Riau Alami Peningkatan Desa Wisata

Administrator - Selasa,20 September 2022 - 23:01:20 wib
Riau Alami Peningkatan Desa Wisata
Objek wisata yang ada di Riau. Foto: CPL

RADARRIAUNET.COM: Kabar gembira bagi masyarakat Riau. Kepala Dispar Provinsi Riau, Roni Rakhmat mengatakan, perkembangan desa wisata di daerah terus mengalami peningkatan. 

Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Riau terus mendorong kabupaten/kota membentuk desa-desa wisata dalam upaya peningkatan perekomian daerah.

"Sekarang jumlah desa wisata itu sudah 134 yang tersebar di seluruh kabupaten/kota se-Riau. Kalau sebelumnya, hanya sekitar 74 desa wisata saja di Riau, sekarang perkembangan sudah meningkat," kata Roni.

Roni mengatakan, dari ratusan desa wisata itu yang paling banyak berada di Kabupaten Kampar.

Kemudian, disusul Kabupaten Bengkalis dan lainnya.

Untuk pembinaan desa wisata sendiri, lanjut Roni, pihaknya setiap tahun mengadakan lomba desa wisata terbaik.

Tahun ini, ada 15 desa wisata yang masuk nominasi terbaik tingkat Provinsi Riau.

"Nantinya, desa wisata yang terbaik tingkat Provinsi Riau ini akan mewakili dalam event Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) yang ditaja Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menyitat cakaplah.

Bahkan, tambah Roni, desa wisata di Kecamatan Dayun, Kabupaten Siak yang saat ini masuk nominasi ADWI 2022, merupakan hasil perlombaan yang ditaja Dispar Riau. Sehingga, pembinaan yang dilakukan pihaknya benar-benar menampakkan hasil yang memuaskan.

Kemudian, terkait peluang Desa Wisata Dayun mendapatkan penghargaan di ADWI 2022, Roni mengakui peluang cukup besar. Apalagi, perlombaan ADWI ini akan menilai 7 kategori.

"Insya Allah mendapatkan juara dari kategori kelembagaan, yang menjadi keunggulan Desa Wisata Dayun. Kalau kita melihat prestasi ADWI 2021 lalu yang menempatkan Desa Koto Masjid, Kecamatan XIII Koto Kampar, kita mendapatkan Juara II Nasional. Saat itu, Kampar meraih prestasi dari kategori kuliner," tukasnya.

RR/Cakaplah