Pangdam I/BB Gelar Apel Kesiapsiagaan Karhutla di Riau

Administrator - Sabtu,04 Juli 2020 - 18:05:13 wib
Pangdam I/BB Gelar Apel Kesiapsiagaan Karhutla di Riau
Pangdam I/BB Gelar Apel Kesiapsiagaan Karhutla di Riau. Pic: cpl

RADARRIAUNET.COM:  Panglima Daerah (Pangdam) I Bukit Barisan Mayjen TNI Irwansyah memimpin apel kesiapsiagaan penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Provinsi Riau tahun 2020 di Halaman Kantor Gubernur Riau, Sabtu (4/7/2020).

Dilansir cakaplah.com, Apel tersebut dihadiri oleh Gubernur Riau, Kapolda Riau, Danrem 031/WB, Danlanud dan pejabat pejabat instansi di lingkungan pemerintah provinsi Riau.

"Kita baru saja saksikan apel kesiapsiagaan Karhutla Riau. Pada apel ini kita berikan semangat kepada satuan-satuan di lapangan, sekaligus mengecek peralatan yang akan digunakan oleh petugas," kata Irwansyah.

Ia juga menjelaskan, personel Karhutla di Riau sendiri merupakan gabungan TNI-Polri, Manggala Agni, BPBD dan unsur-unsur terkait lainnya yang mencapai 3.000 personel.

Selain itu, Irwansyah menjelaskan bahwa Karhutla di Kabupaten Pelalawan sudah benar-benar padam.

"Kalau untuk Karhutla di Pelalawan sudah berhasil kita padamkan. Sekarang nol titik apinya. Penanganan Karhutla masih bertegak kepada petunjuk-petunjuk sebelumnya," ucapnya.

Saat disinggung mengatasi Karhutla menggunakan hujan buatan, Irwansyah menyebutkan itu akan dilakukan berdasarkan penilaian situasi yang ada.

"Hujan buatan dilakukan berdasarkan penilaian situasi yang ada. Nanti yang mengatur kapan akan diberikan dari Satgas Udara terkait persiapan pesawatnya dan persiapan yang lainnya," pungkasnya. RRN/CPL/SMR.