Tingkatkan Minat Baca DPAD Kabupaten Inhil MoU Dengan Sejumlah Sekolah

Administrator - Senin,09 Maret 2020 - 12:39:06 wib
Tingkatkan Minat Baca DPAD Kabupaten Inhil MoU Dengan Sejumlah Sekolah
Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kabupaten Indragiri Hilir Foto : R24

RADARRIAUNET.COM: untuk lebih meningkatkan minat baca para siswa, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama dengan 12 sekolah di Kecamatan Tembilahan dan Tembilahan Hulu tentang penyelenggaraan Perpustakaan Keliling, Rabu 4 Maret 2020.

 

Kegiatan yang digelar di ruang rapat Kepala DPAD Inhil ini, dihadiri langsung oleh Kepala DPAD H Yulizal didampingi Sekretaris Feri Irawan, Kepala Bidang (Kabid) Penyelenggaraan Perpustakaan, Nur Aini dan para Kepala Seksi (Kasi), serta diikuti Kepala dan Perwakilan 12 sekolah, baik tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) maupun Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Pondok Pesantren (Ponpes).

 

Kepala DPAD H Yulizal dalam arahannya berharap agar seluruh jajaran di DPAD, para Kepala Sekolah dan Guru bisa bekerjasama dan saling memberi dukungan, dalam upaya meningkatkan minat baca, tidak hanya untuk siswa, namun juga untuk masyarakat umum.

 

"Jika kita kurang atau tidak membaca, maka kita tidak akan bisa mengikuti perkembangan dan kemajuan zaman," ujarnya.

 

Lebih lanjut diakui Yulizal, tugas dan pekerjaan jajaran di DPAD Kabupaten Inhil ke depan tidaklah ringan, namun dengan niat yang tulis dan ikhlas untuk membangun dan memajukan daerah, insya Allah akan diberi jalan dan kemudahan oleh Allah SWT.

 

"Saya harapkan pihak sekolah dapat membarikan dukungan, khususnya dalam meningkatkan minat baca siswa dan masyarakat. Mudah-mudahan kerjasama ini kedepannya bisa smpai ke tingkat kecamatan, kelurahan dan desa lainnya di Inhil," tambahnya.

 

Deswanto, perwakilan Kepala Sekolah yang hadir saat itu berharap, ada perhatian lebih pemerintah terhadap sekolah-sekolah, yang mayoritas kondisi perpustakaannya sudah tidak refresentatif lagi.

 

"Mudah-mudahan, ke depan perpustakaan yang ada di sekolah-sekolah bisa semakin baik lagi," harapnya.

 

Pada kesempatan tersebut, sejumlah sekolah juga menyampaikan berbagai kebutuhan di perpustakaan mereka, seperti ketersediaan buku bacaan yang lebih berpariatif dan sangat dibutuhkan bantuan dari pemerintah dalam penyediaannya, sehingga para siswa menjadi lebih tertarik untuk membaca buku.

 

Menanggapi persoalan tersebut, Sekretaris DPAD Feri Irawan menambahkan bahwa pihaknya akan melakukan evaluasi terhadap bahan bacaan yang ada di sekolah-sekolah.

 

"Ini akan kita catat, dan diupayakan ketersediaan buku-buku bacaan di sekolah, dalam upaya meningkatkan minat baca siswa," imbuhnya.

 

Adapun 12 sekolah yang menandatangani perjanjian kerjasama tersebut, yakni SDN 01 Tembilahan Kota, SDN 08 Tembilahan Hilir, SD Islam Terpadu Fathur Rahman, SDN 010 Sungai Beringin, Ponpes Tunas Harapan, MIN 1 Inhil, SMPN 02 Tembilahan Hulu, Ponpes Sabilal Muhtadin, SMPN 02 Tembilahan, SDN 011 Pekan Arba, SDN 010 Tembilahan Hulu dan SDN 019 Tanjung Harapan.

 

 

RR/R24/FN