Pemkab Meranti Terapkan Tapping Box

Administrator - Selasa,15 Januari 2019 - 23:14:00 wib
Pemkab Meranti Terapkan Tapping Box
Foto: Istimewa/smc

Selatpanjang: Penerapan sistem pungutan pajak daring atau tapping box untuk tempat hiburan, hotel, dan restoran Pemkab Kepulauan Meranti akan memasang alat tapping box (pencatat transaksi) di hotel dan restoran yang ada.

Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) Kepulauan Meranti, Ery Suheiri mengatakan, hal ini dilakukan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

"Ini kita buat untuk lebih meningkatkan PAD kita, selain itu agar hotel dan restoran transaksinya juga tercatat dan langsung terkoneksi kepada kita," ujarnya.

Dikatakannya penggunaan tapping box ini nantinya akan menggunakan aplikasi dan bekerjasama dengan pihak bank dalam hal ini Bank Riau-Kepri.

"Kita nantinya akan buatkan tapping box di 12 titik di hotel dan restoran," ujarnya.

Untuk aplikasinya sendiri dikatakan Ery bahwa sudah menganggarkan untuk pengadaannya sebesar kurang lebih Rp 200 juta.

"Jadi semua transaksi hotel dan restoran semua tercatat dan langsung tampil di layar penerima," ujarnya.

Selain itu dikatakan Ery penggunaan tapping box ini juga untuk mengurangi tindakan pungli.

"Karena ini juga sesuai dengan arahan KPK agar semua bisa lebih transparan dan akuntabel, karena sebenarnya aturannya ada mereka (hotel dan restoran) harus melaporkan (pajak) 1x24 jam," tuturnya.

Dilanjutkan Ery bahwa pelaksanaanya nantinya akan dilaksanakan dalam waktu dekat. Mengingat alatnya akan diberlakukan dengan sistem sewa dengan pihak Bank Riau-Kepri.

"Awal tahun ini kita targetkan sudah bisa dilaksanakan dan dijalankan, karena kita nantinya akan berkomunikasi lagi dengan bank Riau-Kepri untuk pembuatannya," pungkasnya.

 

Tpc/RRN