Ketua DPD PJS Riau Serahkan Mandat Pembentukan PJS Pelalawan

Administrator - Kamis,09 Juni 2022 - 12:17:45 wib
Ketua DPD PJS Riau Serahkan Mandat Pembentukan PJS Pelalawan
Foto bersama usai penyerahan mandat pembentukan Pengurus Dewan Pimpinan Cabang Perhimpunan Jurnalis Siber (DPC PJS) Kabupaten Pelalawan. Foto: Ist

RADARRIAUNET.COM: Surat Mandat bernomor 004/DPD-PJS Riau/6/22 yang ditandangani Ketua Dewan Pimpinan Daerah Perhimpunan Jurnalis Siber (DPD PJS) Provinsi Riau, Drs. Wahyudi El Panggabean, M.H., tertanggal 8 Juni 2022 tentang pembentukan Pengurus Dewan Pimpinan Cabang Perhimpunan Jurnalis Siber (DPC PJS) Kabupaten Pelalawan telah resmi diserahkan.

Melalui rapat Dewan Pimpinan Daerah Perhimpunan Jurnalis Siber (DPD PJS) Provinsi Riau dihadiri langsung Ketua DPD PJS Riau Drs. Wahyudi El Panggabean, M.H didampingi Wakil Ketua I Bidang Hukum dan
Advokasi Asmanidar, S.H. Wakil Ketua II Bidang Kerjasama Romi, Wakil Ketua III Bidang Pendidikan dan Pengembangan Sumber Daya Jurnalis Maria Goldameir Mektania, B.Comm serta hadir Pemimpin Umum
media detik45.com Nurhasanah.

Rapat penyerahan mandat dipimpin langsung Sekretaris Umum DPD PJS Provinsi Riau Abdul Kadir, S.Pd., M. Pd., M.I.Kom didampingi Wakilnya Catur Setiawan berlangsung khidmat di Cafe Zaki Coffe Jalan
Arifin Ahmad Pekanbaru pukul 15.00 WIB.

"Melalui rapat ini, Pimpinan DPD PJS Provinsi Riau secara resmi menyerahkan mandat kepada bapak Pranseda Simanjuntak Pemimpin Redaksi media Suarafaktual.com untuk membentuk Kepengurusan Dewan
Pimpinan Cabang Perhimpunan Jurnalis Siber (DPC PJS) Kabupaten Pelalawan," kata Ketua DPD PJS Riau Drs. Wahyudi El Panggabean, M.H dalam sambutannya, Rabu 8 Juni 2022.

Surat mandat ini kata Wahyudi, berlaku sejak tanggal ditetapkan dan akan dilakukan evaluasi terkait progres setelah mandat ini dikeluarkan.

"Untuk itu, kami berharap bapak Pranseda Simanjuntak dapat melaksanakan amanah ini dengan baik," paparnya.

PJS menurut Wahyudi, hadir untuk menghimpun jurnalis sekaligus memberikan edukasi agar profesional dan berintegritas dan taat pada kode etik jurnalistik.

"Melalui PJS ini mari bermanfaat untuk orang lain. Karena sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat untuk orang lain. Tuhan telah menganugerahi kita sebuah profesi mulia yang namanya jurnalis.
Melalui pena Nun Wal Qolami wama yasturun dan demi apa yang kamu tulis," tutur Wahyudi yang juga Direktur Pekanbaru Journalist Center (PJS).

Wakil Ketua I Bidang Hukum dan Advokasi Asmanidar, SH berpesan agar mandat yang telah diberikan dapat dilaksanakan segera. Mengingat mandat ini memiliki masa berlaku satu bulan sejak tanggal
ditetapkan.

"Inilah tugas kita menghimpun kawan-kawan jurnalis untuk terus belajar. Seyogyanya kita memang harus terus belajar agar mampu meningkatkan kompetensi," papar Advokad itu.

Hal senada disampaikan Romi Wakil Ketua II Bidang Kerjasama dan Organisasi berpesan agar penerima mandat Pembentukan Pengurus DPC Pelalawan dalam hal ini Pranseda Simanjuntak segera melakukan
pertemuan pasca mandat diterima.

