Korban Terbakar Demo PTDRT, Darussalam, Rohil, Meninggal

Administrator - Kamis,16 Mei 2019 - 09:59:16 wib
Korban Terbakar Demo PTDRT, Darussalam, Rohil, Meninggal
Bupati H Suyatno saat membezuk korban di Ruang ICU RSUD dr Pratomo Bagansiapiapi. F Amran

ROHIL : Hampir satu pekan di rawat di ruang Intensive Care Unit (ICU) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Pratomo Bagansiapiapi, Syafrudin Panen (40), satu dari dua korban terbakar demo di PT Diamond Raya Timber (DRT) di Kepenghuluan Darussalam, Kecamatan Sinaboi, Rohil, akhirnya meninggal dunia. Syafrudin Pane, meninggal pada Minggu, 12 Mei 2019, sekitar pukul 18.20 WIB, di Ruang Intensive Care Unit (ICU) RSUD dr Pratomo, Bagansiapiapi.

Syafrudin Panen, korban terbakar dengan kondisi luka bakar parah tersebut, meninggal sekitar pukul 18.20 WIB. Ada pun sebab meninggalnya Syafrudin Pane, disebabkan luka bakar yang diderita mencapai 90 persen. Luka bakar akut menyebabkan banyak bagian tubuh korban tidak dapat berfungsi sebagai mana biasa.

Datuk Penghulu Kepenghuluan Darussalam Kecamatan Sinaboi, Rahmad Abdah, membenarkan Syafrudin Pane, salah satu korban terbakar demo di PT Diamond tersebut, sudah meninggal.

"Sedangkan korban yang satunya lagi (Joni), sampai saat ini masih dirawat di Ruang ICU dr Pratomo, Bagansiapiapi. Ada pun jenazah almarhum Syafrudin Pane sudah di bawa pulang oleh keluarga ke Rokan Hulu," kata Datuk  Penghulu Darussalam Rahmad Abdah, Rabu, 15 Mei 2019, di Masjid Agung Al-Ikhlas, Bagansiapiapi.


Rahmad Abdah juga mengatakan Syafrudin Pane meninggal disebabkan luka bakar yang diderita korban. Selama di rawat, jelasnya, korban susah mengkonsumsi makanan, dan juga mengalami kesulitan membuang air besar dan kecil. Perawat dan dokter, terang Rahmad, juga kesulitan memasang jarum infus, disebabkan urat darah mengalami kerusakan akibat terbakar.

"Sedangkan Joni, mengalami luka bakar sekitar 30 - 40 persen, masih bisa makan, buang air, serta pemasangan infus juga masih dapat dilakukan. Kondisinya masih dalam perawatan," jelas Rahmad.

Biaya perawatan ke dua korban, sebut Rahmad, belum selesai disebabkan pengurusan BPJS Kesehatan belum selesai. "Pengurusan BPJS Kesehatan ke dua korban belum selesai. Pengurusannya kan baru selesai sekitar 16 hari (14 hari kerja). Jadi sampai sekarang masih dalam pengurusan," jelas Rahmad.

Sebagai mana diketahui Syafrudin Pane dan Joni, terbakar pada demo warga Darussalam, Kamis, 2 Mei 2019, di lahan milik PT Diamond Raya Timber (PTDRT), Darussalam, yang dikelola PT Sido Muncul.


RRN/Amr