Gubri Ajak Masyarakat Bersinergi dalam Proses Penghijauan

Administrator - Kamis,26 Mei 2022 - 16:39:08 wib
Gubri Ajak Masyarakat Bersinergi dalam Proses Penghijauan
Gubernur Riau Syamsuar melakukan penanaman pohon bersama PT Astragroup wilayah Riau dan Dinas LHK Prov.Riau serta Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Provinsi Riau. Foto: IP

RADARRIAUNET.COM: Gubernur Riau Syamsuar mengajak masyarakat terus bersinergi dengan pemerintah dalam melakukan proses penghijauan untuk Provinsi Riau.

Hal tersebut disampaikannya saat menghadiri Halal Bi Halal Alam yang sekaligus melakukan penanaman pohon bersama PT Astragroup wilayah Riau dan Dinas LHK Prov.Riau serta Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Provinsi Riau, di Taman Wisata Alam Desa Buluh Cina Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar, Sabtu 21 Mei 2022.

Gubernur Syamsuar juga menjelaskan bahwa, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau sejak dari awal masa jabatannya memiliki komitmen dalam melakukan penghijauan, salah satunya dengan program Riau Hijau.

Ia juga berharap, program tersebut dapat dibantu oleh masyarakat, karena menurutnya, menjaga serta melakukan perawatan hutan adalah hak dan tugas bersama.

“Saat ini kita akan melakukan penanaman pohon, untuk itu mari kita jaga hutan dan lingkungan ini, sekaligus juga harapan kami dengan menjaga lingkungan tersebut bisa meningkatkan ekonomi, dan program Riau hijau ini bisa didukung oleh seluruh masyarakat,” harapnya

Ia menambahkan, kegiatan menjaga penghijauan ini telah erat dalam kehidupan masyarakat Riau, karena beberapa daerah di Provinsi Riau sendiri memiliki banyak hutan.

“Program Riau hijau itu memang harus diterapkan dalam hidup kita, sebab Riau ini sebagian daerahnya adalah hutan gambut, itulah hak kita bersama dalam menjaganya,” ungkapnya

Untuk Desa Buluh Cina ini juga termasuk kawasan hutan wisata yang terdekat dari Kota Pekanbaru, dengan adanya destinasi wisata alam ini juga bisa menjadikan salah satu pendorong wisatawan berbondong datang ke Provinsi Riau.

“Untuk memberi kemudahan akses menuju kesini nantinya kami akan berusaha dengan pemerintah kabupaten dalam melalukan perbaikan,” jelasnya

Lebih lanjut, Himat maulana yang mewakili pimpinan PT Astra Group menyampaikan momentum ini merupakan sesuai tujuan pihaknya dengan mempunyai maksud dalam membantu pemerintah dalam melakukan pelestarian lingkungan dan kualitas hidup.

“Ini juga sebagai tujuan kami untuk mewujudkan dan mendorong program Riau Hijau, kami menyiapkan 65 pohon bibit pohon untuk ditanamkan serta nantinya kami juga adakan parade makanan adat lokal,” singkatnya.

Adapun 65 bibit pohon tersebut adalah 35 bibit pohon Sentul, 15 bibit pohon Tampui, 15 bibit pohon jelutung, setelah dilakukan penanaman, Gubernur Riau beserta rombongan memberi makan gajah yang ada.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Riau, terus melakukan penghijauan di seluruh wilayah Riau untuk mewujudkan Riau hijau. Beberapa waktu lalu Gubernur Riau, Syamsuar, bersama Dinas Lingkungan Hidup dan

Kehutanan (DLHK), menanam sebanyak 10.150 batang pohon untuk sejumlah desa di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu).

Gubernur Riau, Syamsuar mengatakan telah dilakukan penanaman pohon di tiga Desa, di Kabupaten Rokan Hulu dan Kabupaten Indragiri Hulu. Penanaman pohon ini untuk menambah penghijauan diwilayah Riau, sehingga terciptanya ramah lingkungan.

"Alhamdulillah, kami hari ini (kemarin red) menanam pohon di tiga desa. Ada sebanyak 9.150 batang yang ditanam di Desa Kota Lama Rohul, Desa Danau Baru dan Desa Alang Kepayang Inhu. Selanjutnya, kami juga penanaman pohon di Pondok Pesantren Tebu Ireng. Di titik ini ada sebanyak 1.000 batang pohon yang ditanam,” ujar Gubri.

Dijelaskan Syamsuar, penanaman pohon ini bermanfaat untuk menjaga perubahan iklim yang menjadi perhatian global. Negara Indonesia sekarang juga berbicara bagaimana lingkungan hidup ekonomi hijau. Karena itulah, jika ini tidak menjadi perhatian bagi Pemprov Riau, maka akan berdampak bagi sektor ekonomi di Riau.

“Untuk itu ini harus menjadi perhatian banyak pihak di Riau. Bukan hanya tugas pemerintah saja, akan tetapi membutuhkan dukungan semua pihak. Menurutnya, kalau pemerintah tidak dibantu oleh rakyat, tentu saja pemerintah tidak bisa berbuat banyak. Pelestarian lingkungan, juga harus menjadi perhatian banyak pihak di Provinsi Riau," jelas Gubri.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Maamun Murod, mengatakan, selain kegiatan menanam pohon di sekitar makam raja, juga dilakukan penanaman pohon disekitar Danau Menduyan Desa Kota Lama Kecamatan Rengat Barat.

"Gubernur Riau beserta jajaran sudah melakukan kegiatan penanaman pohon di makam raja-raja dan sesungguhnya kegiatan ini kami sudah mengirimkan bibit sirsak sebanyak 600 batang. Gubri juga melakukan penanaman dan penyerahan seribu bibit pohon, di Pondok Pesantren Tebu Ireng di sekitar Belilas,” kata Murod.

Dijelaskannya, pada hari yang sama juga diserahkan bibit sebanyak sembilan ribu pohon untuk tiga desa. Yaitu masing-masing desa mendapatkan tiga ribu pohon. Adapun tiga desa tersebut, yakni Desa Kota Lama, Desa Danau Baru dan Desa Alang Kepayang. Melalui kegiatan ini bisa menjadi salah satu upaya dalam meningkatkan tutupan hutan atau kelestarian lingkungan di Riau.

Ini juga diharapkan bisa meningkatkan indeks kualitas lingkungan hidup di Provinsi Riau

Dijelaskannya, pada hari yang sama juga diserahkan bibit sebanyak sembilan ribu pohon untuk tiga desa. Yaitu masing-masing desa mendapatkan tiga ribu pohon. Adapun tiga desa tersebut, yakni Desa Kota Lama,

Desa Danau Baru dan Desa Alang Kepayang. Melalui kegiatan ini bisa menjadi salah satu upaya dalam meningkatkan tutupan hutan atau kelestarian lingkungan di Riau. Ini juga diharapkan bisa meningkatkan indeks kualitas lingkungan hidup di Provinsi Riau.

 

RR/IP/HHC/ADV