Menanti Peresmian Tol Pekanbaru-Bangkinang

Administrator - Jumat,30 September 2022 - 20:09:41 wib
Menanti Peresmian Tol Pekanbaru-Bangkinang
Jalan TOL Pekanbaru Bangkinang. Foto: CPL

RADARRIAUNET.COM: Masyarakat Riau tampaknya masih harus bersabar untuk dapat menjajal tol Pekanbaru - Bangkinang.

Pasalnya, sampai saat ini, tol yang nantinya menjadi bagian besar dari Tol Pekanbaru - Padang tersebut masih urung diresmikan.

Gubernur Riau, Syamsuar mengaku tidak mengetahui secara pasti kapan tol Pekanbaru - Bangkinang tersebut akan diresmikan Presiden Jokowi.

"Belum, belum dapat jawaban. (Masih) tunggu Bapak Presiden," kata Syamsuar.

Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengumumkan akan mengoperasikan sebanyak 6 ruas tol baru sepanjang 87 km.

Termasuk salah satu seksi ruas tol yang menghubungkan Pekanbaru-Padang, yakni Pekanbaru-Bangkinang.

Pernyataan tersebut disampaikan Staf Ahli Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan sekaligus Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja pada awal pekan kedua September 2022.

“September saja, ada 6 ruas yang sudah kita siap (operasikan, red). Artinya, sudah dilakukan uji laik fungsi (ULF),” kata Endra saat press briefing di Jakarta.

Lebih lanjut, Endra mengatakan pengoperasian ruas-ruas tol tersebut tergantung pada keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) apakah ingin meresmikan atau tidak. Endra mengatakan total jalan tol yang akan beroperasi hanya mencapai 16 ruas tol sepanjang 332 km per Desember 2022.

“Itu totalnya (6 ruas tol) 87 kilometer di bulan September. Kalau overall di 2022 ini tambahannya 332 kilometer sampai Desember 2022,” jelas Endra. 

RR/CAKAPLAH