Waspada Hotspot di Riau

Administrator - Selasa,05 Juli 2022 - 21:04:10 wib
Waspada Hotspot di Riau
Ilustrasi. Foto: CPL

RADARRIAUNET.COM: Menurut data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru, hari ini terdapat 19 hotspot (titik panas) di Riau.

Forecaster On Duty BMKG stasiun Pekanbaru Yasir Prayuna mengatakan, hotspot tersebut tersebar di enam kabupaten.

"Dibandingkan hari sebelumnya memang ada penurunan. Hari ini terpantau 19 titik panas," ujar Yasir Prayuna.

Ia mengatakan, 19 titik panas ini terpantau di 6 wilayah dengan sebaran terbanyak berada di Kabupaten Rokan Hulu, yakni 6 titik.

"Selanjutnya di Kampar sebanyak lima titik, Indragiri Hulu empat titik, Indragiri Hilir dua titik dan Kepulauan Meranti serta Rokan Hilir masing-masing satu titik," ungkapnya.

Ia mengatakan, 19 titik panas tersebut seluruhnya berada di level sedang. "BMKG terus mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas yang memicu terjadinya kebakaran hutan dan lahan," imbuhnya.

Suhu udara Riau hari ini berada di angka 23.0 – 34.0 °C dengan kelembapan udara 50 – 97 %. Sementara arah angin berhembus ke Tenggara – Barat Daya dengan kecepatan 10 – 30 Km/jam.

Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.50 – 1.25 meter.

Untuk di Pulau Sumatera misalnya, Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Selasa, (3/9/2019) mendetekai 50 hotspot tersebar di wilayah Sumatera. Sementara untuk di Riau masih relatif tinggi dengan 19 hotspot.

Kasi Data dan Informasi BMKG Stasiun Pekanbaru, Marzuki menerangkan, 50 hotspot tersebut berada pada tingkat kepercayaan di atas 50 persen. Selain Riau, Provinsi Jambi juga masih terdeteksi hotspot cukup tinggi dengan 21 hotspot.

“Memang ada terdeteksi hotspot. Tidak hanya di Riau, juga enam daerah lain di Sumatera yang terdeteksi menyumbang hotspot hari ini,” paparnya.

Untuk di Riau hotspot terdeteksi di Rokan Hilir 9 hotspot, Pelalawan 4 hotspot, Indragiri Hilir 2 hotspot. Selanjutnya Bengkalis dan Indragiri Hulu 1 hotspot.

Kendati demikian, langkah antisipasi dan penanganan juga terus dilakukan Satuan Tuga (Satgas) Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). Diharapkan dengan langkah tersebut, angka karhutla dapat terus dieliminir.

Hasil pantauan Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru mendeteksi 35 hotspot di wilayah Sumatera. Sementara untuk di Riau terdeteksi 19 hotspot.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru Sukisno mengatakan, kali ini memang terpantau hotspot di Riau. 35 hotspot tersebar di Riau 19 hotspot, Aceh 17 hotspot, Sumatera Utara 8 hotspot, Sumatera Barat 1 hotspot.

"Hotspot tersebar di 4 wilayah. Begitu juga Riau yang juga menjadi salah satu penyumbang hotspot," paparnya.

Untuk di Riau 19 hotspot yeng berada di Riau tersebar di Rokan Hilir 8 hotspot, Bengkalis 6 hotspot, Siak 4 hotspot dan Rokan Hulu 1 hotspot.

Dari hotspot tersebut, 12 tdiantaranya memiliki level confidence di atas 70% yang berarti di wilayah tersebut diduga kuat ada aktivitas kebakaran lahan dan hutan (karhutla) yang perlu diantisipasir. RR/CPL