Ketua DPRD Siak Apresiasi Pengukuhan LAMR Sungai Apit

Administrator - Senin,06 Juni 2022 - 17:52:54 wib
Ketua DPRD Siak Apresiasi Pengukuhan LAMR Sungai Apit
Ketua DPRD Siak Indra Gunawan bersama Wabup Siak Husni Merza menghadiri pengukuhan Dewan Pengurus Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kecamatan Sungai Apit. Foto: MCR

RADARRIAUNET.COM: Ketua DPRD Siak Indra Gunawan bersama Wabup Siak Husni Merza menghadiri pengukuhan Dewan Pengurus Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kecamatan Sungai Apit masa khidmat 2022-2027 di halaman Balai Adat LAMR Kecamatan Sungai Apit, baru-baru ini.

Pengukuhan tertera dalam surat keputusan LAMR Kabupaten Siak tentang pengesahan susunan Dewan Kehormatan Adat (DKA), Majelis Kerapatan Adat (MKA) dan Dewan Pimpinan Harian (DPH) LAMR Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak berdasarkan Surat Keputusan Nomor 04/LAMR/2022.

Adapun nama pengurus yang dikukuhkan Dewan Kehormatan Adat yaitu Burhanuddin, Ahmad Rifa’i, Helmi, Usman Jabar, Nasir, M Arifin, Zakaria, Swandi, Bukhari, Ataruman, Nurdin Ismail, Jamaludin.

Dewan Pimpinan Harian, Ketua Umum Capt Andi Putra, Wakil Ketua I Hadi Marfura, Wakil Ketua II Lozet, Wakil Ketua III Syafrizal, Sekretaris Umum Tri Apriadi. Wakil Bupati Siak Husni Merza menyampaikan titip salam dari Bupati Siak Alfedri yang merupakan Datuk Setia Amanah. Dengan pengukuhan ini, bisa terus menjunjung tinggi nilai-nilai adat istiadat dan budaya Melayu untuk ke depannya.

Dewan Pimpinan Harian, Ketua umum Capt Andi Putra, Wakil Ketua I Hadi Marfura, Wakil Ketua II Lozet, Wakil Ketua III Syafrizal, Sekretaris umum Tri Apriadi. Dalam sambutannya, Wakil Bupati Siak Husni Merza terlebih dahulu menyampaikan salam dari Bupati Siak Alfedri yang merupakan Datuk Setia Amanah, seyogyanya bupati ingin hadir, akan tetapi dengan adanya beberapa kegiatan maupun acara yang beliau ikuti, tidak bisa hadir.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Siak, kami mengucapkan selamat dan tahniah atas di kukuhkannya pengurus Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kecamatan Sungai Apit”, ucap Husni. Dengan telah dikukuhkannya pengurus LAMR Kecamatan Sungai Apit tersebut, sambung Husni, dirinya berharap bisa menjalankan tugas dan amanah dengan sebaik mungkin.

“Saya lihat banyak pengurus yang masih muda, biasanya semangat muda ini sangat luar biasa. Oleh karena itu, dengan adanya pengukuhan LAMR Kecamatan Sungai Apit yang baru ini, bisa terus menjunjung tinggi nilai-nilai adat istiadat dan budaya melayu untuk kedepannya”, pesan Wabup Husni.

Husni juga berharap, dengan terus menjunjung tinggi nilai-nilai adat istiadat, bisa menjadi benteng dari dampak negatif perkembangan zaman dan teknologi, bagi para generasi muda kedepannya.

Acara pengukuhan LAMR Kecamatan Sungai Apit tersebut, juga dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Siak Indra Gunawan, Anggota DPRD dapil 1 Syamsurizal, Ketua LAMR Siak Wan Said, Sekcam Sungai Apit.

Pengurus Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kecamatan Sungai Apit masa Khidma 2022 – 2027 dikukuhkan pada Rabu (25/05/2022), di halaman Balai adat LAMR Kecamatan Sungai Apit.

Kata dia, pengurus yang dikukuhkan sebagian besar merupakan pemuda, dia berharap kepada pengurus batu bisa terus menjunjung tinggi nilai-nilai adat istiadat dan budaya melayu untuk kedepannya.

“Dengan telah dikukuhkannya pengurus LAMR Kecamatan Sungai Apit, saya berharap pengurus baru bisa menjalankan tugas dan amanah dengan sebaik mungkin,” tutup Husni.

Diantaranya, Dewan Kehormatan Adat yaitu Burhanuddin, Ahmad Rifa’i, Helmi, Usman Jabar, Nasir, M. Arifin, Zakaria, Swandi, Bukhari, Ataruman, Nurdin Ismail, Jamaludin.

“Saya lihat banyak pengurus yang masih muda, biasanya semangat muda ini sangat luar biasa. Oleh karena itu, dengan adanya pengukuhan LAMR Kecamatan Sungai Apit yang baru ini, bisa terus menjunjung tinggi nilai-nilai adat istiadat dan budaya melayu untuk kedepannya,” pesan Wabup Husni.

