Predikat sebagai Daerah Termiskin di Riau, Ini Tanggapan Sekda Rohul

Administrator - Kamis,24 Oktober 2019 - 16:30:05 wib
Predikat sebagai Daerah Termiskin di Riau, Ini Tanggapan Sekda Rohul
Abdul Haris

RADARRIAUNET.COM: Dari hasil penelitian Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2018, diketahui ini jumlah penduduk miskin di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), merupakan yang tertinggi di Provinsi Riau.

Sesuai data BPS, jumlah penduduk miskin di Provinsi Riau menurut kabupaten/kota tahun 2018, Kabupaten Rohul? menjadi daerah tertinggi angka kemiskinan, yaitu mencapai 72,28 ribu jiwa, disusul Kabupaten Kampar 69,32 ribu jiwa, dan penduduk miskin di Kabupaten Indragiri Hilir 52,42 ribu jiwa.

Sedangkan persentase penduduk miskin di Provinsi Riau, Kepulauan Meranti menempati posisi pertama mencapai? 27,79 persen, disusul Kabupaten Rohul berada di urutan kedua di angka 10,95 persen, dan urutan ketiga ditempati Kabupaten Kuantan Singingi di angka 9,92 persen.

Terkait ini, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Rohu H Abdul Haris S.Sos,M.Si mengakui dari hasil penelitian BPS tentang jumlah penduduk miskin ini. "Bila kita lihat ini kan dari tahun 2010 sampai saat ini. Bukan datangnya masyarakat miskin ini tahun 2018 saja," ujarnya, yang dilansir halloriau.com.

Pemkab Rohul sendiri, terangnya, sudah membuat program-program yang ada di masyarakat untuk meminimalisir angka kemiskinan tersebut. Namun, di tahun 2018 ini banyak hal yang sebenarnya sudah dilakukan Pemkab Rohul dalam meminimalisir angka kemiskinan yang terjadi tersebut.

"Namun hal itu belum bisa menjawab semuanya, tentu nanti mungkin mudah-mudahan ditahun-tahun ke depan hasilnya bisa kita dapatkan. Pemkab berharap supaya kesejahteraan ini dapat dicapai masyarakat. Bagaimana masyarakat miskin mampu memenuhi kebutuhan sendiri," ungkapnya..

Kesempatan itu, dari hasil penelitian BPS kata Sekda Rohul lagi, akan dijadikan acuan Pemkab untuk mengetahui desa atau kecamatan mana saja masuk kategori dengan jumlah penduduk miskin. Sehingganya, bisa dilakukan upaya upaya untuk peningkatan perekonomian masyarakat.

Untuk program pengentasan kemiskinan, Abdul Haris mengatakan anggaran akan? dimasukkan dalam program peningkatan produksi masyarakat yang menjadi prioritas? di Kabupaten Rokan Hulu untuk APBD 2020. "Pemkab Rohul terus berupaya mengentaskan kemiskinan ini," ungkap Haris.

 

RR/DAI