Pemprov Riau Mau Ngutang ke PT SMI untuk Bangun Jalan

Administrator - Kamis, 01 Agustus 2019 - 11:21:39 wib
Pemprov Riau Mau Ngutang ke PT SMI untuk Bangun Jalan
Gubernur Riau, Syamsuar.cakaplah.com pic

PEKANBARU : Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau akan meminjam uang kepada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) untuk pembangunan insfrastruktur jalan di provinsi Riau.

Hal itu diakui Gubernur Riau, Syamsuar, kepada CAKAPLAH.com di Gedung Daerah, Kamis (1/8/2019). Dia mengatakan rencana pinjaman uang itu masih dalam pembahasan.

"Itu (pinjaman uang) masih dalam pembahasan, nanti finalnya di DPRD. Belum tahu berapa angkanya," kata mantan Bupati Siak dua periode ini seperti sitat cakaplah.com, Kamis (1/8/2019).

Pertimbangan Pemprov Riau melakukan pinjaman uang, kata Syamsuar, karena saat ini jalan-jalan di kabupaten/kota di Riau masih banyak yang belum beres dan belum selesai.


"Jadi kalau tidak ada terobosan, sampai kiamat jalan di Riau tak akan selesai, itu Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan yang bilang, bukan saya yang bilang," cakapnya.

Menurutnya, dengan kondisi uang yang ada di APBD Riau saat ini, dipastikan tidak akan mampu menyelesaikan persoalan jalan-jalan di Riau ini.

"Siapapun gubernur Riau tak akan selesai. Dalam waktu 10 tahun juga tak akan selesai, itu dijamin. Makanya perlu adanya teroboson, dan ini (pinjaman uang) sudah dilakukan daerah lain," ujarnya.

Syamsuar menyatakan keberadaan PT SMI itu gunanya bisa untuk pinjaman uang ke daerah. Dia mencontohkan provinsi yang sudah melakukan pinjaman uang ke PT SMI diantaranya Sumatera Barat, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Jawa Barat dan Jawa Timur.

"Jadi sudah banyak daerah yang pinjam uang ke SMI. Riau ini yang ketinggalan (pinjam uang SMI), karena secara aruran dibolehkan," ungkapnya.


RRN/CKP