"Selamat telah menerima mandat. Ini merupakan sebuah penghormatan karena bapak diberikan kepercayaan langsung dari DPD PJS Riau untuk membentuk sekaligus membangun DPC PJS di Kabupaten Pelalawan,"
papar Pemimpin redaksi satuju.com itu.

Dibawah komando Pranseda Simanjuntak, Romi berharap DPC PJS Pelalawan mampu menjadi wadah sekaligus organisasi yang mampu mengayomi anggota.

"Semoga PJS Pelalawan menjadi wadah dalam membangun jurnalis tidak hanya untuk pengurus tapi PJS juga berkomitmen memberikan hal terbaik untuk seluruh anggota," jelasnya.

Maria Goldameir Mektania, B.Comm Wakil Ketua III Bidang Pendidikan dan Pengembangan SDJ DPD PJS Provinsi Riau turut mengapresiasi penyerahan mandat pembentukan DPC untuk yang kedua di Provinsi
Riau.

"Selamat bang Prans, semoga DPC Pelalawan mampu membangun sekaligus menghimpun jurnalis di Pelalawan dan tentunya memperkuat Pelalawan agar menjadi lebih baik," tutur lulusan dari Belanda itu.

Pemimpin Redaksi media sawitsetara.net itu meminta DPC PJS Pelalawan segera melakukan pertemuan agar program kerja yang telah dirancang dapat terlaksana.

"Mari sama-sama berjalan untuk memberikan yang terbaik demi perkembangan PJS Riau dan PJS Pelalawan pada khususnya," pungkasnya.

Pranseda Simanjuntak penerima mandat pembentukan Dewan Pimpinan Cabang, Perhimpunan Jurnalis Siber (DPC PJS) Kabupaten Pelalawan dalam sambutannya mengatakan, sangat optimis mampu membawa DPC PJS Pelalawan menjadi organisasi yang mengedukasi dan meningkatkan profesionalitas jurnalis.

"Terima kasih atas amanah yang diberikan, setelah ini saya akan langsung menghimpun kawan-kawan untuk melakukan pertemuan guna membahas mandat ini. Saya yakin PJS akan menjadi organisasi yang
berbeda dari organisasi lainnya apalagi nama bung Wahyudi sudah sangat harum di Pelalawan," kata Frans sapaan akrabnya usai menandatangani berita acara serah terima mandat.

Mantan Ketua Persatuan Pewarta Warga Indonesia Pelalawan itu menargetkan waktu dua minggu, kepengurusan DPC PJS Kabupaten Pelalawan akan segera terbentuk.

"Hasilnya akan segera kami sampaikan kepada pengurus DPD PJS Provinsi Riau. Saya optimis PJS ini akan mampu menjadi organisasi yang bisa bersaing dengan organisasi lainnya yang ada di Pelalawan,"
jelasnya.

Pemimpin Umum media detik45.com Nurhasanah turut mengucapkan selamat kepada Pranseda Simanjuntak sebagai penerima mandat untuk membentuk DPC PJS Pelalawan.

"Selamat pak Prans, semoga amanah ini dapat dilaksanakan dengan baik," pungkasnya.

Terpisah, Plt Ketua Umum PJS Mahmud Marhaba dalam arahannya mengatakan, PJS merupakan organisasi wartawan yang bertujuan untuk menghimpun wartawan yang bekerja di perusahan pers yang berbadan hukum dan bukan anggota maupun pengurus pada organisasi sejenis yang merupakan konstituen dewan pers.

"Tujuan PJS tidak lain untuk menghimpun para wartawan yang tidak terakomodir menjadi anggota organisasi wartawan sejenis untuk dididik menjadi wartawan profesional dan kompeten. Seiring dengan
tumbuhnya media siber atau media online di setiap daerah, itu akan berbanding lurus dengan munculnya wartawan baru. Mereka membutuhkan bimbingan dan arahan agar tidak terjebak dengan hukum di luar
hukum pers yang mengakibatkan diri mereka terancam pidana," kata Ahli Pers dari Dewan Pers itu. RR