Husni juga berharap, dengan terus menjunjung tinggi nilai-nilai adat istiadat, bisa menjadi benteng dari dampak negatif perkembangan zaman dan teknologi, bagi para generasi muda kedepannya.

Pada Majelis Kerapatan Adat, yaitu Ketua umum Abdullah Ahmad, Wakil Ketua I Syafruddin, Wakil Ketua II Daud Ade, Wakil Ketua III Iskandar Ismail dan Sekretaris Rafiq Hardani.

Pengukuhan tersebut termaktub dalam surat keputusan LAMR Kabupaten Siak tentang pengesahan susunan Dewan Kehormatan Adat (DKA), Majelis Kerapatan Adat (MKA) dan Dewan Pimpinan Harian (DPH) LAMR

Kecamatan Sungai Apit Kabupaten Siak berdasarkan surat keputusan nomor 04/LAMR/2022.

Ketua LAM Riau Kabupaten Siak Datuk Sri Wan said petuahnya berharap kepada Ketua LAM Riau yang ditabalkan Datuk Abdullah Ahmad (MKA) dan Datuk Andi putra ( DPH) agar dalam memimpin di Lima tahun kedepan untuk tetap randah hati dalam menyikapi suatu masalah.

"Hati boleh panas namun kepala tetap dingin selalu mengedepankan musyawarah dan mufakat dalam mengambil keputusaan dan beliau juga berhatap agar kepengurusan yang baru bisa mengembangkan LAM Riau ini hingga sampai ke kampung kampung," paparnya.

Dalam sambutan perdana Ketua DPH LAM Riau kecamatan Sungai Apit Datuk Andi Putra mengatakan bahwadia bersama ketua MKA Datuk Abdullah Ahmad berupaya sekuat tenaga untuk tetap menjaga adat istiadat yang berada di kecamatan Sungai Apit agar tetap terjaga dengan baik dan berupaya untuk membentengi pengaruh budaya asing yang masuk ke tempat ini tentunya dengan didukung oleh semua unsur baik dari pemerintah, tokoh agama dan tokoh masyarakat insyaallah kita mampu," ujarnya.

Apa yang tak dapat kita selesaikan asal semua unsur bisa untuk duduk sama rendah dan berdiri sama tinggi duduk kita menjaga tuah tegak nya kita menjaga marwah. Sudah barang tentu kita semua berharap agar generasi yang akan datang tidak Lah seperti sirih naik junjungan patah Dan jika sudah duduk bersama yang bengkok boleh kita luruskan, yang putus boleh disambung kan dan yang tenggelam boleh di timbulkan tetapi jangan sampai marwah kita di injak injak, Pungkas Putra,” terangnya.

Datuk Andi Putra juga merupakan orang yang memiliki pengalaman terhadap berbagai organisasi, sehingga merupakan pasangan yang serasi untuk membawa LAM Riau di Kecamatan Sungai Apit.

"Semoga kepengurusan LAM yang baru dikukuhkan, dapat menjalankan amanah dengan penuh tanggung jawab. Mengingat marwah Melayu dan adat di Negeri Melayu Kecamatan Sungai Apit yang harus di jaga jangan sampai tergerus oleh perkembangan zaman," harap Husni.

"Apa yang tak dapat kita selesaikan asal semua unsur bisa untuk duduk sama rendah dan berdiri sama tinggi, duduk kita menjaga tuah tegaknya kita menjaga marwah. Sudah barang tentu kita semua berharap, agar generasi yang akan datang tidaklah seperti sirih naik junjungan patah, dan jika sudah duduk bersama yang bengkok boleh kita luruskan, yang putus boleh disambungkan dan yang tenggelam boleh di timbulkan, tetapi jangan sampai marwah kita di injak injak," pungkas Putra.

Sebelumnya, Bupati Siak Alfedri mengukuhkan lembaga kerapatan adat kampung Tanjung Kuras, kecamatan Sungai Apit, kabupaten Siak periode 2021-2024, bertempat, di Sanggar Kaligrafi, kampung Tanjung Kuras.

Prosesi penabalan gelar adat Melayu disematkan kepada Adi, Spd yang juga penghulu kampung Tanjung Kuras, Sungai Apit oleh Ketua Harian Lembaga Adat Melayu Riau kabupaten Siak Datuk Sri H Wan Said
dengan gelar adat Datuk Sri Kesuma Negri dan Tuan Harisyah dengan gelar adat Datuk Wira Setia Negri.

Bupati Siak Alfedri menyampaikan apresiasi telah dikukuhkannya ketua dan pengurus lembaga kerapatan adat kampung Tanjung Kuras.

"Kami mengucapkan selamat dan tahniah kepada ketua dan pengurus LAMR kampung Tanjung Kuras yang baru saja dikukuhkan, semoga adat melayu terjaga dan terpelihara dengan baik di sini,"ujar Alfedri.

Lanjutnya, terbentunya pengurus lembaga adat kampung ini, kedepan juga mampu mewariskan nilai-nilai luhur adat melayu kepada generasi muda, dari pengaruh luar dan globalisasi.

