

Di Pentagon, 184 orang tewas ketika American Airlines Flight 77 yang dibajak menabrak gedung tersebut tepat pukul 09.37.

Ketika matahari terbit di Amerika pada pagi hari, bendera akan dikibarkan di Pentagon.

Tak lama berselang, Menteri Pertahanan, Ash Carter, akan memimpin upacara tertutup dengan prosesi peletakkan bunga yang dihadiri oleh kerabat korban.

Di Gedung Putih, Presiden AS, Barack Obama akan memimpin prosesi mengheningkan cipta di halaman depan istana. Obama juga dijadwalkan mengunjungi Fort Meade di Maryland, di mana ia akan menemui para tentara dan menyampaikan apresiasinya.

"Presiden sangat menghargai waktu tatap muka dengan pasukan, mendengarkan, bertanya, dan menjawab pertanyaan, dan ia sangat ingin melakukan itu dalam peringatan 9/11 agar dapat terhubung langsung dengan anggota pertahanan," ucap juru bicara Pentagon, Peter Cook.
(stu/stu/fn)