Bupati : Disdukcapil Rohul Harus Beri Pelayanan Adminduk Gratis ke Pedesaan

Administrator - Selasa,10 Maret 2020 - 13:14:51 wib
Bupati : Disdukcapil Rohul Harus Beri Pelayanan Adminduk Gratis ke Pedesaan
Bupati Rohul H Sukiman.Foto DR

RADARRIAUNET.COM: Dalam rangka memberikan pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk), jajaran Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) dalam sebulan terakhir melakukan layanan menjangkau desa-desa yang berada jauh dari ibukota kabupaten gratis.

Diharapkan masyarakat tidak lagi terkendala dengan jarak tempat pengurusan Adminduk seperti perekaman KTP-elektronik, kartu keluarga (KK) dan kartu identitas anak (KIA).

Layanan Adminduk secara langsung kepada masyarakat dan siswa SMK LPMD Kecamatan Kabun, Kamis (5/3), disaksikan Bupati Rohul H Sukiman didampingi Ketua TP PKK Rohul Hj Peni Herawati Sukiman, Kadisdukcapil Rohul H Syaifl Bahri SSos MSi, sebagai bentuk komitmen pemerintah daerah, bagaimana seluruh masyarakat di Kabupaten Rohul memiliki identitas diri dan tertib adminduk.

Bupati H Sukiman dalam sambutannya terkait layanan jemput bola dalam rangka perekaman KTP-el bagi siswa SMK dan masyarakat, sebagai bentuk inovasi yang dilaksanakan oleh Disdukcapil Rohul, guna membantu masyarakat dalam melengkapi Adminduk dan catatan sipil.

Sehingga target terciptanya tertib administrasi kependudukan di Kabupaten Rohul terlaksana, hal tersebut terlihat dari cukup antusiasnya siswa dan masyarakat sekitar.

"Saya memberikan apresiasi. Layanan Adminduk dan catatan sipil yang jemput bola dilaksanakan Disdukcapil Rohul ke pedesaan, sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Langkah dan terobosan ini, sebagai bukti nyata, pemerintah daerah komit dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat untuk mendapatkan adminduk, tanpa masyarakat itu ke Kantor Disdukcapi Rohul," katanya

Sukiman mengatakan, pelayanan perekaman KTP-el bagi pemilih pemula dan pencetakan KK di lapangan gratis.

"Disdukcapil Rohul membawa peralatan perekaman KTP-el, komputer dan printer, sehingga masyarakat yang memerlukan dan mengajukan permohonan penerbitan KK, bisa diproses pada hari itu dan diserahkan langsung kepada masyarakat, dengan catatan jaringan internet di desa itu ada," katanya.

Dalam pada itu, Kepala Disdukcapil RohulSyaiful mengatakan, perekaman KTP-el yang dilaksanakan Disdukcapil Rohul langsung di lapangan ke desa, dengan memerioritaskan kepada pemilih pemula di tingkat SLTA atau tempat lain yang memiliki jumlah pemilih yang terkosentrasi seperti perusahaan dan perkantoran rutin dilakukan setiap bulan.

"Pelayanan jemput bola perekaman KTP-el itu, sebagai bentuk komitmen dan kebijakan Bupati Rohul, agar seluruh masyarakat yang berhak memiliki identitas berupa KTP, demi tertibnya adminduk didaerah ini.

"Untuk layanan perekaman KTP-el dan pencetakan KK akan terus berlanjut di desa lainnya," tegas mantan Asisten II Setda Rohul itu.

Ketua Yayasan SMK LPMD Desa Kabun Suhaimi gelar Datuk Majo Kayo menyampaikan terima kasihnya kepada Bupati Rohul yang telah berkunjung ke sekolahnya dalam rangka menyaksikan kegiatan perekaman KTP-el pada siswa dan siswi SMK LPMD Kabun dan secara simbolis dilakukan penyerahan KTP kepada perwakilan siswa SMK, penyerahan KIA kepada murid SD yang berada di Desa Kabun.

 

RR/DR/FN