"Saya mengenal kampung Tanjung Kuras ini sejak tahun 1989 kampung yang luar biasa, sekarang maju dan berkembang, masyarakatnya semangat untuk memajukan kampung," sebut Alfedri yang bergelar Datuk Setia Amanah itu.

Ia juga menyampaikan, kegiatan ini selaras dengan misinya kedepan ingin mewujudkan pembangunan berkelanjutan dengan mewujudkan budaya melayu di kabupaten Siak.

"Sesuai undang-undang 25 tentang kemajuan kebudayaan baik, dari sisi kita diminta melakukan perlindungan pelestarian pemanfaatan maupun pengembangan budaya di negeri kita," terangnya.

Ketua harian Lembaga Adat Melayu Riau kabupaten Siak Datuk Sri H Wan Said mengatakan adat melayu ini tak lapuk di hujan tak lekang di panas.

"Saya berharap kepada datuk-datuk yang baru saja di tabalkan dapat menjalankan amanah dengan baik. Mari kita sama-sama memajukan budaya melayu di daerah kita," pintanya.

Acara itu di hadir oleh, Ketua LAMR kabupaten Siak datuk Sri H Wan Said, Ketua Majelis Kerapatan Adat LAMR kabupaten Siak Datuk H Nazir Khtan, Camat Sungai Apit, Penghulu Tanjung Kuras, Datuk-datuk, datin-datin, tokoh Agama, Adat dan tokoh masyarakat serta cerdik pandai.

Usai melaksanakan Muscab beberapa pekan lalu, Kepengurusan LAMR Kabupaten Siak dikukuhkan oleh MKA LAMR Provinsi Riau didampingi Bupati Siak di gedung LAMR Kabupaten Siak.

Dalam kesempatan itu Datuk Setia Amanah Siak menyampaikan tahniah kepada pengurus Lembaga Adat Melayu Riau. LAMR sangat penting dan memiliki peran strategis dalam mensukseskan pembangunan daerah dan berpengaruh mengatur tatanan masyarakat yang lebih baik.

“Inilah yang menjadi latar belakang tokoh Melayu Riau dari berbagai latar dan profesi yaitu pejabat pemerintahan, ulama, ilmuwan dan cendekiawan dari perguruan tinggi di Riau, budayawan, seniman, sastrawan serta orang patut-patut yang berasal dari lingkungan kekuasaan tradisional Melayu Riau saat membentuk LAMR tahun 1970,” katanya.

Sesuai dengan tujuannya dibentuk lanjut Bupati Siak, perkumpulan pemuka adat Melayu Riau di Siak ini harus dapat menggalang persatuan, kesatuan, pendapat dan pikiran serta membangkitkan batang terendam yang diwariskan oleh para pendahulu di Provinsi Riau.

“Batang terendam itu ialah jati diri dan identitas Kebudayaan Melayu dalam dinamika ke-Indonesia-an. Pengurus mesti mampu melestarikan nilai-nilai adat dan nilai-nilai sosial budaya,” kata Bupati Siak sembari mengajak kita semua untuk bersatu padu mendukung gerak langkah dan program kerja para pengurus LAMR Kabupaten Siak.

Sesuai dengan Visi Misi Pembangunan Daerah dengan azam untuk menjadikan Negeri Istana sebagai pusat pengembangan budaya melayu dan destinasi pariwisata semata, pengurus LAMR Kabupaten Siak mesti dapat menangkal masuknya budaya luar yang berdampak negatif.

“Perubahan pengetahuan, keyakinan, sikap dan prilaku budaya pada diri mereka akan berdampak besar pada nuansa budaya bangsa di masa depan. Apabila terlambat mengantipasinya, tentu hal ini juga akan berdampak pada resiko kehilangan jati diri bangsa,” ucap Bupati Siak yang sebentar lagi akan memasuki masa cuti karena mencalonkan diri sebagai Gubernur Riau.

Ketua Majelis Kerapatan Adat LAMR Provinsi Riau menyebutkan, selamat atas dilantiknya pengurus LAMR Kabupaten Siak. Pengurus LAMR Kabupaten Siak diminta dapat senantiasa mendukung pemerintah daerah dalam rangka pelaksanaan pembangunan di segala bidang terutama dalam bidang keagamaan, kebudayaan dan kemasyarakatan.

Selain itu Lembaga Adat Melayu Riau Kabupaten Siak juga diharapkan dapat memberikan kedudukan hukum menurut adat terhadap hal-hal yang berhubungan dengan kepentingan hubungan sosial kepadatan dan keagamaan.

“Selanjutnya dapat membina dan mengembangkan nilai-nilai adat dalam rangka memperkaya, melestarikan dan mengembangkan kebudayaan nasional pada umumnya dan kebudayaan serta menjaga, memelihara dan memanfaatkan kekayaan kampung adat untuk kesejahteraan masyarakat,” imbuhnya lagi.

RR/RPG/FN