Bupati Rohil Minta Pemilihan Pemula Jangan Golput

Administrator - Sabtu,30 Maret 2019 - 23:42:07 wib
Bupati Rohil Minta Pemilihan Pemula Jangan Golput
Perekaman KTP elektronik untuk pemilih pemula. Foto: Amran/RRN

Rohil: Ada ribuan pelajar, pemuda dan mahasiswa Rohil, dan yang berada di luar Kabupaten Rohil, pada Pemilu 2019 ini memiliki hak pilih. Mereka adalah para pemilih pemula, yang telah berusia 17 tahun keatas.

Pemkab Rohil, Sabtu, 30 Maret 2019, memberikan masukan kepada para pemilih pemula, yakni kalangan pelajar yang sudah berusia 17 tahun keatas, agar dapat menyalurkan hak pilihnya dengan tepat dan benar. Para pelajar tersebut dari SMA, MAN dan SMK yang ada di Kecamatan Bangko.

Para pelajar ini dikumpulkan di halaman Kantor Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Pemkab Rohil. Sebagai pemilih pemula, kita berikan masukan kepada mereka (para pelajar) bahwa mereka sudah punya hak politik, sudah punya hak mencoblos, dan harus punya kesadaran arti pentingnya pemilu.

Sebagai pemilih pemula, mereka kita minta gunakan hak pilihnya, dan tidak golput, kata Bupati Rohil H Suyatno, kepada wartawan cyber media radarriaunet.com, Sabtu, 30 Maret 2019. Kegiatan mengumpulkan para pelajar pemilih pemula di Pemilu 2019, terang Bupati H Suyatno, merupakan pertama kali dilakukan Pemkab Rohil. Pemkab Rohil, jelas Bupati, ingin partisipasi memilih pemilih pemula, serta masyarakat umum semakin meningkat pada Pemilu 2019.

Kita menginginkan partisipasi memilih di kalangan pemilih pemula, juga masyarakat umum dapat meningkat pada Pemilu 2019. Jangan seperti Pilgubri kemarin hanya 51 persen. Partisipasi pemilih itu yang perlu kita dongkrak, jelas Bupati H Suyatno, seraya menambahkan media massa juga perlu mengajak agar masyarakat dapat menyalurkan hak pilihnya.

Dari penjelasan Bupati H Suyatno, kalangan pemilih pemula ini tentunya masih ada yang belum memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-EL). Agar punya KTP-EL, sebut Bupati, mulai Minggu, 30 Maret 2019, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Pemkab Rohil akan menyediakan pelayanan KTP-EL untuk melayani pelajar pemilih pemula. Pelayanan KTP-EL tersebut berada di Kantor Pelelangan Sistim Elektronik Pemkab Rohil.

Ada instruksi dari pusat supaya pelayanan KTP elektronik ditindak lanjuti. Disdukcapil diminta siapkan mobil pelayanan pembuatan KTP elektronik, dengan syarat membawa kartu keluarga. Yang penting bagaimana partisipasi memilih masyarakat terus dapat mengalami peningkatan, jelas Bupati.

Sedangkan pelajar dan mahasiswa Rohil yang berada di luar daerah, menurut Bupati, kemungkinan kecil mereka untuk pulang dalam rangka mencoblos pada Pemilu 2019. Kemungkinan mereka pulang kecil, sebab ongkos pulang juga menjadi pertimbangan mereka untuk pulang dalam rangka mencoblos pungkas Bupati.

Amran/RRN