Bawaslu Dumai Cegah ASN Masuk Lokasi Kampanye Jokowi

Administrator - Jumat,29 Maret 2019 - 12:22:27 wib
Bawaslu Dumai Cegah ASN Masuk Lokasi Kampanye Jokowi
Capres nomor urut 01 Joko Widodo hadir dalam kampanye terbuka di Lapangan Taman Bukit Gelanggang, Dumai, Riau pada Selasa (26/3). antara pic

Dumai: Badan Pengawas Pemilihan Umum Kota Dumai mengklaim tidak menemukan unsur pelanggaran saat kampanye terbuka Calon Presiden Nomor Urut 01 Joko Widodo pada pada Selasa (26/3), dan masyarakat dihimbau melapor jika melihat ada pelanggaran.

Ketua Bawaslu Dumai Zulfan menjelaskan, saat helat kampanye umum Jokowi di Lapangan Bukit Gelanggang Kota Dumai dihadiri puluhan ribu massa pendukung itu, Bawaslu laksanakan tugas dengan mengedepankan upaya pencegahan.

"Ada aparatur sipil negara yang dikenal dan terlihat ingin memasuki zona kampanye tanpa menggunakan atribut pemerintahan atau partai politik, dan kita lakukan upaya pencegahan agar tidak jadi masuk ke area kampanye," kata Zulfan,seperti sitat Antara, Jumat (29/3/2019).


Disebutkan, upaya pencegahan dan pengawasan kampanye umum yang sudah dibuka KPU sejak 24 Maret 2018 hingga 13 April 2019 ini dilakukan Bawaslu agar ASN terhindar dari pelanggaran karena harus menjaga netralitas.

Selain itu, Bawaslu Kota Dumai diketahui sudah melakukan 415 penindakan terhadap Alat Peraga Kampanye (APK) yang dianggap melanggar ketentuan, dan sejumlah pelanggaran pemilu lain beberapa sudah diproses dan sudah diputus Gakkumdu.

Kepada para kontestan Pemilu 2019, ditegaskan agar semua pihak mematuhi ketentuan berlaku, dan jangan sampai melanggar aturan dalam berkampanye.

Terkait dibukanya jadwal kampanye dan rapat umum terbuka ini, Komis Pemilihan Umum Kota Dumai telah menetapkan 24 lokasi untuk penyelenggaraan kampanye tersebar di 7 kecamatan.


Komisioner KPU Dumai Parno menjelaskan, titik kampanye yang sudah ditetapkan itu di antaranya, Kecamatan Bukit Kapur, Medang Kampai dan Sungai Sembilan masing masing lima titik.

Sedangkan untuk Kecamatan Dumai Barat ditentukan tiga titik lokasi penyelenggaraan kampanye, kemudian di Kecamatan Dumai Kota dua lokasi lapangan disiapkan, Dumai Selatan tiga titik lokasi arena kampanye dan Kecamatan Dumai Timur satu titik.

"Umumnya lokasi kampanye yang akan dimaksimalkan adalah tanah lapang atau lapangan bola yang memang berada di kecamatan itu," kata Parno kepada pers.

Pemilu Presiden April 2019 diikuti oleh dua pasangan calon, yakni Paslon Nomor Urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Paslon Nomor Urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.


RRN/Ant