20 Debitur Terima UMKM Awards ke-8 Bank Riau Kepri

Administrator - Sabtu,29 Oktober 2016 - 14:54:48 wib
20 Debitur Terima UMKM Awards ke-8 Bank Riau Kepri
Bank Riau Kepri anugerahkan UMKM Awards ke-8. gor

RADARRIAUNET.COM - Bank Riau Kepri berkomitmen untuk mengembangkan Usaha Mikro, Kecil dan Menegah (UMKM) dengan menganugerahkan award kepada 20 dari 169 debitur di Provinsi Riau dan Kepulauan Riau (Kepri) yang telah diseleksi untuk menerima penghargaan.

"Kami akan terus berbenah dengan melakukan peningkatan dan fokus terhadap perkembangan UMKM dari tahun ke tahun. Bukan hanya dalam penyaluran kredit bagi pengusaha UMKM, tetapi juga pembinaan, pendampingan serta pemberian penghargaan bagi debitur," ungkap Direktur Utama (Dirut) Bank Riau Kepri, Irvandi Gustari kepada awak media saat malam puncak anugerah UMKM Awards ke-8 di Ballroom Dang Merdu Bank Riau Kepri Pekanbaru, Jumat (28/10/2016) malam.

Adapun penghargaan yang diberikan oleh Bank Riau Kepri ini terdiri dari empat kategori yaitu kategori usaha mikro jasa/perdagangan, kategori mikro produksi/industri, kategori usaha kecil jasa/perdagangan, kategori usaha kecil produksi. Dari masing-masing kategori, Bank Riau Kepri memberikan penghargaan kepada lima debitur.

Pemenang kategori usaha mikro jasa/perdagangan, juara satu diraih oleh Suryono Pemilik Agribisnis kebun kelapa sawit dan peternakan di Kampar, juara kedua Harison pemilik Champion Burger di Duri Bengkalis, juara ketiga Wan Jupardan pemilik US Wan Zuhri penjualan mesin di Pekanbaru, juara harapan pertama Sarwon pemilik produksi tahu dan peternak bebek di Pelalawan, dan juara harapa kedua Asni Zarwan pemilik pangkas rambut Idola di Rokan Hulu.

Kemudian, kategori usaha kecil-produksi, juara pertama diraih oleh Devi Susanti pemilik Tenun Putri Mas di Bengkalis, juara kedua Hadi Yudin pemilik Mie ADIS di Bengkalis, juara ketiga Muhammad Imanullah pemilik kedai kopi Iman di Bintan Kepri, juara harapan pertama Salfian pemilik toko Restu Bunda-santan di Indragiri Hulu, dan juara harapan kedua Subandi pemilik Kerupuk Kemplang 999 di Tanjung Balai Karimun Kepri.

Selanjutnya, kategori usaha kecil jasa/perdagangan, juara pertama diraih Suratmin pemilik sate Dono di Capem Belilas, juara kedua Naprial pemilik futsal dari Kuansing, Juara ketiga Suharyanto percetakan di Pekanbaru, juara harapan pertama Benny Suparman pemilik sarung jok di Pekanbaru dan juara harapan kedua Dasril pnjualan sepeda motor Kawasaki Greentech di Kuansing.

Terakhir, kategori mikro produksi dan industri juara pertama dimenangkan oleh Jamilah pemilik usaha pengrajin Tempe Cabang Selat Panjang, Juara Dua Maladi pengrajin besi Cabang Belilas Indragiri Hulu, Juara Ketiga Dahniar pemilik produksi ikan iris, Natuna Kepulauan Riau, juara harapan pertama Deni Faniardi pemilik prodjksi Jamur Tiram Perawan Kabupaten Siak, juara harapan kedua Syukur pemilik usaha Batako Tanjung Balai Kerimun Kepulauan Riau.

Sementara itu, Gubernur Riau yang diwakili Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setdaprov Riau, Masperi dalam sambutannya mengungkapkan ucapkan selamat dan menyampaikan apresiasi setinggi-tinggi.

"Dengan adanya penghargaan terhadap para pelaku UMKM menjadi inspirasi dan inovasi bagi mereka, apalagi award ini telah berjalan delapan tahun berturut-turut dan kegiatan ini turut membantu pemerintah," ucapnya.

Ia juga menjelaskan pelaku UMKM sangat berperan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat, memenuhi kebutuhan serta menyerap tenaga kerja yang ada. Apalagi pelaku UMKM dapat mendorong perubahan serta sektoral serta tumbuh dan berkembang secara konsisten.

"Hal ini terlihat dalam penyerapan tenaga kerja yang terjadi. Seperti diketahun tahun 2009 tenaga kerja dikarenakan berkembangnya UMK sekitar 96,2 juta dan terjadi peningkatan di tahun 2013 sekitar 114, 2 juta. Kita harapkan penyerapan jumlah tenaga kerja meningkat sering dengan peningkatan pelaku UMKM di Riau," urainya.

Tampak hadir dalam acara ini, diantaranya Ketua DPRD Riau, Septina Primawati Rusli, Komisaris Utama BRK, H Mambang Mit, Direktur Utama BRK, DR Irvandi Gustari, Forkompinda, perwakilan kabupaten kota Riau maupun Kepulauan Riau dan para debitur nasabah BRK.


gor/radarriaunet.com